13 Cara Agar Sukses Budidaya lobster Air Tawar

Lobster merupakan salah satu han baolahan seafood yang mempunyai citarasa yang tinggi, sehingga banyak yang gemar mengkonsumsi lobster.

Karena banyak penggemar nya, sedangkan persediaan yang terbatas, maka menjadikan harga lobster ini menjadi tinggi. Bisa anda buktikan di rumah makan yang menyediakan seafood lobster.

Selain banyak yang menyukai lobster karena kelezatan rasa nya, lobster di konsumsi juga karena kandungan nya yang baik untuk tubuh manusia, kandungan lobster antara lain Natrium, Folate, Fosfor, Magnesium ,Seng (Zinc), Protein, Omega-3, Vitamin B12, Kalium dan juga mengandung Kalori serta Protein.

Lobster Air Tawar Bertelur

Karena harga lobster yang tinggi banyak orang yang menjadikan ini sebagai peluang bisnis, dan mencari cara supaya bisa dengan mudah untuk budidaya lobster air tawar, ini seperti sebagian orang yang melakukan budidaya cacing sutra .

Bagi anda yang ingin budidaya lobster air tawar, ini adalah peluang yang besar yang terbilang mudah bagi anda, karena budidaya lobster air tawar bisa dilakukan di halaman rumah.

Melakukan budidaya lobster air tawar dengan baik tentu akan menjadikan peluang keuntungan yang besar, karena harga lobster air tawar di pasaran terbilang tinggi.

Jika anda ingin budidaya lobster ini ada beberapa hal yang perlu anda kerjakan atau perlu anda ketahui, di antara nya :

13 Cara Budidaya Lobster Air Tawar

  1. Memperhatikan Syarat Hidup

Memelihara Lobster air tawar membutuhkan parameter kolam air yang juga cukup luas, lobster jenis air tawar dapat menyesuaikan diri dengan mudah pada lingkungan dengan oksigen larut yang rendah, namun hidup dengan cara seperti itu sangat minim untuk lobster hidup dan berkembang biak secara maksimal.

Supaya lobster air tawar bisa berkembang dengan baik, oksigen yang digunakan oleh lobster air tawar ini sekitar 4 ppm. Anda juga perlu memperhatikan suhu udara yang ada di kolam, Lobster air tawar ini sangat cocok hidup di kolam yang bersuhu 25 – 29° C.

Untuk tingkat keasaman air, lobster air tawar ini sangat cocok pada air yang memiliki keasaman sekitar  7 – 9 pH. Lobster air tawar ini juga memerlukan perairan yang memiliki kandungan kapur sedang sampai tinggi, untuk menjaga kadar kalsium sebagai pembentukan cangkang lobster air tawar.

  1. Media Hidup Lobster Air Tawar

Media yang digunakan untuk budidaya lobster air tawar ini sangat bervariasi, walaupun pada umum nya lobster air tawar ini sering di budidaya secara ekstensif menggunakan media kolam tanah.

Jika anda menggunakan media kolam tanah, cara nya cukup meletakkan induk an dalam kolam yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.

Ada yang budidaya lobster air tawar menggunakan cara intensif, yaitu menggunakan media kolam fiber, terpal atau kolam semen.

Dan lobster air tawar yang di budi daya secara intensif lebih mahal harganya dibandingkan dengan lobster air tawar yang di budi daya secara ekstensif, karena memberikan pakan berupa sayur atau pakan komersil lain nya.

  1. Membedakan Jenis Kelamin Lobster

  • Lobster air tawar jantan adalah terlihat dari capit lobster yang terdapat bintik merah pada bagian capit luar, namun bintik merah ini akan terlihat jika lobster sudah berumur 3 hingga 4 bulan. Atau sesudah lobster berukuran sekitar 7 cm. Bintik merah pada lobster ini juga menjadi tanda jika lobster sudah siap kawin atau matang gonad.

Dan terdapat tonjolan yang terlihat dari bagian kaki ketiga lobster.

  • Untuk ciri – ciri lobster betina yaitu memiliki lubang di area pangkal kaki ketiga dari bagian bawah ekor, dimana lubang tersebut adalah alat kelamin lobster betina tempat keluarnya telur.
  1. Bibit Lobster Air Tawar

Untuk mendapatkan bibit lobster air tawar yang unggul maka gunakan indukan yang berkualitas, agar bisa bisa mendapatkan hasil panen lobster air tawar dengan maksimal.

  1. Memilih Induk

Untuk induk an budidaya lobster air tawar pilih lah yang ukuran nya di atas 4 inci atau sekitar 10 cm, yang biasa nya berusia antara 5 sampai 6 bulan. Karena lobster pada masa ini akan memiliki telur yang cukup banyak dalam proses pembuahan nya. Berikut tips memilih calon indukan lobster air tawar yang berkualitas:

  • Pilih indukan yang proses pertumbuhan nya lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan lobster lain nya.
  • Jika membeli indukan lobster air tawar usahakan ke tempat penjualan lobster yang sudah bersertifikat.
  • Pastikan jenis kelamin lobster adalah betika, karena terkadang di jumpai lobster banci, alias lobster betina yang juga memiliki kelamin jantan, dan lobster ini tidak bisa bertelur.
  • Pilihlah calon indukan lobster yang berukuran gemuk, jangan lobster yang kepala nya lebih besar dibandingkan tubuh dan ekornya, karena lobster yang demikian adalah lobster yang kurang makan atau nutrisi.
  • Usahakan Anda mendapatkan calon indukan lobster yang murni dari spesies lobster yang terbaik.
  • Pastikan indukan lobster sudah berumur 5 hingga 6 bulan atau panjang sekitar 10 cm, sebab jika terlalu muda maka akan menghambat pertumbuhan, dan jumlah telur yang di hasilkan cenderung sedikit.
  1. Proses Perkawinan

Anda bisa mengawinkan lobster dengan cara menggabungkan antara indukan yang jantan dan betina menjadi satu. Ini bisa dilakukan pada wadah atau akuarium berukuran 1 x 0,5 x 25 cm. Ukuran akuarium tersebut dapat dimasuki 5 lobster betina dan 3 lobster jantan.

Dalam melakukan perkawinan, biasanya lobster betina yang memilih pasangan, sehingga kita perlu memasukan lobster jantan lebih dari satu, supaya lobster betina dapat memilih dan bertelur.

Setelah memasukan lobster ke dalam akuarium, selanjutnya letakan minimal 8 buah pipa paralon yang memiliki diameter 2 inci dan panjang 20 cm, tunggulah hingga dua minggu. Umumnya, setelah dua minggu indukan betina sudah dapat bertelur.

Ketika lobster sedang melakukan perkawinan, mereka akan membentuk formasi huruf Y, yang mana lobster jantan akan mengeluarkan sperma dan meletakkan di dekat pangkal kedua kaki lobster betina. Nantinya, sperma itu akan berwarna putih dan menggumpal agar keras lalu akan larut ke dalam air.

Setelah proses pembuahan, lobster betina akan menjauh dari lobster jantan secara perlahan-lahan, kemudian lobster betina mengeluarkan telur nya dari lubang pangkal kaki ketiga.

Dengan melewati sperma lalu turun ke ekor ebdomen nya. Dan telur akan dikumpulkan di dalam abdodemen nya sambil menutup rapat ekor nya selama seminggu.

Halaman Selanjutnya ->