11 Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen

  1. Mencegah Hama dan Penyakit

Kenali hama dan penyakit yang dapat menyerang ikan Patin yang sedang di budidaya, sehingga anda dapat melakukan pencegahan atau penanganan yang tepat agar ikan dapat tumbuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Jika ikan sudah terlanjur terinfeksi penyakit  atau terkena hama segera lakukan penanganan yang sesuai supaya ikan dapat sehat kembali.

  1. Panen Ikan Patin

Saat memanen ikan Patin gunakan cara yang benar. Perhatikan seluruh ukuran ikan, jika bobot ikan dalam satu kolam beragam maka anda harus melakukan Panen secara seleksi yaitu dengan menjaring ikan yang sudah layak panen saja.

Sedangkan jika seluruh ikan dalam kolam tersebut sudah layak panen semua maka anda tinggal memanen nya sekaligus, dengan cara mengurangi air pada kolam.

Perlu berhati hati saat memanen ikan Patin agar ikan tidak mengalami cacat, kerusakan, bahkan mati karena cara panen yang salah, sehingga nilai jual ikan tetap terjaga.

  1. Harus Hati – Hati Memegang Ikan Patin

Anda wajib atau Harus berhati – hati saat menimbang atau memanen ikan yang membuat anda harus memegang nya secara langsung, karena patil ikan Patin ini cukup tajam sehingga dapat membuat tangan terluka.

Bahkan jika anda menggunakan media kolam terpal, terpal anda bisa bocor karena terkena patil ikan patin.

Itulah beberapa hal dan cara budidaya ikan patin agar cepat besar dan segera di panen serta terhindar dari resiko saat budidaya ikan ini. Info yang lain nya bisa anda peroleh di Kebun Maker. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi anda, terima kasih.