7 Cara Mudah Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

Ikan yang satu ini merupakan ikan predator di air tawar yang sangat liar dan rakus, hingga biasa nya di takuti oleh para peternak ikan.

Bahkan ikan gabus juga memangsa serangga yang di air, serta memangsa beberapa ikan dewasa jika ia hidup di habitat asal nya.

Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang lonjong seperti silinder dan bersisik serta bentuk kepala ikan menyerupai kepala ular.

Dan ikan ini di anggap sebagai ikan predator, namun ikan ini salah satu ikan air tawar yang cukup sering di konsumsi, sehingga anda bisa budidaya ikan yang satu ini.Ikan Gabus

Ikan gabus mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh seperti jenis ikan lain nya, bahkan ada yang menganggap ikan gabus ini ikan yang bisa di gunakan untuk obat dari sakit tertentu.

Di Indonesia ikan gabus sering di temukan hidup di perairan air tawar, sperti di waduk, sungai dan di rawa, sekarang populasi dari ikan gabus semakin berkurang karena ikan ini banyak di tangkap untuk di konsumsi.

Karena populasi nya yang semakin sedikit namun peminat dari ikan gabus ini semakin banyak maka banyak yang berusaha untuk budidaya ikan gabus.

Ketika anda berniat untuk melakukan budidaya ini anda harus mengetahui terlebih dahulu langkah – langkah dalam membudidayakan ini.

Karena seperti yang telah kita ketahui bahwa ikan ini memiliki sifat predator, berbeda jika anda budidaya ikan gurame yang juga bisa mendapatkan keuntungan yang banyak.

Dan jika anda ingin mendapatkan hasil panen yang maksimal saat budidaya ikan gabus anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut sehingga aman dan mudah saat memelihara nya sebagai budidaya.

Baca Juga  11 Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame di Rumah

Cara Budidaya Ikan Gabus

  1. Persiapan Kolam Budidaya

  • Lokasi Kolam

Pemilihan lokasi ini berkaitan dengan penempatan kolam budidaya, untuk media pemeliharaan ikan gabus nanti nya. Pastikan anda memilih lokasi yang strategis, sehingga anda bisa melakukan pengecekan secara maksimal,  karena pemilihan lokasi kolam termasuk menentukan hasil panen yang melimpah.

Jika anda ingin panen dengan hasil yang banyak pastikan lokasi kolam budidaya tidak tercemar limbah.

  • Mempersiapkan Kolam Terpal

Pertama anda harus membersihkan lahan yang akan di jadikan kolam terlebih dahulu, pastikan jika lahan untuk lokasi kolam yang di pilih jauh dari perumahan warga.

Bahan yang diperlukan untuk membuat kolam adalah terpal berkualitas tinggi, ini sangat penting saat pembesaran serta perawatan ikan gabus nanti nya.

Buat kolam menggunakan terpal dengan ukuran panjang 5 m dan lebar nya 2 m, kolam ini bisa anda buat terlebih dahulu seminggu sebelum anda menyiapkan untuk menebar bibit ikan gabus.

  • Pengisian Air Kolam

Isi kolam dengan air dari 3 sampai 5 hari dan membiarkan nya sebelum kolam di beri bibit, ini bertujuan untuk mempersiapkan mikroorganisme dan lumut serta cacing bermunculan sebagai pakan alami ikan gabus.

Pada saat pengisian kolam, anda perlu mengisi hingga air mencapai setinggi 60 sampai 100 cm. Dan biarkanlah air mengendap sampai air menjadi tidak terlalu jernih, karena kondisi air ber peran penting sebelum anda menebarkan dan memulai proses budidaya.

  • Suhu Air

Jangan pernah mengabaikan kualitas air kolam terpal agar hasil panen budidaya ikan gabus bisa maksimal. Jaga selalu kondisi air pada kolam, untuk budidaya gabus perhatikan juga suhu air pada kolam, sebaik nya suhu air berkisar antara 26 – 30°C.

Baca Juga  11 Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen

Sedangkan untuk pH air lebih baik berada pada kisaran 4 hingga 9 ppm, dan kandungan oksigen yang terlarut minimal harus 1 mg / liternya. Optimal nya yaitu  5 – 6 ppm, dengan kandungan NH3 yang kurang dari 1,5 ppm.

  1. Proses Pembibitan

  • Pemilihan Indukan

Usahakan bibit ikan gabus dari indukan yang berkualitas, Ciri ikan gabus jantan yang berkulaitas adalah mempunyai bentuk kepala cenderung oval dan warna jauh lebih gelap, serta mempunyai lubang genital yang berwarna merah.

Dan untuk indukan betina yang berkualitas adalah memiliki warna yang cenderung terang dan memiliki kepala yang lebih bulat. Usahakan memilih berat indukan minimal 1 kg, jika sudah  siap saat nya untuk melakukan proses pemijahan.

  • Proses Pemijahan

Jika anda sudah menemukan telur ikan, anda harus segera memindahkan nya ke aquarium khusus, rawatlah dengan hati – hati sampai memasuki proses penetasan telur dengan alami, tunggu sampai anda telur sudah menetas semua, dan untuk memberikan pakan anak ikan anda bisa memberi makan lumut.

Dalam sekali proses pemijahan anda bisa mendapatkan hingga 10 ribu telur ikan gabus, supaya penetasan sempurna perlu menyiapkan aquarium dengan ukuran sekitar 65 x 45 x 45 cm.

  • Penebaran Bibit

Gunakan waktu penebaran bibit ikan gabus yang tepat, karena ini sangat penting, yaitu dilakukan pada pagi atau di sore hari. Ini bertujuan untuk menghindari benih ikan gabus stress karena terik nya matahari dan air kolam yang cenderung agak panas.

  1. Pakan

Pemberian pakan budidaya ikan gabus sama saja dengan pemberian pakan pada ikan lainya, yaitu di berikan 2 – 3 kali sehari.

Baca Juga  11 Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame di Rumah

Jangan sampai telat memberi pakan ikan gabus, karena ikan gabus bersifat kanibal sehingga dia bisa memakan ikan yang lebih kecil.

Budidaya Ikan Gabus

Perhatikan juga kandungan nutrisi pada pakan yang anda berikan, pakan ikan gabus yang baik yaitu mengandung protein sebesar 30%, karbohidrat sebesar 10-25%, lemak sebesar 25%.

Selain itu anda juga bisa memberikan pakan alami untuk melengkapi kebutuhan nutrisi nya dan ini juga bermanfaat untuk menghemat biaya pemeliharaan melalui pakan.

  1. Perawatan

Saat cuaca terik terutama pada musim panas air kolam akan menguap dengan cepat, jadi anda harus mengontrol kuantitas air, jika air berkurang segera tambahkan sesuai ukuran kolam agar ketenangan kolam dan sirkulasi air tidak terganggu.

Anda bisa memberikan tanaman eceng gondok untuk mengurangi penguapan air, dan memberikan perlindungan pada ikan dari sengatan sinar matahari secara langsung.

  1. Pengendalian Hama

Saat anda budidaya ikan gabus, pastikan tidak ada hewan pengganggu, seperti kehadiran ular sawah, biawak, serta masih banyak lain nya.

Usahakan jangan sampai ada hama yang masuk mengganggu ke dalam kolam terpal, karena hama serta penyakit juga termasuk merupakan sesuatu hal penting dalam menentukan kesuksesan panen ikan gabus.

Halaman Selanjutnya =>