Cara Paling Mudah Membuat Pupuk Organik Cair

Ember dan Tong

Fungsi selang untuk menstabilkan suhu adonan pupuk organik cair pada tong dengan membuangnya ke botol yang berisi air melalui selang, tanpa ada udara luar yang masuk kedalam tong plastik.

Biarkan proses fermentasi sekitar 10 hari, setelah itu lihat pupuk organik cair nya  apakah sudah matang? Tanda apabila sudah matang yaitu bau dari pupuk menyerupai aroma fermentasi tape, dan apabila belum matang tutup kembali tong seperti sebelumnya.

Tidak ada acuan waktu untuk berapa lama proses fermentasi menjadi pupuk organik, namun apabila aroma pupuk belum menyerupai tape dalam waktu lebih dari satu bulan berarti pembuatan pupuk organik cair telah gagal.

Walaupun kemungkinan gagal sangat jarang terjadi, semua tergantung pada komposisi bahan dan suhu udara disekitar tempat fermentasi.

Proses Penyaringan Pupuk :

  • Setelah proses fermentasi bahan – bahan untuk membuat pupuk organik cair selesai, selanjutnya yang harus di lakukan adalah memisahkan antara cairan dengan ampas nya.
  • Cara memisahkan adalah dengan menyaring menggunakan kain tipis, bisa dengan cara yang lain yang penting cairan dengan ampas nya terpisah.
  • Setelah cairan dan ampas di pisahkan masukan pupuk organik cair ke dalam jerigen lalu tutup rapat, agar sifat dari pupuk organik cair tidak berubah.
  • Dan ampas dari sisa pembuatan pupuk organik cair bisa di gunakan untuk pupuk organik padat.

Cara Penggunaan Pupuk Organik cair:

  • Penggunaan pupuk organik cair perbandingan nya adalah 20 ml pupuk organik cair dicampur dengan 5 liter air.
  • Penggunaan dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanaman, terkadang ada tanaman tertentu yang memerlukan dosis yang lebih.
  • Usahakan jangan berlebihan dalam penggunaan pupuk organik cair, karena bisa membahayakan tanaman.
  • Pupuk organik cair diaplikasikan pada daun, bunga atau batang dengan jarak waktu satu minggu satu kali, saat musim hujan bisa tiga hari sekali, dosis penyemprotan ini harus disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan disemprot.
  • Sebaiknya untuk membuat pupuk perangsang daun gunakan bahan organik dari jenis dedaunan, dan untuk perangsang buah gunakan bahan organik dari sisa limbah buah seperti kulit buah-buahan.

Karakter dan Sifat Pupuk Organik Cair :

  • Menjadi Pupuk Pelengkap

Pupuk organik cair menjadi pupuk pelengkap dari pupuk organik padat dalam ber cocok tanam, karena pupuk organik padat bisa tersimpan lebih lama dalam media tanam dan bisa menyediakan unsur hara untuk jangka panjang di banding pupuk cair yang lebih rentan terbawa erosi. Namun pupuk organik cair lebih mudah dan cepat diserap oleh tanaman.

  • Efektif Pada Tanaman Langsung

Untuk pupuk cair lebih efektif dan efesien apabila diaplikasikan ke tanaman langsung, seperti daun, bunga dan batang dibandingkan ke media tanam, kecuali pada metode hidroponik.

Pupuk organik cair dapat berfungsi untuk perangsang pertumbuhan tanaman, terutama saat tanaman mulai bertunas atau saat perubahan dari fase vegetatif ke generatif untuk merangsang pertumbuhan buah dan biji.

Daun dan batang dapat menyerap pupuk cair secara langsung yang diberikan melalui stomata atau pori-pori yang ada pada permukaan tanaman.

  • Memerlukan Takaran yang Tepat

Penggunaan pupuk organik cair jangan sampai berlebihan, karena bisa membahayakan tanaman yaitu bisa mengundang hama dan penyakit, oleh karena itu harus berhati – hati dan perlu memperhatikan dalam memberi pupuk organik cair.

Itulah sifat dan karakter pupuk organik cair, selain itu pupuk organik cair juga mempunyai beberapa manfaat yang yang perlu anda ketahui.

Manfaat Pupuk Organik Cair:

  • Penggunakan pada Tanah :

  1. Tanah akan menjadi subur
  2. Menjaga persediaan unsur hara pada tanah
  3. Mengurangi polusi pada tanaman
  4. Memperbaiki dan meningkatkan kualitas kandungan organik di dalam tanah, sehingga tanah atau lahan pertanian menjadi lebih remah, gembur dan tidak liat bahkan keras.
  • Penggunaan pada Tanaman :

  1. Tanaman menjadi sehat
  2. Merangsang pertumbungan produksi
  3. Meningkatkan pembentukan bunga dan bakal buah
  4. Mengurangi gugur nya daun, bunga dan bakal buah

Demikian informasi dari Kebun Maker yang membahas tentang pupuk organik cair, semoga bermanfaat. Terima kasih.