Cara Ternak Lovebird

Lovebird dalam bahasa Indonesia berarti burung cinta, jika di amati bahwa sepasang burung ini akan duduk berdekatan dan terlihat saling menyayangi satu sama lain.

Burung ini hanya memiliki 1 kekasih seumur hidup, karena saking setia nya terhadap pasangan.

Lovebird ada berbagai jenis, warna yang sangat terkenal di dunia adalah lovebird biola, biola euwing, biola blue, parblue, blorok, batman, albino, violet, lutine, olive, cobalt, pastel, halfsider, sable head dan masih ada jenis lovebird warna lain nya, dan cara beternak lovebird hampir sama antar spesies nya.

Burung ini secara fisik memang mengagumkan, karena memiliki warna indah yang sedap dipandang. Sebagian besar warna dari beberapa spesies burung ini adalah hijau terang, meski ada beberapa yang berwarna biru, abu-abu atau pun kuning.

Warna bulu badan lovebird akan selalu berbeda dengan warna bulu kepala, inilah yang membuat lovebird mengagumkan karena kecerahan dan keindahan warna bulu pada burung.

Lovebird

Cara Beternak Lovebird

Ukuran tubuh lovebird relatif kecil, banyak orang yang tertarik pada burung ini karena kemolekan nya, sehingga banyak yang suka memelihara sepasang lovebird.

Kenapa memelihara sepasang? tentu saja karena ini burung cinta. Selain itu pemeliharaan lovebird bisa di bilang mudah, dan lovebird tahan pada semua cuaca.

Namun sebenar nya kondisi alam yang lebih cocok adalah pada lahan kering dan beriklim panas.

Beternak lovebird terbilang mudah, modal nya pun yang tidak terlalu banyak,jika anda berniat menjual ternak nya maka bisa mendapat keuntungan yang besar.

Agar warna dari burung lovebird bisa dipertahankan sekaligus di kembangkan saat beternak, ada beberapa cara beternak lovebird warna khusus yang juga bisa dilakukan.

  1. Kandang

  • Ukuran Kandang

Jika anda ingin beternak dengan sepasang lovebird saja maka siapkan kandang atau sangkar, dan sediakan tempat bertelur yang terbuat dari kayu dengan ukuran 20 cm x 20 cm x 25 cm yang biasa disebut dengan glodok.

Dan untuk beternak lovebird warna lebih dari sepasang perlu mempersiapkan kandang, biasa nya kandang di buat khusus ternak yaitu kandang yang berukuran besar dan memiliki sekat.

Perlu di siapkan juga serutan kayu, ranting kecil atau daun kering yang diletakkan di sekitar glodok agar lovebird nanti bisa menghias sarang nya sendiri.

  • Kebersihan Kandang

Saat beternak lovebird jenis apapun sangat penting untuk menjaga kebersihan kandang ternak, karena lovebird merupakan jenis burung yang sangat aktif sehingga aktivitas yang selalu bergerak membuat ekor dan juga bagian ujung sayap seringkali kotor.

Jika tidak segera diperhatikan, maka bulu burung bisa terlihat kusam dan mengurangi keindahan lovebird sekaligus memperburuk keturunan yang nanti akan dihasilkan.

Itulah kenapa dalam beternak lovebird ini sangat penting untuk menjaga kebersihan kandang secara rutin setiap hari.

  1. Indukan

  • Indukan Berkualitas

Untuk beternak lovebird pastikan anda memilih indukan lovebird yang berkualitas, sehingga nanti nya akan menghasilkan anakan ternak yang berkualitas baik.

Pilihlah lovebird jantan yang lebih tua dari betina, sehingga saat perkawinan terjadi, lovebird jantan bisa lebih mendominasi, sekaligus memastikan kesehatan pasangan dan anakan yang akan dilahirkan, serta juga bisa mengajari lovebird agar bersuara panjang. Hal yang perlu di ketahui :

  1. Pastikan pasangan lovebird tidak berasal dari keturunan sama.
  2. Jangan lakukan pembiakan silang, karena bisa menghasilkan lovebird hibrid yang tidak masuk dalam golongan spesies lovebird apapun.
  3. Jangan lakukan perkawinan lebih dari 2 kali, sebab bisa membuat lovebird sakit parah.
  4. Perhatikan kelamin, dengan cara memeriksa bulu dan harus dilakukan hati-hati karena ada spesies lovebird androgini, yaitu lovebird yang sulit ditentukan kelamin nya.
  • Indukan Sehat

Pasangan indukan lovebird harus yang sehat karena ini sangat penting,  supaya nanti nya akan menghasilkan anakan berkualitas, sekaligus memiliki warna bulu yang bagus dan indah.

