no comments

Cara Mudah Menanam Bunga Sedap Malam yang Berkhasiat

Bunga yang memiliki aroma harum ini memang menjadi salah satu bunga yang banyak sekali di favorit kan oleh para ibu-ibu. Selain karena memiliki aroma yang sedap untuk dihirup bunga sedap malam juga menjadi salah satu bunga yang memiliki penampilan yang sangat cantik dan eksotis.

Selain itu bunga sedap malam juga menjadi salah satu bunga yang sangat gampang tumbuh di Indonesia. Terutama bagi Anda yang hidup di area dataran rendah anda bisa dengan mudah menanam tanaman ini di pot bunga dengan media tanam tanah atau media tanam lainnya.

Selain menjadi salah satu bunga yang dapat hidup dengan mudah, perawatan bunga sedap malam juga terbilang sangat simpel dan tidak memerlukan perawatan yang ekstra. Hal itu tentu menjadi salah satu faktor orang ingin menanam bunga sedap malam ini di pekarangan atau di teras rumah masing-masing.

Walaupun cara menanam dan merawat bunga sedap malam terbilang sangat mudah. Akan tetapi masih banyak kita orang yang belum mengetahui cara menanam bunga sedap malam ini, terutama mereka yang baru berkebun tentu akan merasa kebingungan mengenai cara awal menanam bunga yang memiliki aroma yang harum pada malam hari ini.

Nah jika anda mengalami hal tersebut, pada kesempatan kali ini Kebun Maker akan memberikan informasi cara menanam dan merawat dari Bunga Sedap Malam ini. Selain itu anda juga bisa mengetahui mengenai manfaat apa saja yang bisa temukan pada bunga yang memiliki warna putih ini.

Cara menanam bunga sedap malam :

  • Proses Pembibitan

bunga sedap malam

Bagi Anda yang masih awam mengenai dunia perkebunan, Anda sangat kami sarankan untuk membeli atau meminta umbi bunga sedap malam ke orang yang sudah menanam bunga sedap malam ini sejak lama. Karena dengan anda menanam umbi nya maka secara langsung kita akan memperbanyak bibit bunga sedap malam ini.

Nah jika Anda belum mengetahui mengenai ciri umbi yang cocok untuk Anda jadikan bibit diantaranya adalah umbi bunga sedap malam harus berusia 1 sampai 2 tahun. Selain itu jika anda sudah mempunyai umbi yang berumur 1 sampai 2 tahun, anda harus menyimpan umbi itu di area yang gampang terkena sinar matahari dan anda harus menyiramnya setiap hari agar bibit dari umbi Bunga Sedap Malam mudah dalam bertunas,  sehingga peluang hidup dari bibit bunga sedap malam ini menjadi lebih besar.

  • Mempersiapkan Media Tanam Bunga Sedap Malam

Media Tanam Bunga Sedap Malam

Media tanam bunga sedap malam sama dengan media tanaman hias lainnya. Selain itu penggunaan bahan untuk menanam bunga sedap malam juga hampir sama dengan bahan yang di gunakan untuk menanam tanaman hias lainnya, yaitu tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos. Untuk perbandingannya sendiri 1 berbanding 1 Anda juga bisa menambahkan arang sekam jika anda mempunyai bahan tersebut.

Sebenarnya Anda bisa langsung menanam bunga sedap malam di tanah akan tetapi yang namanya tanaman hias tentu akan lebih cantik jika kita menanamnya di pot dan kita letakkan di depan rumah kita.

Nah bagi Anda yang ingin menggunakan pot atau plastik untuk menanam bunga ini ada baiknya anda menggunakan ukuran yang lebih besar agar akar dari bunga sedap malam ini dapat tumbuh dengan baik dan menjadi lebih kuat.

Selain itu jika Anda menggunakan plastik untuk menanam bunga ini anda harus melubangi plastik ini untuk menjadi saluran keluarnya air, agar air tadi tidak mengendap di dalam tanah yang bisa mengakibatkan akar dari bunga sedap malam ini bisa membusuk, sehingga cepat atau lambat akan mengakibatkan Bunga Sedap Malam akan cepat mati.

