no comments

4 Mitos dan Fakta Bunga Wijaya Kusuma

Bunga Wijaya Kusuma

Bunga Wijaya Kusuma memiliki nama latin Epipyllum oxypetalum, sebagian orang juga menyebutnya midnight lady atau night queen yang berarti bunga ratu malam. Bunga wijaya kusuma merupakan bunga  yang masih tergolong dalam keluarga kaktus, yang berasal dari negara Amerika – Venezuela serta hidup pada daerah yang beiklim sedang sampai tropis.

Daun bunga wijaya kusuma berbentuk pipih berwarna hijau dengan permukaan halus tanpa duri, pada bagian tepi daun terdapat lekukan yang ditumbuhi tunas daun maupun bunga. Untuk bunganya terdiri dari kelopak yang tertata dengan rapi sangat indah, mempunyai diameter sekitar 10 cm, warnanya putih dan hanya mekar saat malam hari serta berbau semerbak wangi saat mekar.

Untuk biji bunga wijaya kusuma berbentuk bulat dengan warna merah dan mempunyai biji kecil berwarna hitam, menanam bunga ini bisa dengan cara di stek maupun dengan menyemai biji bunga.

Membahas mengenai bunga wijaya kusuma ada yang menarik, karena di indonesia bunga wijaya kusuma di kaitkan dengan hal mistis, oleh karena itu bunga ini di percaya mempunyai mitos dan fakta tersendiri, khususnya di masyarakat Jawa.

Baca Juga  26 MANFAAT BUNGA ROSELLA UNTUK KESEHATAN

Bunga Wijaya Kusuma

Mitos Bunga Wijaya Kusuma :

  1. Berkaitan Dengan Raja Dahulu

Menjadi syarat para raja dahulu yang akan naik tahta, harus terlebih dahulu memetik bunga wijaya kusuma ketika dalam keadaan mekar di tengah malam, hal ini mungkin yang di kaitkan dengan hal mistis para leluhur, dan mempunyai makna tersendiri.

  1. Mendapat Rizki Bagi Pemiliknya

Apabila bunga bunga wijaya kusuma sedang berkembang, maka pemilik dari bunga ini akan mendapatkan rezeki yang berlebih, ini menjadi salah satu kepercayaan bagi sebagian orang jawa yang masih di yakini sampai saat ini.

  1. Mendapat Rizki Jika Melihat Saat Merekah

Jika seseorang melihat bunga wijaya kusuma sedang mekar di tengah malam maka orang tersebut akan mendapatkan limpahan rezeki, di percaya untuk melihat bunga saat mekar tidaklah mudah, banyak yang mencoba dengan bermacam – macam cara namun tidak berhasil.

  1. Sebagai senjata

Di pewayangan, bunga kusuma wijaya ini diceritakan sebagai bunga yang menjadi jimat atau senjata istimewa yang sangat ampuh milik Sri Bathara Kresna ( tokoh pewayangan ) yang saat itu di gunakan untuk membantu Pandawa ketika situasi sedang berbahaya, ada juga yang menyebut bahwa bunga wijaya kusuma dipercaya menjadi pusaka keraton Dwarawati sebagai titisan Dewa Wisnu.

Baca Juga  Cara Mudah Menanam Bunga Sedap Malam yang Berkhasiat

Itulah beberapa mitos  yang beredar mengenai bunga wijaya kusuma, yang mungkin masih di yakini di kerajaan jawa yang masih berdiri hingga saat ini. Untuk mitos ini boleh anda percayai atau tidak, tergantung pada keyakinan masing – masing.

Bunga Wijaya Kusuma

Fakta Bunga Wijaya Kusuma :

  1. Asal Bunga Wijaya Kusuma

Bunga wijaya kusuma berasal dari daratan Amerika Selatan, tepatnya di Negara Venezuela yang di bawa oleh para pedagang China pada masa dahulu. Bunga ini dulu dibudidayakan secara masif, di kalangan kerajaan sebagai tanda kedigjayaan dan kekuatan sang raja yang sedang memegang tahta kerajaan, selain itu di budidayakan karena bentuk bunga dan ciri morfologisnya sangat khas serta unik jika dibandingkan bunga yang lain.

  1. Jenis Bunga Langka

Saat ini bunga wijaya kusuma termasuk salah satu bunga yang langka, sehingga bunga ini menjadi salah satu bunga yang di lindungi suaka alam milik negara.  Bunga ini kadang tumbuh di daerah pantai dengan hidup menempel pada karang besar secara unik.

  1. Mekar Bunga Sulit di Prediksi

Bunga wijaya kusuma memang mekar pada malam hari, tepatnya pada tengah malam, namun banyak yang berpendapat bahwa bunga ini sulit diprediksi waktu pemekaranya secara pasti.

  1. Bermanfaat Sebagai Obat

Bunga wijaya kusuma juga dapat digunakan untuk bahan ramuan dalam mengobati dan menyembuhkan beberapa penyakit, ini karena bunga wijaya kusuma di percaya mengandung khasiat khusus yaitu mengandung asam sitrat. Dan pada bagian bunga wijaya kusuma juga mempunyai rasa manis dan bersifat netral.

Baca Juga  10 Jenis Tanaman Hias Gantung Paling Cantik

 

Itulah Fakta dari bunga wijaya kusuma, membahas tentang bunga wijaya kusuma sebagai obat  ada yang berpendapat bahwa bunga tersebut bisa mengobati beberapa penyakit.Bunga Wijaya Kusuma

Bunga Wijaya Kusuma dipercaya dapat mengobati: 

  1. Menetralkan pembekuan darah serta meredakan rasa sakit yang disebabkannya
  2. Menghilangkan jerawat
  3. Pendarahan
  4. Meredakan batuk
  5. Mengobati asma
  6. Mengobati luka abses
  7. Menghilangkan bisul
  8. Pencegah radang
  9. Tuberkolosis
  10. Muntah darah

Untuk menjadikan bunga wijaya sebagai obat tentu berbeda – beda penggunaanya, di sarankan agar anda memahami sebelum melakukan pengobatan dengan bunga wijaya kusuma.

Demikian sedikit informasi tentang bunga wijaya kusuma dari Kebun Maker, mulai dari mitos dan fakta serta manfaat untuk pengobatan menggunakan bunga ini. Semoga bermanfaat menambah informasi untuk anda, terima kasih.