Beberapa hal yang harus dimiliki sepasang  indukan lovebird:

  • Bentuk tubuh lovebird bulat dan bisa berjalan dengan baik.
  • Bagian bokong dan punggung lovebird tampak lebar, dan dada yang membusung sekaligus bulat.
  • Ekor nya tajam dan ringkas serta kepala yang bulat, lebar dan besar.
  • Bentuk muka lovebird lebar dan menarik, serta mata besar, bundar dan tajam.
  • Paruh nya berbentuk besar dan bersih tanpa parut.
  • Bulu lovebird terlihat rapi, warna intens sesuai spesies dan terang serta sempurna.
  • Kaki nya terlihat besar, bersih dan kuat serta cakar lurus tanpa parut.
  1. Proses Kawin

  • Karantina Sepasang Lovebird

Jika anda baru membeli lovebird dalam kawanan untuk dikawinkan, maka sebaik nya karantina pasangan tersebut terlebih dahulu selama beberapa hari, ini dilakukan untuk memastikan kesehatan kedua nya sekaligus mencegah betina terlalu teritorial dan menolak lovebird jantan.

Perlu di ingat karantina ini hanya dibutuhkan saat anda ingin mengawinkan lovebird yang berasal dari luar kawanan.

  • Amati Tanda Tanda Kawin

Lovebird merupakan burung yang aktif dalam bereproduksi, sehingga ada banyak tanda – tanda akan kawin yang bisa terlihat, seperti tampak mesra, agresif, cemburu atau berperilaku hormonal.

  • Lovebird Siap Kawin

Pada umumnya lovebird sudah siap untuk di kawinkan setidak nya usia 1 tahun, ciri – ciri lovebird siap kawin adalah :

  1. Lovebird betina sudah mulai merentangkan bagian sayap, dan ekor yang diangkat ke atas.
  2. Lovebird jantan terlihat sering menggosokan bokong pada sangkar, pertanda siap kawin.

Jika tanda ini sudah terlihat, maka segera kawinkan lovebird sebab jika terlalu lama di kawinkan, maka di khawatirkan membuat lovebird sulit untuk dikawinkan.

Dan saat mengawinkan lovebird pastikan kondisi kedua nya benar – benar sehat, jangan mengawinkan saat kondisi burung sakit.

  1. Makanan

Memberi makan lovebird terbilang mudah, ini berbeda dengan makanan burung hantu yang saat ini juga semakin di gemari untuk di pelihara, karena lovebird lebih sering memakan tanaman biji – bijian, namun tetap memperhatikan kandungan makanan yang di butuhkan saat beternak ini.

  • Berikan Nutrisi Cukup

Biasanya lovebird yang sudah berhasil kawin sangat membutuhkan makanan yang bernutrisi tinggi, ini untuk mengurangi resiko stress yang dialami pada tubuh.

Lebih baik hindari memberikan pakan sepasang lovebird dengan biji bijian, karena kandungan nutrisi dalam makanan tersebut kurang cukup baik bagi pasangan lovebird ataupun anakan.

Contoh makanan yang baik untuk lovebird adalah:

  1. Sayuran beku atau sayuran hijau, biskuit, roti bakar atau sereal
  2. Makaroni bentuk siku yang telah dimasak
  3. Rumput laut berbentuk butiran
  4. Beras coklat utuh
  5. Tulang sotong
  6. Jelai mutiara
  7. Buah apel
  • Berikan Extra Food Dengan Teratur

Cara Beternak Lovebird

Lovebird juga harus diberikan suplemen khusus agar nutrisi yang bisa didapatkan semakin seimbang selain dari pakan utama nya, suplemen diberikan untuk merawat bulu nya agar tetap terawat.

