no comments

7 Cara Menanam Anggrek Agar Cepat Berbunga

Tanaman dengan nama latin Orchidaceae ini memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Memiliki pesona yang  sangat cantik, membuat tanaman ini menjadi salah satu tanaman hias yang memang banyak di idolakan oleh para ibu-ibu. Apalagi cara menanam dan merawat tanaman anggrek terbilang sangat mudah.

Seperti yang sudah di ketahui kalau Indonesia memiliki iklim tropis di mana iklim tersebut menjadi salah satu iklim yang memang sangat dibutuhkan oleh tanaman anggrek. Nah hal itu tentu membuat kita merasa sangat beruntung, apalagi bagi anda yang memang sangat gemar berkebun dan menanam tanaman atau tumbuhan yang membuat rumah kita nampak lebih cantik karena adanya tanaman hias.

Akan tetapi, walaupun cuaca di Indonesia dapat menjadi faktor tanaman Anggrek dapat hidup dengan baik, masih saja ada orang yang belum bisa menanam anggrek dengan baik. Hal itu bisa di buktikan kalau tanaman Anggrek yang di tanam tidak tumbuh dengan sempurna sehingga pesona cantik dari tanaman ini tidak dapat terlihat.

Nah bagi anda yang ingin menanam tanaman Anggrek sendiri di rumah ada baiknya anda menyimak artikel ini. Karena khusus pada artikel ini Kebun Maker akan memberikan cara menanam tanaman Anggrek dengan benar agar anda tidak kecewa karena tanaman Anggrek anda mati karena salah menanamnya.

Cara Menanam Bunga Anggrek

1. Siapkan Bibit Bunga Anggrek

Bibit Bunga Anggrek

Sama seperti menanam tanaman lain nya, sebelum anda menyiapkan segala sesuatu yang di butuhkan untuk menanam tanaman Anggrek. Anda haru menyiapkan bibit Anggrek terlebih dahulu.

Kita bisa mendapatkan bibit ini di toko bunga, mengapa kita merekomendasikan anda membeli saja. Karena di toko Bunga biasa nya terdapat berbagai macam bibit Anggrek, hal itu tentu membuat kita merasa beruntung karena dapat memilih jenis Anggrek mana yang kita ingin tanam.

Akan tetapi jika anda masih pemula dan bingung ingin menanam Anggrek yang mana?, Kita sangat merekomendasikan anda menanam Anggrek Bulan atau Dendrobium. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena Anggrek Bulan dapat hidup dengan sangat baik. Terlebih lagi bagi anda yang sangat sibuk dan tidak bisa merawat tanaman ini setiap hari.

Nah jika anda sudah memutuskan ingin menanam jenis tanaman Anggrek, Ada baik nya anda mengetahui mengenai ciri-ciri jenis bibit Anggrek yang bagus untuk anda tanam, di antaranya:

  • Kondisi  bibit sehat dan segar
  • Daun bibit Anggrek tidak layu
  • Ukuran daun bibit Anggrek panjang dan lebar
  • Jangan pilih bibit yang akar nya keluar pot agar tidak membusuk saat di tanam

2.Siapkan Media Tanam dan Bahan

 Media Tanam Bunga Anggrek

Untuk bahannya sendiri hampir sama dengan bahan yang di butuhkan untuk menanam tanaman lain nya. Akan tetapi anda harus mengetahui mengenai takaran antara pupuk dan tanah, sehingga unsur hara yang di butuhkan tanaman ini dapat tercukupi supaya dapat tumbuh dengan subur.

Untuk takaran nya sendiri 3:5 yaitu 3 untuk pupuk kompos dan 5 untuk tanahnya, nah di bawah ini adalah daftar bahan yang harus anda siapkan:

  • Arang Kayu
  • Pot atau Plastik ramah lingkungan
  • Pupuk Kompos
  • Bibit Anggrek
  • Tanah (Sebaiknya pilih yang banyak unsur haranya)
  • Insektisida
  • Air

