13 Cara Agar Sukses Budidaya lobster Air Tawar

  1. Pemindahan Induk

Sesudah masuk minggu kedua atau ketiga, telur sudah mulai menempel pada kaki renang induk betina, kemudian lobster akan berjalan dengan ekor yang terbuka sehingga telur bisa terlihat.

Pada saat ini, indukan perlu dipindahkan ke kolam penetasan dengan ukuran 1 x 2 meter atau kolam penetasan massal menggunakan kurungan keranjang.

  1. Pengeraman Telur

Pada minggu ke- 2 telur lobster air tawar masih berbentuk bulat, dan di minggu ke- 3, telur mulai terdapat bintik hitam. Bintik hitam inilah yang disebut sebagai embrio yang akan menetas sebagai anakan lobster air tawar.

  1. Penetasan Telur

Di minggu ke- 4 masa bertelur nya lobster air tawar, pada telur sudah mulai membentuk capit, sungut, dan kaki yang mulai tumbuh di dalam telur, dan sampai terjadi penetasan telur lobster air tawar. Apabila terjadi pada fase telur rontok dari induk, maka kemungkinan embrio yang sudah mati.

Seluruh kuning telur akan habis pada minggu kelima, dan embrio secara bertahap akan lepas  dari induk untuk mencari makan sendiri. Walau sudah terlepas, namun embrio akan masih melekat pada kaki renang induk lobster ini.

Setelah lobster air tawar bersih dari telur, maka induk bisa dipindahkan ke kolam yang lain supaya bisa istirahat sekitar 2 minggu sampai proses pergantian kulit, yang bertujuan agar tubuh lobster air tawar bisa bertambah besar dan dalam penetasan selanjut nya jumlah telur akan akan bertambah banyak.

  1. Pemeliharaan Benih

Anakan lobster air tawar sebaik nya tidak diberikan pakan sayuran atau umbi umbian, namun diberikan cacing beku atau cacing sutera untuk mempercepat pertumbuhan lobster.

Pakan yang diberikan pada anakan lobster air tawar sebanyak 3% dari berat badan lobster, pagi hari diberikan pakan sebanyak 2% dan pada sore hari diberikan 75%.

Pada sore hari pemberian pakan lebih banyak karena lobster air tawar adalah hewan yang aktif di malam hari, sehingga untuk menunjang aktivitas lobster diberikan pakan lebih pada waktu itu.

  1. Jenis Pakan Benih

  • Pakan Komersial

Pakan komersial pada  umum nya di produksi yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi lobster air tawar, dan untuk banyak nya pakan yang diberikan disesuaikan dengan ukuran lobster  dari mulai serbuk 1 x 2 mm.

  • Pakan Buatan

Pakan buatan untuk lobster air tawar yang biasa diberikan adalah wortel, tauge, kacang hijau, tepung ikan, cacing dan siput. Agar hasil lobster air tawar bisa maksimal, maka bisa mencampur segala bahan ini menjadi satu.

  • Pakan Alami

Pakan alami merupakan makanan yang  penting diberikan pada lobster air tawar dengan ukuran kurang dari 1 gram. Pakan alami terbaik untuk lobster adalah kutu air, cacing tanah, jentik nyamuk, cacing rambut, cacing darah dan cacing sutera.

Para peternak lobster air tawar yang budidaya secara intensif biasa nya lebih memberikan pakan berupa sayur atau pakan komersil lain, namun dengan tetap memperhatikan ukuran dan kebutuhan lobster air tawar yang di budidayakan. Ini hampir sama saat sebagian orang memelihara cacing sutra yang mulai banyak di minati karena juga bisa mendaptakan keuntungan.

  1. Panen Benih

Benih lobster di panen berukuran 1 hingga 2 cm, yang dilakukan pada pagi hari. Kualitas dan parameter air yang dipakai untuk menampung bibit yang di panen harus sama dengan air yang ada dalam kolam sebelum nya, supaya mencegah benih stress namun tetap memakai air baru dan bukan air dari kolam sebelum nya  sebab sudah kotor dan bau.

Benih lobster air tawar yang baru berumur 20 hari sudah memiliki tingkat sensitivitas tinggi terhadap perubahan lingkungan, dibandingkan dengan lobster air tawar yang sudah dewasa.

Dan untuk lobster air tawar yang ukuran nya sudah sesuai dengan komersil pasaran, Anda bisa menjualnya. Sedangkan sisanya, Anda bisa meletakkan kembali ke kolam tersebut.

  1. Kematian Benih Lobster

Kematian benih lobster bisa terjadi disebabkan ada nya pergantian kulit di masa pertama kali, dan juga bisa saja disebabkan ada nya racun seperti bekas semprotan atau fogging demam berdarah.

Jadi sebaik nya berhati – hati ketika melakukan kegiatan yang sekira nya dapat mengkontaminasi kolam lobster air tawar.

Itulah informasi budidaya lobster air tawar yang perlu anda ketahui dari Kebun Maker. Agar ketika anda budidaya dapat menghasilkan  lobster air tawar yang baik. Semoga info ini bermanfaat, terima kasih.