Jika lovebird kekurangan nutrisi dan vitamin maka bulu bisa rontok, dan pakan yang berupa protein juga jangan terlalu banyak, karena juga bisa menyebabkan bulu kusam dan rontok,  begitu juga dengan makanan berlemak yang tidak boleh diberikan secara berlebihan.

  • Tambahkan Buah dan Sayur

Memberi pakan aneka jenis buah dan sayur sangat penting dilakukan dalam ternak lovebird warna. Makanan pelet dan campuran biji bijian memang harus diberikan setiap hari.

Namun nutrisi lovebird juga harus seimbang dengan cara diberikan buah dan sayuran yang sudah dipotong kecil – kecil.

Buah terbaik yang bisa diberikan adalah anggur, apel aneka jenis berry, mangga dan pepaya.

Sedangkan sayuran terbaik yang bisa diberikan pada lovebird adalah ubi manis, wortel, timun jepang atau zucchini, brokoli, labu dan juga sayuran berdaun gelap seperti selada atau jenis kubis kubisan.

  1. Perawatan

  • Memandikan Lovebird

Dalam perawatan lovebird warna, harus selalu memandikan nya secara teratur yaitu setiap pagi hari, ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari parasit jamur, kutu dan juga kotoran yang bisa membuat bulu burung terlihat kusam dan rusak.

Ada yang memandikan lovebird menggunakan shampoo khusus burung, untuk menghindari kerontokan bulu. Dan ada yang menggunakan baby oil untuk membersihkan kedua kaki lovebird dari kerak atau pun kotoran agar tidak sampai mengenai bulu paha.

  • Jemur Lovebird

Lovebird Warna

Setelah di mandikan maka burung lovebird ini harus segera di jemur dengan durasi yang sesuai, menjemur lovebird hanya dilakukan dengan cara di angin -anginkan saja di teras atau bawah pohon rindang serta tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

Penjemuran cukup dilakukan selama 10 sampai 15 menit, agar zat lilin yang ada pada bulu lovebird tetap terjaga dengan baik.

Hal penting yang harus anda perhatikan adalah jangan menjemur lovebird dalam keadaan basah kuyup, namun dilakukan ketika sudah setengah kering.

Penjemuran ini harus di lakukan dengan benar supaya tidak menyebabkan bulu burung lovebird bertambah kusam, keriting dan juga rusak.

  1. Proses Bertelur

  • Periksa Telur

Lovbird betina bisa bertelur pertama kali nya di hari ke- 10 setelah melakukan perkawinan dan akan mengerami telur tersebut. Anda bisa memastikan ada nya telur lovebird di dalam kandang dengan cara memeriksa secara langsung.

Pada umum nya lovebird betina akan menghasilkan bertelur pada malam hari sekitar 5 sampai 6 butir telur. Biarkan induk mengerami telur nya sekitar 25 hari atau setidaknya 10 hari tanpa gangguan.

Selama lovebird betina mengerami lovebird nanti nya akan bereksresi, minum dan juga sedikit makan, sehingga lovebird jantan umum nya akan menyuapi betina nya ketika sedang mengerami telurnya.

  • Tunggu Hingga Telur Menetas

Setelah dierami sekitar 21 sampai 26 hari, maka telur burung lovebird akan menetas. Pastikan anda tidak memegang telur atau pun anakan lovebird tersebut selama 6 hingga 8 minggu pertama, sebab induk akan menyuapi anak – anak nya selama itu, dengan pakan yang sudah anda sediakan.

Apabila ada telur yang tidak menetas atau ada anak lovebird mati, maka harus segera dikeluarkan dari kandang.

  1. Jaga Kesehatan Lovebird

Beternak burung lovebird juga harus memeriksa kesehatan nya secara teratur, jika lovebird terlihat tanda sakit atau terlihat ketakutan maupun stress maka segera atasi, konsultasikan pada ahli nya.

Agar tidak terjadi hal yang tidak anda inginkan. Biasa nya ini terjadi karena pengaruh lingkungan, dan anda bisa segera mencari solusi nya.

Itulah pembahasan mengenai cara beternak lovebird, semoga informasi ini dapat membantu anda apabila ingin memelihara atau beternak lovebird.

Info lain nya ada di Kebun Maker yang perlu anda simak. Terima kasih.