  • Proses Penanaman Bunga Sedap Malam

Penanaman Bunga Sedap Malam

Jika anda sudah mempunyai bahan-bahan yang sudah saya Sebutkan di atas sekarang saatnya melakukan proses penanaman bunga sedap malam ini. Gali lubang sedalam 5 sampai 10 cm di dalam pot atau plastik, jika sudah masukkan umbi dari bibit bunga ke dalam lubang yang sudah kita gali tadi.

Nah Jika anda sudah melakukannya maka tutup lubang itu kemudian padatkan dengan air dan bahan-bahan lainnya seperti arang sekam dan pupuk kandang. Jangan lupa lakukan penyiraman bunga sedap malam ini setiap hari, untuk proses awal-awalnya ada baiknya anda menaruh bunga sedap malam ini di area yang lembab.

  • Cara merawat bunga sedap malam

bunga sedap malam

Untuk merawat bunga sedap malam agar dapat tumbuh dengan baik caranya hampir sama dengan merawat tanaman hias lainnya. Untuk langkah awalnya Anda harus menyiram tanaman bunga sedap malam ini setiap sore atau setiap pagi hari, perlu kita ketahui kalau kita tidak perlu terlalu berlebihan dalam menanam bunga ini.

Ada baiknya anda hanya perlu menyiram bunga sedap malam ini setiap 1 kali setiap harinya. Karena jika kita terlalu berlebihan dalam menyiram air di bunga yang belum terlalu tumbuh dengan besar, maka bunga ini akan cepat membusuk dan lambat laun akan membuat bunga sedap malam ini akan mati.

Nah, jika bunga sedap malam sudah tumbuh lebih dari 5 sampai 7 bulan Anda bisa menyiram bunga ini dua kali sehari. Selain itu kita juga harus memberikan pupuk kandang ke dalam pot atau media tanam bunga sedap malam yang sudah berusia 7 bulan. Hal itu dimaksudkan agar nutrisi dari bunga sedap malam ini tidak berkurang dan membuat bunga ini dapat tumbuh dengan baik.

Itulah cara menanam dan merawat bunga sedap malam yang kita bahas, akan tetapi mungkin ada baiknya anda mengetahui mengenai manfaat dari bunga sedap malam ini karena bunga ini tidak hanya memiliki aroma yang wangi dan penampilan yang bagus saja. Menurut banyak orang bunga sedap malam juga mempunyai beberapa manfaat yang bagus untuk tubuh.

Manfaat bunga sedap malam :

1.Mengobati Radang Tenggorokan

bunga sedap malam

Bagi sebagian orang yang mempercayai obat tradisional ini juga tidak kalah ampuh jika dibandingkan dengan obat-obatan yang dibuat pada zaman modern seperti sekarang ini, memang menjadi salah satu hal yang tidak ada salahnya.

Salah satunya adalah mempercayai kalau Bunga Sedap Malam ini dapat mengobati radang tenggorokan yang sedang dialami oleh banyak orang. Cara menggunakan bunga sedap malam ini untuk mengobati radang tenggorokan juga terbilang sangat mudah.

Anda hanya perlu memetik beberapa helai daun bunga sedap malam kemudian cuci sampai bersih. Jika sudah Rebus air sampai mendidih lalu masukkan parutan jahe dan bunga Sedap Malam ini ke air rebusan tadi, lalu aduk sampai merata.

Kemudian saring dan ambil air yang sudah kita saring sampai bersih tadi. Jika sudah diamkan sebentar, ada baiknya anda meminum air ini selagi masih hangat agar proses mengobati radang tenggorokan menjadi lebih cepat.

2. Untuk Penambah Stamina Pada Laki-laki

bunga sedap malam

Anda bisa mencoba bunga Sedap Malam ini jika anda memiliki stamina yang tidak terlalu bertenaga. Menurut banyak orang bunga sedap malam di dipercaya dapat menambah stamina bagi para laki-laki. Cara mengkonsumsi bunga sedap malam ini untuk menambah stamina juga terbilang tidak terlalu sulit.

Cukup ambil Kuntum bunga sedap malam secukupnya lalu tambahkan beberapa bahan lainnya seperti udang, telur ayam kampung, jahe, bawang putih, garam, cabai dan kacang kapri. Jika sudah, tumis bahan-bahan tersebut menjadi tumisan yang bisa menambah stamina dan energi kepada tubuh kita.

Nah itulah pembalasan kami mengenai bunga sedap malam. Kami akan merasa sangat bahagia apabila anda merasa terbantu dengan adanya artikel ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kali ini, Terima kasih.