3. Aklimatisasi Atau Penanaman

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah mengetahui mengenai proses aklimatisasi ini. Proses ini adalah proses perpindahan bibit Anggrek ke dalam media tanam yang lebih besar seperti pot atau plastik yang ramah lingkungan. Nah jika anda ingin mengetahui mengenai cara perpindahan bibit bunga ke media tanam yang lebih besar adalah sebagai berikut:

  • Siapkan bibit bunga
  • Siapkan pupuk dan tanah
  • Campur pupuk dan tanah menggunakan Air
  • Jika sudah taruh di ke dalam wadah tanamnya
  • Tambahkan tanah di atas campuran tanah dan pupuknya dengan takaran yang cukup banyak
  • Jika sudah maka pindahkan bibit Anggrek ke dalam wadah tersebut
  • siapkan pupuk dan arang kayu berukuran kecil di atas tanah
  • Kemudian siram dengan Air

4.Penyiraman Air

Penyiraman Anggrek

Untuk perawatan tanaman Anggrek memang sangat mudah, hampir sama dengan tanaman hias lainnya. Yaitu cukup siram Air setiap pagi dan sore hari secukupnya. Akan tetapi ada baiknya anda meletakkan tanaman ini di area yang terkena sinar matahari dengan cukup baik. Nah jika saat musim hujan, anda sebaik nya mengurangi dari jumlah Air yang masuk ke tanaman Anggrek, karena tanaman ini akan membusuk jika kebanyakan Air.

5.Pemupukan

Pemupukan Anggrek

Untuk jenis pupuknya tidak menggunakan pupuk kompos ya, karena pupuk kompos sudah cukup takarannya saat di gunakan untuk menanam tanaman ini. Untuk jenis pupuknya sendiri kita harus menggunakan pupuk yang memiliki kandungan Nitrogen yang cukup banyak bisa menggunakan pupuk Urea, Sedangkan cara memberi pupuk nya sendiri juga cukup mudah yaitu larutkan pupuk ke dalam air kemudian semprot di area tanah, batang, dan daun Anggrek.

6.Mencegah Akar Busuk dan Hama

Mencegah Hama Anggrek

Nah hal ini lah yang kerap menghantui para pecinta anggrek, karena jika anda asal-asal an dalam menanam dan merawat tanaman anggrek bisa di pastikan tanaman yang anda tanam tidak akan hidup dengan lama karena terserang hama. Akan tetapi ada satu hal yang membuat tanaman Anggrek yang kita tanam cepat mati, yaitu membiarkan tanaman ini terlalu banyak di siram dengan Air.

Biasanya kejadian seperti ini karena kita tidak menjaga tanaman Anggrek kita dari air hujan yang memang datang setiap saat. Ada baik nya jika sedang musim hujan, anda memindahkan tanaman Anggrek ke teras atau ke area yang tertutup. Dan lakukan penyiraman secukupnya agar akarnya tidak cepat busuk.

Nah untuk mencegah hama nya sendiri biasanya orang yang gemar berkebun tentu sudah mengetahui mengenai jenis obat apa yang di butuhkan agar tanaman hias kita dapat tumbuh dengan subur. Untuk jenis obatnya sendiri yaitu Bakterisida atau Fungisida, yang kita semprot maximal 3 kali seminggu atau semprot secukupnya.

7Anggrek Siap Berbunga

Bunga Anggrek

Mungkin hal yang satu inilah yang memang sangat di sukai oleh orang yang memang gemar berkebun. Seperti yang sudah di ketahui oleh banyak orang, kalau bunga dari tanaman Anggrek ini memang terlihat sangat cantik. Akan lebih cantik lagi jika tanaman Anggrek kita menghasilkan bunga dengan lebat.

Biasa nya warna dari bunga Anggrek adalah warna merah atau ungu dengan perpaduan warna putih yang cerah. Bunga Anggrek juga bisa anda jadikan peluang Bisnis. Karena bunga ini memang memiliki peminat yang sangat banyak di Indonesia. Selain itu bibit dari bunga Anggrek juga dapat anda jual ke toko Anggrek karena bibit Anggrek yang bagus banyak di cari oleh orang.

Nah itulah pembahasan kami mengenai cara menanam Anggrek dengan benar. Kami merasa sangat senang apabila anda merasa terbantu dengan adanya artikel ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kali ini.  Terima kasih.