11 Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame di Rumah

Ikan Gurame merupakan salah satu ikan konsumsi yang sangat populer karena selalu menjadi menu favorit dengan rasa yang lezat yang ada di berbagai rumah makan di Indonesia sehingga menjadi banyak penggemar nya.

Dan ini menjadi peluang usaha budidaya Ikan Gurame sangat berpotensi dan terbuka lebar bagi siapa saja.

Ikan Gurame

Menurut penelitian ikan Gurame memiliki kandungan yang bagus untuk tubuh manusia, yaitu mengandung protein sebesar 18,93%, lemak 2,43%, vitamin A: 749,715 IU/100 mg, vitamin B1: 0,0792 mg/100 g, vitamin B2: 0,083 mg/100 g dan vitamin B3: 1,22 mg/100 g.

Cara Agar Sukses Budidaya Ikan Gurame di Rumah

Habitat ikan Gurame yang disukai adalah tipe perairan tenang dan dalam seperti rawa, situ, waduk atau pun danau. Gurame sangat cocok dipelihara pada ketinggian tempat sampai 800 mdpl, dan tumbuh sangat baik pada rentang suhu 24-28ºC.

Ikan gurame juga biasa di temukan di tempat pemancingan, selain di jadikan menu masakan favorit  ikan gurame juga di sedia kan bagi seseorang yang mempunyai hobi memancing dan hasil tangkapan nya bisa langsung di masak dari ikan yang segar tersebut.

Jika anda memancing ikan gurame anda bisa menggunakan seperti umpan ikan mas agar ikan cepat di dapat.

Kali ini kita bahas tentang cara memelihara ikan Gurame di rumah, yang tidak begitu membutuhkan lahan kolam yang begitu luas seperti ikan gabus , sehingga memudahkan untuk budidaya ikan ini. Berikut caranya :

  1. Mempersiapkan Kolam Budidaya

  • Ukuran Kolam

Untuk memelihara ikan Gurame di sekitar rumah tentu nya anda harus terlebih dahulu menentukan ukuran kolam yang akan anda gunakan, ukuran bisa anda sesuaikan dengan luas lahan dan jumlah bibit yang akan di pelihara.

Karena menghitung ukuran kolam ini akan memudahkan anda untuk menentukan hasil panen ikan Gurame yang di budidaya.

  • Menyiapkan Kolam

Jika anda sudah menentukan seberapa luas kolam yang akan anda buat, maka anda perlu menyiapkan semua perlengkapan untuk persiapan membuat kolam. Bahan yang di butuhkan adalah plastik atau pun terpal, kerangka kolam dan juga galian tanah.

  • Cara Membuat Kolam

Ada beberapa jenis kolam yang biasa di gunakan untuk budidaya ikan Gurame, salah satu nya menggunakan kolam tanah. Namun saat pemeliharaan di rumah sebaik nya menggunakan kolam terpal, karena tidak terlalu banyak biaya dan mudah pembuatan nya.

Cara membuat kolam menggunakan terpal :

  • Gali tanah di pekarangan rumah yang sudah anda tentukan lokasi nya, dengan kedalaman sekitar  90 cm.
  • Setelah itu pasang terpal, masukan terpal dengan menggelar nya di penggalian tadi sebagai alas.
  • Gunakan kerangka yang terbuat dari bahan besi di sisi kolam sebagai bantuan agar terpal mudah terpasang menyerupai sebuah kolam atau bak.
  • Usahakan letak kolam di daerah yang cukup terkena sinar matahari
  • Membersihkan Kolam

Kolam terpal yang anda buat menggunakan terpal tadi sebelum di gunakan harus di bersihkan terlebih dahulu, karenakan terpal adalah plastik yang di buat dari berbagai zat kimia yang tidak terlalu aman.

  1. Pengisian Air Kolam

Air yang di gunakan pada kolam harus maksimal, agar pertumbuhan bibit ikan gurame pada kolam bisa tumbuh dengan maksimal. Kolam harus di isi air setidak nya hingga 3/4 dari tinggi kolam.

Dan bibit ikan hanya di isi separuh bagian kolam, sehingga akan memudahkan bibit tersebut untuk bergerak.

Namun sebelum kolam yang sudah berisi air di tebari dengan bibit ikan, kolam harus terlebih dahulu di diamkan selama 7 hari. Ini bertujuan untuk penyesuaian air dengan kolam sehingga stabil jika ada kandungan zat yang tidak baik ikan tidak terkontaminasi.

Halaman Selanjutnya ->