Cara Budidaya Cacing Sutra

Cacing sutra biasa disebut juga dengan cacing rambut, cacing ini memiliki tubuh yang sangat lunak dan lembut seperti hal nya sutra atau pun rambut.

Dengan ukuran yang sangat kecil di banding dengan cacing ukuran jenis lain nya, ukuran cacing sutra kurang lebih sekitar 1 hingga 2 cm yang berwarna kemerah – merahan.

Cacing ini hidup secara berkelompok atau berkoloni, sehingga jika diletakkan dalam suatu wadah, bentuk nya akan menyerupai gumpalan kemerahan yang melambai – lambai.

Anda dapat menemukan cacing sutra di lumpur – lumpur persawahan atau pun di dasar perairan, karena cacing sutra biasa nya membuat lubang pada lumpur atau pun di dasar perairan.

Cacing sutra banyak dicari orang karena memiliki banyak manfaat, terutama bagi para peternak.

Karena banyak yang membutuhkan cacing sutra, saat ini cacing sutra bisa di jadikan peluang usaha yaitu budidaya cacing sutra.

Sebenar nya usaha ini merupakan sebuah pilihan usaha yang menjanjikan, karena untuk mendapatkan cacing sutra di alam hanya bisa didapatkan pada saat tertentu, dan usaha ini bisa dimulai dengan modal kecil.

Namun jika anda berniat berwira usaha dengan keinginan mendapatkan hasil yang banyak untuk setiap penjualan nya dan cara yang mudah, anda bisa budidaya lobster air tawar yang saat ini sudah semakin banyak orang melakukan nya.

Akan tetapi kali ini kita akan sedikit membahas tentang budidaya cacing sutra yang bisa di lakukan dengan modal sedikit.

Cara budidaya cacing sutra terbilang sangat mudah karena budidaya cacing sutra sendiri bisa di lakukan di rumah.

Jika anda tertarik dengan usaha budidaya cacing sutra, berikut ini pembahasan secara sederhana dan mudah untuk anda ikuti tentang cara budidaya cacing sutra.

Cacing Sutra Beku

Cara Budidaya Cacing Sutra

  1. Pembibitan

Pembibitan cacing sutra adalah mempersiapkan bibit untuk di budidaya yang dapat dilakukan dengan 2 cara,.

Yaitu menyediakan bibit cacing sutra yang di ambil langsung dari persawahan maupun di sungai atau menyediakan bibit yang di peroleh dari penjual bibit sutra.

Biasa nya pembudidaya cacing sutra memilih mendapatkan bibit dengan cara membeli karena lebih mudah dan menghemat waktu.

Namun jika anda ingin memulai budidaya ini dengan modal seminim mungkin anda bisa mendapatkan bibit cacing sutra di alam.

Sebelum bibit di tempatkan pada media pemeliharaan, usahakan meng karantina bibit cacing yang sudah anda dapatkan selama 2 – 3 hari.

Dengan media air bersih yang mengalir dengan debit kecil, agar bakteri patogen yang menempel pada cacing dapat terbuang.

  1. Media Pemeliharaan

Budidaya Cacing Sutra

Penyiapan media untuk pertumbuhan cacing sutra yaitu membuat sebuah kolam yang menyerupai kubangan lumpur berukuran 1 x 2 m.

Lengkapi kolam dengan saluran pembuangan dan pemasukan air, agar air akan tetap terganti tiap hari nya.

Kemudian pada kolam buatlah petakan kecil per kubangan, atau jika ingin meminimalisir biaya tidak perlu menggunakan kolam, hanya dengan menggunakan media nampan terbuat dari terpal maupun plastik saja sudah bisa.

  1. Pemeliharaan

  • Air

Ketinggian air sangat perlu untuk dijaga, biasanya hanya butuh hingga 5 cm.

  • Pakan

Tanaman sawi – sawian bisa anda tambahkan untuk pakan tambahan cacing sutra.

  • Pupuk

Bisa anda berikan kotoran ayam yang telah di fermentasikan, atau ramuan dari dedak halus, pupuk kandang bahkan ampas tahu bisa dijadikan bahan untuk proses pemupukan.

Sebenar nya cacing ini menyukai berbagai jenis bahan organik sebagai pakan pokok.

  1. Panen Cacing Sutra

Cacing sutra biasa nya sudah dapat dipanen ketika sudah memasuki usia sekitar 70 hingga 75 hari dari awal pemeliharaan, dan bisa di ambil sekitar 14 hari sekali.

Gunakan serok lembut atau yang halus untuk melakukan pemanenan cacing sutra, karena tubuh nya sangat ramping dan kecil.

Karena cacing yang baru di ambil masih kotor bercampur dengan berbagai media lain nya yang berada di kolam pemeliharaan.

Maka harus dibersihkan terlebih dahulu, cara nya hanya dengan memisahkan nya kedalam sebuah wadah yang berisi air bersih dan cacing akan naik ke permukaan sehingga mudah di kerok ulang.

Itulah cara budidaya cacing sutra dengan mudah dan sederhana, aplikasikan dengan benar agar anda sukses dalam budidaya cacing sutra.

Demikian sedikit informasi dari Kebun Maker yang membahas tentang budidaya cacing sutra yang bisa anda coba di rumah, semoga informasi ini berguna untuk anda. Terima kasih.