11 Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame di Rumah

  1. Menggunakan Eceng Gondok

Menggunakan tanaman eceng gondok ini bisa untuk mengurangi bau dan mengurangi efek dari ada nya kenaikan suhu akibat sinar matahari.

Ikan Gurame Besar

Maka bisa melakukan penanaman eceng gondok. Dan eceng gondok juga bagus dalam penyerapan timbal dan zat yang berbahaya.

Jika anda budidaya menggunakan empang atau kolam tanah biasa nya enceng gondok akan tumbuh dengan sendiri nya.

  1. Menjaga Kebersihan Kolam

Menjaga kebersihan kolam adalah hal yang juga harus di lakukan, sehingga para ikan akan selalu mendapatkan oksigen yang cukup dan pasokan ai bersih yang sesuai.

Dengan  membersihkan sisa makanan yang tidak termakan oleh ikan merupakan hal paling mudah untuk menjaga agar kolam tidak kotor, sehingga ikan tidak mudah terserang penyakit.

Jika di perlukan, untuk membunuh segala jenis kuman penyakit maka anda bisa menggunakan senitizer ke dalam kolam di setap 2 minggu sekali.

  1. Terdapat Pohon Rindang Disekitar Kolam

Suhu ideal untuk pertumbuhan ikan Gurame adalah 24 hingga 28 derajat C, dengan ada nya tanaman rindang di sekitar pohon akan membantu tercipta nya suhu yang ideal.

Baca Juga  11 Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen

Ini juga mengantisipasi agar perbedaan suhu antara malam dan siang tidak terlalu mencolok, karena nanti nya bisa menghambat pertumbuhan ikan Gurame.

Ini termasuk salah satu cara untuk mengurangi bau kolam karena mengatasi masalah intensitas cahaya matahari yang terlalu tinggi.

  1. Menjaga Kadar Air Kolam

Untuk selalu menjaga agar air kolam tetap tersanitasi dengan baik maka anda bisa menggunakan alat penyaring berupa filter, dan ini akan mengoptimalkan pekerjaan anda dalam pengurasan air kolam.

Selain itu harus selalu menjaga pH air kolam, atau menjaga tingkat keasaman agar kualitas air tetap terjaga. pH air terbaik adalah 6 hingga 7,5 dimana tingkat keasaman air tidak terlalu asam, basa namun mendekati netral, untuk mengetahui pH air kolam adalah dengan cara penggunaan kertas lakmus maupun pH meter.

Anda bisa menambahkan asam fosfor jika pH air terlalu basa, dan kapur jika terlalu asam, agar pH air terkendali dan mendekati pH normal.

  1. Pemanenan Ikan

Saat panen gurame hampir sama dengan pemanenan saat budidaya ikan gabus yang sekarang sudah mulai banyak di lakukan banyak orang.

Baca Juga  7 Cara Mudah Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Panen

Cara memanen ikan gurame yang di budidaya menggunakan kolam ini bisa dengan cara di serok menggaunakan alat, atau juga bisa menguras mengurangi air dalam kolam secara bertahap.

Perlu anda perhatikan saat penangkapan agar ikan Gurame tidak terluka atau rusak tubuh nya, ini bertujuan untuk menjaga nilai jual ikan karena kualitas nya yang bagus.

Alasan mengapa banyak sekali petani ikan sangat menyukai budidaya Gurame adalah karena umur pemeliharaan Gurame yang singkat di bandingkan beberapa jenis ikan populer lain nya.

Dan anda tidak memerlukan banyak biaya dalam proses pemeliharaan nya, karena bibit yang mencapai berat 2 ons sudah bisa mulai dipanen, ketika sudah berumur sekitar 5 bulan.

Ini termasuk salah satu usaha yang potensial dan menarik yang bisa anda coba, karena terbilang mudah dan bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Itulah pembahasan tentang budidaya ikan Gurame, semoga informasi ini dapat memberikan tambahan informasi bagi anda yang berminat menggeluti usaha budidaya tersebut, info yang lain nya bisa anda dapatkan di Kebun Maker. Semoga bermanfaat, terima kasih.