no comments

5 Cara Budidaya Jahe Merah Agar Produktif

Budidaya Jahe Merah

Jenis Jahe :

  • Jahe Merah

Jahe Merah

Jahe merah di sebut juga sunti merupakan salah satu jenis jahe dengan ciri rimpang nya yang kecil, berwarna kemerahan, dan serat nya kasar.

  • Jahe Putih Kecil

Jahe Putih Kecil

Jahe yang sebut juga dengan jahe emprit ini memiliki rimpang yang lebih besar dari jahe merah berwarna putih dengan serat yang lembut.

  • Jahe Putih Besar

Jahe Putih Besar

adalah salah satu jenis jahe yang memiliki ciri khas rimpang nya yang jauh lebih besar dan gemuk dari dua jenis jahe sebelumnya, lebih dikenal dengan sebutan jahe badak, jahe ganyong dan jahe kapur.

Itulah jenis jahe yang umumnya di tanam di indonesia, dari jenis jahe tersebut kita bahas jahe merah yang tentunya memiliki khasiat atau manfaat paling bagus sehingga para petani tertarik untuk budidaya karena harga jual nya yang lumayan tinggi di banding dengan jenis tanaman jahe lain nya.

Jahe merah adalah salah satu keluarga dari jenis jahe, namun mempunyai karakteristik yang berbeda dengan jahe lainnya, mempunyai kulit yang berwarna kemerahan dengan bagian dalam yang berwarna merah muda sampai kuning, ukuran jahe merah juga lebih kecil dan  rasa yang lebih pedas dari jenis jahe lain nya.

Baca Juga  15 Media Tanam Hidroponik yang Paling Bagus

Manfaat jahe pada umumnya hampir sama, namun untuk manfaat dari jenis masing – masing jahe lebih memiliki keunggulan sendiri sendiri. Berikut ini manfaat dari jenis tanaman jahe merah.

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan:

  • Mencegah Masalah Pencernaan

Ekstrak Minyak Jahe

Ekstrak minyak jahe merah bisa melindungi sistem pencernaan dari bakteri, sehingga mencegah masalah pencernaan, seperti sakit perut.

Bila ditambahkan pada makanan, jahe dapat digunakan sebagai pengawet alami dan bisa mencegah dari keracunan makanan akibat bakteri.

Kehangatan yang terkandung oleh jahe juga dapat menenangkan pencernaan, sehingga banyak dimanfaatkan untuk mengatasi flu dan pilek.

  • Membantu Mengatasi Radang Otot

Minuman Jahe

Kandungan jahe bisa berguna untuk anti peradangan sehingga bisa membantu dalam melawan peradangan akut maupun kronis.

Komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron dapat menghambat enzim siklooksigenase dan lipoksigenase, sehingga bisa menurunkan leukotrien dan prostaglandin yang memicu peradangan.

Halaman Selanjutnya =>