7 Cara Termudah Beternak Lovebird Untuk Pemula

Lovebird dalam bahasa Indonesia berarti burung cinta, jika di amati bahwa sepasang burung ini akan duduk berdekatan dan terlihat saling menyayangi satu sama lain.

Burung ini hanya memiliki 1 kekasih seumur hidup, karena saking setia nya terhadap pasangan.

Lovebird ada berbagai jenis, warna yang sangat terkenal di dunia adalah lovebird biola, biola euwing, biola blue, parblue, blorok, batman, albino, violet, lutine, olive, cobalt, pastel, halfsider, sable head dan masih ada jenis lovebird warna lain nya, dan cara beternak lovebird hampir sama antar spesies nya.

Burung ini secara fisik memang mengagumkan, karena memiliki warna indah yang sedap dipandang. Sebagian besar warna dari beberapa spesies burung ini adalah hijau terang, meski ada beberapa yang berwarna biru, abu-abu atau pun kuning.

Warna bulu badan lovebird akan selalu berbeda dengan warna bulu kepala, inilah yang membuat lovebird mengagumkan karena kecerahan dan keindahan warna bulu pada burung.

Cara Beternak Lovebird

Ukuran tubuh lovebird relatif kecil, banyak orang yang tertarik pada burung ini karena kemolekan nya, sehingga banyak yang suka memelihara sepasang lovebird.

Lovebird

Kenapa memelihara sepasang? tentu saja karena ini burung cinta. Selain itu pemeliharaan lovebird bisa di bilang mudah, dan lovebird tahan pada semua cuaca.

Namun sebenar nya kondisi alam yang lebih cocok adalah pada lahan kering dan beriklim panas.

Beternak lovebird terbilang mudah, modal nya pun yang tidak terlalu banyak,jika anda berniat menjual ternak nya maka bisa mendapat keuntungan yang besar.

Agar warna dari burung lovebird bisa dipertahankan sekaligus di kembangkan saat beternak, ada beberapa cara beternak lovebird warna khusus yang juga bisa dilakukan.

  1. Kandang

  • Ukuran Kandang

Jika anda ingin beternak dengan sepasang lovebird saja maka siapkan kandang atau sangkar, dan sediakan tempat bertelur yang terbuat dari kayu dengan ukuran 20 cm x 20 cm x 25 cm yang biasa disebut dengan glodok.

Dan untuk beternak lovebird warna lebih dari sepasang perlu mempersiapkan kandang, biasa nya kandang di buat khusus ternak yaitu kandang yang berukuran besar dan memiliki sekat.

Perlu di siapkan juga serutan kayu, ranting kecil atau daun kering yang diletakkan di sekitar glodok agar lovebird nanti bisa menghias sarang nya sendiri.

  • Kebersihan Kandang

Saat beternak lovebird jenis apapun sangat penting untuk menjaga kebersihan kandang ternak, karena lovebird merupakan jenis burung yang sangat aktif sehingga aktivitas yang selalu bergerak membuat ekor dan juga bagian ujung sayap seringkali kotor.

Jika tidak segera diperhatikan, maka bulu burung bisa terlihat kusam dan mengurangi keindahan lovebird sekaligus memperburuk keturunan yang nanti akan dihasilkan.

Itulah kenapa dalam beternak lovebird ini sangat penting untuk menjaga kebersihan kandang secara rutin setiap hari.

  1. Indukan

  • Indukan Berkualitas

Untuk beternak lovebird pastikan anda memilih indukan lovebird yang berkualitas, sehingga nanti nya akan menghasilkan anakan ternak yang berkualitas baik.

Pilihlah lovebird jantan yang lebih tua dari betina, sehingga saat perkawinan terjadi, lovebird jantan bisa lebih mendominasi, sekaligus memastikan kesehatan pasangan dan anakan yang akan dilahirkan, serta juga bisa mengajari lovebird agar bersuara panjang. Hal yang perlu di ketahui :

  1. Pastikan pasangan lovebird tidak berasal dari keturunan sama.
  2. Jangan lakukan pembiakan silang, karena bisa menghasilkan lovebird hibrid yang tidak masuk dalam golongan spesies lovebird apapun.
  3. Jangan lakukan perkawinan lebih dari 2 kali, sebab bisa membuat lovebird sakit parah.
  4. Perhatikan kelamin, dengan cara memeriksa bulu dan harus dilakukan hati-hati karena ada spesies lovebird androgini, yaitu lovebird yang sulit ditentukan kelamin nya.
  • Indukan Sehat

Pasangan indukan lovebird harus yang sehat karena ini sangat penting,  supaya nanti nya akan menghasilkan anakan berkualitas, sekaligus memiliki warna bulu yang bagus dan indah.

Beberapa hal yang harus dimiliki sepasang  indukan lovebird:

  • Bentuk tubuh lovebird bulat dan bisa berjalan dengan baik.
  • Bagian bokong dan punggung lovebird tampak lebar, dan dada yang membusung sekaligus bulat.
  • Ekor nya tajam dan ringkas serta kepala yang bulat, lebar dan besar.
  • Bentuk muka lovebird lebar dan menarik, serta mata besar, bundar dan tajam.
  • Paruh nya berbentuk besar dan bersih tanpa parut.
  • Bulu lovebird terlihat rapi, warna intens sesuai spesies dan terang serta sempurna.
  • Kaki nya terlihat besar, bersih dan kuat serta cakar lurus tanpa parut.
  1. Proses Kawin

  • Karantina Sepasang Lovebird

Jika anda baru membeli lovebird dalam kawanan untuk dikawinkan, maka sebaik nya karantina pasangan tersebut terlebih dahulu selama beberapa hari, ini dilakukan untuk memastikan kesehatan kedua nya sekaligus mencegah betina terlalu teritorial dan menolak lovebird jantan.

Perlu di ingat karantina ini hanya dibutuhkan saat anda ingin mengawinkan lovebird yang berasal dari luar kawanan.

  • Amati Tanda Tanda Kawin

Lovebird merupakan burung yang aktif dalam bereproduksi, sehingga ada banyak tanda – tanda akan kawin yang bisa terlihat, seperti tampak mesra, agresif, cemburu atau berperilaku hormonal.

  • Lovebird Siap Kawin

Pada umumnya lovebird sudah siap untuk di kawinkan setidak nya usia 1 tahun, ciri – ciri lovebird siap kawin adalah :

  1. Lovebird betina sudah mulai merentangkan bagian sayap, dan ekor yang diangkat ke atas.
  2. Lovebird jantan terlihat sering menggosokan bokong pada sangkar, pertanda siap kawin.

Jika tanda ini sudah terlihat, maka segera kawinkan lovebird sebab jika terlalu lama di kawinkan, maka di khawatirkan membuat lovebird sulit untuk dikawinkan.

Dan saat mengawinkan lovebird pastikan kondisi kedua nya benar – benar sehat, jangan mengawinkan saat kondisi burung sakit.

Halaman Selanjutnya =>