9 Manfaat Bunga Kembang Sepatu Untuk Tubuh Kita

Mempunyai nama latin Hibiscus rosa-sinensis L, bunga yang satu ini memiliki bentuk yang indah dan memiliki variasi warna yang beragam.

Seperti kuning, putih, orange, pink atau pun warna lain serta memiliki warna mencolok yang mampu menyegarkan mata.

Seperti hal nya Bunga Sedap Malam, bunga ini juga bisa di tanam di daerah tropis karena itu jika menanam kembang sepatu di hampir seluruh daerah di Indonesia bisa bertumbuh dengan baik.

Mungkin sebagian dari anda sudah memiliki tanaman ini karena jika tanaman ini berbunga di pekarangan anda akan tampak terlihat sangat cantik.

Bunga Kembang Sepatu

Selain karena kecantikan dari bunga sepatu, ternyata bunga sepatu memiliki manfaat bagi kesehatan. Kali ini Kebun Maker akan memberikan sedikit informasi mengenai bunga sepatu yang perlu anda ketahui.

Tidak begitu banyak orang tahu mengenai manfaat rahasia yang dimiliki oleh bunga sepatu ini, ada bagian dari bunga sepatu yang mengandung nutrisi yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan generik maupun herbal.

Bunga sepatu mengandung antioksidan berupa antitoksin dan flavonoids, yang dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Apabila anda ingin mengkonsumsi kembang sepatu sebagai obat maka diolah menjadi teh terlebih dahulu, saat meminum teh bunga sepatu bisa diminum dengan mencampur air lemon.

Mungkin anda bertanya, sakit apa saja yang bisa diobati menggunakan ekstrak bunga sepatu?

Manfaat Bunga Sepatu Bagi Kesehatan:

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi teh dari bunga sepatu secara rutin bisa meningkatkan imunitas tubuh dan dapat menstimulasi perkembangan sel yang berguna melawan infeksi dan kuman di dalam tubuh yang dikenal dengan T cells dan E cells.

Karena vitamin C yang terdapat pada bunga sepatu juga membantu T&E cells dalam memberantas kuman penyakit di dalam tubuh.

  1. Membantu Penyembuhan Luka

Teh dari bunga sepatu dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Di bandingkan membersihkan luka dengan obat antiseptik, mengkonsumsi teh bunga sepatu luka akan lebih cepat mengering dan lebih cepat membentuk kulit baru.

  1. Menurunkan Kolesterol

Tekanan darah yang tersumbat pada pembuluh darah bisa membahayakan kesehatan, menurut penelitian mengkonsumsi ekstrak kembang sepatu dapat menurunkan kadar kolesterol.

Bunga Kembang Sepatu

Pada tubuh sampai 20%, karena mengandung zat sapponins yang bisa mengikat kolesterol sehingga tidak lagi ikut terserap ke dalam tubuh manusia.

  1. Menurunkan Gula Darah

Bagi penderita diabetes bisa memanfaatkan bunga sepatu, karena  akarnya mengandung zat antidiabethic yang bisa mencegah naiknya kadar gula darah pada tubuh manusia.

Kabar dari Curejoy, mengkonsumsi teh bunga sepatu secara rutin selama 21 hari berturut – turut bisa   menurunkan kadar gula darah sampai dengan 46% di dalam tubuh.

  1. Menyembuhkan Gangguan Pernafasan

Teh bunga sepatu di percaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan gangguan pernafasan, seperti batuk, flu, bahkan bronkhitis.

Ini di karenakan kembang sepatu mengandung vitamin C yang tinggi, ini bisa di konsumsi dengan cara meracik ramuan kembang sepatu sendiri dengan merebus bagian kelopak dan daun nya, tidak harus dari ekstrak bunga sepatu.

Halaman Selanjutnya ->