7 Cara Termudah Beternak Lovebird Untuk Pemula

  1. Makanan

Memberi makan lovebird terbilang mudah, ini berbeda dengan makanan burung hantu yang saat ini juga semakin di gemari untuk di pelihara, karena lovebird lebih sering memakan tanaman biji – bijian, namun tetap memperhatikan kandungan makanan yang di butuhkan saat beternak ini.

  • Berikan Nutrisi Cukup

Biasanya lovebird yang sudah berhasil kawin sangat membutuhkan makanan yang bernutrisi tinggi, ini untuk mengurangi resiko stress yang dialami pada tubuh.

Lebih baik hindari memberikan pakan sepasang lovebird dengan biji bijian, karena kandungan nutrisi dalam makanan tersebut kurang cukup baik bagi pasangan lovebird ataupun anakan.

Contoh makanan yang baik untuk lovebird adalah:

  1. Sayuran beku atau sayuran hijau, biskuit, roti bakar atau sereal
  2. Makaroni bentuk siku yang telah dimasak
  3. Rumput laut berbentuk butiran
  4. Beras coklat utuh
  5. Tulang sotong
  6. Jelai mutiara
  7. Buah apel
  • Berikan Extra Food Dengan Teratur

Lovebird juga harus diberikan suplemen khusus agar nutrisi yang bisa didapatkan semakin seimbang selain dari pakan utama nya, suplemen diberikan untuk merawat bulu nya agar tetap terawat.

Baca Juga  12 Cara Ternak Ayam Bangkok Paling Mudah

Cara Beternak Lovebird

Jika lovebird kekurangan nutrisi dan vitamin maka bulu bisa rontok, dan pakan yang berupa protein juga jangan terlalu banyak, karena juga bisa menyebabkan bulu kusam dan rontok,  begitu juga dengan makanan berlemak yang tidak boleh diberikan secara berlebihan.

  • Tambahkan Buah dan Sayur

Memberi pakan aneka jenis buah dan sayur sangat penting dilakukan dalam ternak lovebird warna. Makanan pelet dan campuran biji bijian memang harus diberikan setiap hari.

Namun nutrisi lovebird juga harus seimbang dengan cara diberikan buah dan sayuran yang sudah dipotong kecil – kecil.

Buah terbaik yang bisa diberikan adalah anggur, apel aneka jenis berry, mangga dan pepaya.

Sedangkan sayuran terbaik yang bisa diberikan pada lovebird adalah ubi manis, wortel, timun jepang atau zucchini, brokoli, labu dan juga sayuran berdaun gelap seperti selada atau jenis kubis kubisan.

  1. Perawatan

  • Memandikan Lovebird

Dalam perawatan lovebird warna, harus selalu memandikan nya secara teratur yaitu setiap pagi hari, ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari parasit jamur, kutu dan juga kotoran yang bisa membuat bulu burung terlihat kusam dan rusak.

Baca Juga  7 Cara Ternak Ayam Petelur Paling Mudah

Ada yang memandikan lovebird menggunakan shampoo khusus burung, untuk menghindari kerontokan bulu. Dan ada yang menggunakan baby oil untuk membersihkan kedua kaki lovebird dari kerak atau pun kotoran agar tidak sampai mengenai bulu paha.

  • Jemur Lovebird

Setelah di mandikan maka burung lovebird ini harus segera di jemur dengan durasi yang sesuai, menjemur lovebird hanya dilakukan dengan cara di angin -anginkan saja di teras atau bawah pohon rindang serta tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

Penjemuran cukup dilakukan selama 10 sampai 15 menit, agar zat lilin yang ada pada bulu lovebird tetap terjaga dengan baik.

Lovebird Warna

Hal penting yang harus anda perhatikan adalah jangan menjemur lovebird dalam keadaan basah kuyup, namun dilakukan ketika sudah setengah kering.

Penjemuran ini harus di lakukan dengan benar supaya tidak menyebabkan bulu burung lovebird bertambah kusam, keriting dan juga rusak.

Halaman Selanjutnya =>