11 Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen

  1. Penebaran Benih Secara Tepat

Saat budidaya ikan Patin sesuaikan jumlah ikan yang akan di pelihara dengan ukuran kolam yang anda sediakan. Jangan berlebihan menebar benih agar pertumbuhan ikan tidak terganggu, sesuaikan dengan kapasitas kolam agar pertumbu ikan tetap baik.

Ukuran yang biasa di gunakan saat budidaya ikan patin 1 m3 air cukup ditebar 20 – 30 ekor benih ikan.

  1. Pakan Ikan Budidaya

  • Berkualitas

Pemberian pakan berkualitas pada ikan Patin sangat berpengaruh pada pertumbuhan ikan, sehingga dapat menentukan tumbuh besar nya secara maksimal. Untuk budidaya ikan Patin, pakan yang  biasa diberikan adalah pelet karena mudah ditemukan di pasaran.

Selain itu ikan juga dapat di beri makanan alami yang lain untuk menambah kandungan protein, sehingga baik untuk pertumbuhan ikan, selain itu juga dapat menghemat biaya pemeliharaan.

Contoh makanan alami yang dapat diberikan pada ikan Patin saat budidaya Patin yaitu ikan sisa, keong emas, kerang, bekicot, dan lain sebagai nya.

Namun perlu di ingat jangan sembarang memberikan pakan pada ikan budidaya, cari informasi lebih detail nya dulu apa saja makanan alami yang baik untuk budidaya ikan patin.

  • Tepat

Pemberian pakan saat budidaya ikan Patin harus tepat sesuai umur dan jumlah ikan, kebutuhan seekor ikan adalah ikan Patin yang berbobot di bawah 200 gram per ekor adalah 3% – 5% dari keseluruhan bobot ikan pada kolam tersebut dan pakan diberikan dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

Dan untuk ikan Patin yang berbobot di atas 200 gram per ekor dapat diberikan pakan dengan persentase 1,5% – 2% dari total bobot ikan di kolam tersebut, dan di berikan satu kali sehari saat sore hari.

  • Rutin

Pemberian pakan harus secara rutin dan tepat waktu perlu dilakukan agar ikan dapat tumbuh besar dan sehat secara optimal, jika pemberian pakan ikan tidak sesuai jadwal di khawatirkan ikan tidak bisa menyesuaikan sehingga berpengaruh terhadap kekebalan tubuh nya.

  1. Menjaga Kebersihan Kolam

Kolam sebagai media budidaya ikan Patin ini harus di jaga kebersihan nya yaitu di bersihkan secara rutin dengan cara mengganti air pada kolam. Menjaga kebersihan kolam ini bertujuan agar ikan tumbuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Pembersihan kolam yang baik dan benar adalah dilakukan pembersihan minimal seminggu sekali, agar ikan tetap merasa segar berada di habitat nya.

  1. Penerangan di Sekitar Kolam

Di sekeliling kolam budidaya perlu di beri cahaya penerangan agar berbagai hama seperti kura-kura, ular air, lingsang, biawak, dan burung enggan masuk ke kolam untuk menyerang ikan Patin. Dan ada nya penerangan di sekitar kolam juga memudahkan ikan Patin untuk waspada terhadap hama yang ada di sekeliling nya.

  1. Jaga Ketenangan Kolam

Hindarkan ikan Patin dari suara kejutan atau kebisingan, dan sebaik nya cari lokasi kolam di tempat yang tenang.

Karena ikan Patin merupakan jenis ikan yang gampang panik, dengan terkejut atau bising sedikit saja dapat membuat ikan ini langsung panik sehingga tidak baik bagi perkembangan ikan Patin.

Halaman Selanjutnya =>