11 Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame di Rumah

  1. Bibit Ikan Gurame

  • Pemilihan Bibit

Pilihlah bibit ikan Gurame yang berkualitas, supaya ketahanan tubuh bibit tinggi sehingga di harapkan ikan Gurame selalu sehat sehingga tidak gampang terserang penyakit. Bibit yang berkualitas juga mempengaruhi hasil panen ikan Gurame nanti nya.

  • Penebaran Bibit

Jika air kolam sudah di endapkan selama seminggu maka saat nya menebar bibit ikan gurame yang sudah anda sediakan, penebaran bibit harus di sesuaikan dengan besaran kolam, yaitu separoh dari luas kolam.

Bibit yang anda pelihara sebaik nya telah berumur 2 bulan, sehingga bisa mudah beradaptasi dengan suhu yang ada di kolam terpal yang sudah anda buat.

  1. Pemberian Pakan

Untuk menunjang pertumbuhan ikan Gurame saat di budi daya ikan, gunakan pakan yang bagus dan ideal, yaitu pakan yang memiliki kandungan protein nabati maupun hewani yang banyak.

Protein nabati yang bisa anda berikan adalah berupa daun kangkung maupun daun talas, dan tingkat protein hewan yang dianjurkan adalah 20%.

Budidaya Ikan Gurame

Agar tidak terdapat endapan sehingga mengotori kolam maka anda harus segera membuang pakan sisa yang tidak termakan oleh ikan.

Baca Juga  6 Resep Utama Membuat Umpan Ikan Mas

Dan jangan lupa untuk selalu membersihkan air kolam dan mengganti nya secara berkala. Sebaik nya anda bisa menggunakan alat aerator atau filter air agar kebersihan air kolam bisa terjaga.

  1. Penanganan Penyakit

Untuk pencegahan penyakit maka anda bisa melakukan pengapuran saat kolam masih kosong atau sebelum di gunakan. Biasa nya penaburan secara merata pada kolam dengan menggunakan kapur pertanian.

Semua peralatan yang di gunakan untuk proses budidaya harus terlebih dahulu di rendam menggunakan larutan kaporit yang setelah nya di keringkan sebelum kolam di gunakan.

  1. Menghilangkan Bau Lumpur

Karena pembesaran bibit berada si sekitar dirumah, maka lebih baik mencoba menghilangkan bau lumpur, dengan cara :

  • Kurangi Intensitas Cahaya Matahari

Pertumbuhan plankton bisa di kurangi dengan mengurangi intensitas cahaya pada kolam. Jika  kolam mendapatkan intensitas cahaya yang baik maka plankton lebih mudah tumbuh.

  • Berikan pupuk secara teratur dan Seimbang

Pemberian pupuk secara teratur dan seimbang ini agar pertumbuhan alga bisa di hambat, dengan menggunakan pupuk P dan N dengan perbandingan 1 : 4.

  • Berikan Pakan Dengan Jumlah Tepat

Dengan pemberian jumlah makanan yang tepat maka tidak ada sisa makanan di dalam kolam, sehingga tidak memicu tumbuh nya mikroorganisme.

  • Penyaringan Air Kolam

Selalu menyaring air kolam untuk menjaga kebersihan air dan kolam.

  • Pembersihan Air Secara Periodik

Pembersihan air di lakukan secara periodik, walaupun ikan Gurame tetap tahan dengan kualitas air kolam yang jelek dan buruk.

  • Penggantian Air Kolam Secara Shift Pond

Lakukan pergantian air kolam secara shift pond atau dengan mengganti secara rutin.

Baca Juga  6 Resep Utama Membuat Umpan Ikan Mas

Halaman Selanjutnya ->