5 Cara Budidaya Jahe Merah Dengan Mudah

Jahe merupakan salah satu rempah – rempah yang digunakan untuk bumbu masak, dan saat ini jahe juga digunakan sebagai bahan alami untuk minuman penghangat tubuh, serta dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk kesehatan.

Tanaman Jahe Merah

Nah agar tidak terlalu lama di bawah ini Kebun Maker akan memberikan 5 langkah mudah Menanam Jahe di sekitar kita.

Cara Menanam Jahe Merah :

Tanaman jahe merah bisa di budi daya kan menggunakan media polybag, karung, atau pot tanaman dengan menggunakan teknik vertikultur, cara ini di gunakan  karena lahan yang di miliki untuk melakukan budidaya tanaman jahe merah kurang luas.

Degan menggunakan metode tersebut lahan yang dibutuhkan relatif lebih sedikit dan akan lebih efesien, praktis dan hemat biaya.

Jangan lupa sediakan rak bertingkat untuk menempatkan tanaman budidaya. Berikut langkah langkah menanamnya:

  1. Menyiapkan Media Tanam

Untuk menanam jahe merah terlebih dahulu menyediakan media tanam, bisa berupa polybag atau karung, setelah tersedia isi media tanam tersebut menggunakan campuran tanah, pasir, dan pupuk organik dengan komposisi 1:1:1.

Pupuk organik bisa menggunakan pupuk kandang yang sudah di fermentasikan agar lebih mudah diserap oleh tanaman.

Jika pada tanah kandungan asamnya tinggi sebaiknya tambahkan kapur pertanian supaya pH tanah menjadi stabil, dan sesuai untuk tanaman.

  1. Menyediakan Bibit Tanaman

Setelah media tanam selesai di siapkan, selanjutnya menyediakan bibit tanaman yang berkualitas  agar tanaman jahe bisa di panen secara maksimal dan tidak mudah terserang penyakit, ciri bibit jahe yang bagus adalah telah cukup umur dan tidak ada penyakit serta luka.

Setelah bibit tersedia maka bibit selanjutnya di rendam pada fungisida selama 15 menit agar bibit jahe terbebas dari penyakit akibat jamur atau gangguan bakteri lain yang menyebabkan kerusakan pada tanaman jahe.

Selanjutnya bibit jahe di semai pada tempat yang lembab dan jauhkan dari sinar matahari langsung, menyemai bisa tempatkan di dalam gudang yang diberi alas jerami.

Caranya letak kan bibit jahe merah di atas jerami yang sudah di sediakan lalu tutup dengan menggunakan jerami lagi.

Saat menyemai bibit jahe perlu di kontrol setiap hari agar kelembapan jahe merah tetap terjaga, jika terlalu kering, sebaiknya di siram air sedikit demi sedikit sampai tingkat kelembapan nya stabil.

Tunas bibit jahe biasanya akan tumbuh setelah 2 minggu dari awal penyemaian. Apabila tunas bibit jahe sudah tumbuh maka bibit jahe sudah bisa di pindahkan ke media tanam.

  1. Tekhnik Menanam Jahe Merah

Tunas bibit jahe yang sudah tumbuh maka selanjutnya adalah memindahkan tanaman jahe merah ke dalam media tanam yang sudah disiapkan, dalam satu polybag bisa di tanami sekitar 3 – 5 rimpang jahe merah tergantung ukuran polybag, semakin besar bisa semakin banyak.

Posisi menanam tunas di letak kan dengan posisi berdiri dan tunas berada di atas, bibit di tanam pada media tanam dengan kedalaman  3-5 cm.

Setelah bibit di pindahkan ke media tanam polybag selanjutnya lakukan penyiraman secara rutin, usahakan tempat penanaman bibit tidak terkena sinar matahari langsung. Apabila tunas jahe sudah tumbuh besar baru tanaman dipindahkan ke tempat terbuka.

  1. Memelihara Tanaman Jahe Merah

Lakukan perawatan dan pemeliharaan agar hasil panen bisa maksimal, siram dengan air secara rutin tanaman jahe yang baru tumbuh lebih lebih saat musim kemarau maka penyiraman harus dilakukan setiap hari, selama 3 bulan dari awal penanaman jahe merah.

Perawatan selanjutnya adalah melakukan penyiangan gulma agar tanaman tidak terganggu karena kandungan unsur hara pada tanah yang seharusnya untuk tanaman jahe merah di ambil oleh gulma, penyiangan ini lebih intens dari awal penanaman sampai usia tanam 4 bulan.

Selanjutnya di perlukan pemupukan agar kandungan nutrisi dalam tanah terjaga. saat tanaman jahe merah berusia 2 bulan berikan pupuk organik dengan dosis kurang lebih 1/5 dari kapasitas media tanam karung.

Jika ingin hasil lebih maksimal  bisa memberikan pupuk sebanyak 3 kali sampai waktu panen jahe merah tiba.

Halaman Selanjutnya ->