6 Cara Mudah Menanam Anggur Agar Tumbuh Subur

Anggur adalah buah tanaman yang hidup dengan cara merambat yang bisa menghasilkan buah berbentuk bulat dengan ukuran kecil secara menggerombol.

Buah anggur memiliki rasa yang manis dan segar. Bisa di konsumsi secara langsung atau bisa di olah menjadi sajian makanan lain nya, mengkonsumsi buah anggur  sangat bagus untuk kesehatan manusia karena buah anggur mengandung Vitamin.

Barbarossa Grape

Buah anggur memiliki kandungan senyawa yang dikenal dengan resveratrol dan polifenol aktif dalam metabolisme tubuh yang mampu mencegah pembentukan sel kanker.

Membahas tentang kandungan buah anggur, berikut ini manfaat mengkonsumsi buah anggur untuk kesehatan.

Langkah Menanam Anggur :

  1. Pemilihan Bibit Tanaman

Untuk budidaya tanaman anggur sebaiknya menggunakan bibit yang berkualitas super, agar hasil panen buah tanaman anggur bisa maksimal, selain itu tanaman tidak mudah terserang hama penyakit.

Untuk menanam tanaman anggur lebih baik menggunakan bibit stek tananam anggur, karena kemungkinan sifat tanaman akan seperti induknya.

Menyiapkan bibit tanaman yang baik:

  • Ambil batang tanaman anggur indukan dengan panjang antara 25 – 30 cm
  • Usahakan ukuran batang steak berdiameter sekitar 1 cm
  • Kulit batang berwarna coklat dan bagian dalam kulit berwarna hijau, tidak ada bercak hitam serta memiliki kandungan air (Mengembun)
  • Tunas yang tumbuh dari batang steak nampak padat dan besar serta sehat.
  1. Menyemai Bibit Tanaman

Jika batang tanaman anggur untuk di steak sudah di dapatkan, selanjutnya batang tanaman di semai.

Berikut langkah penyemaian:

  • Bibit di semai dengan menggunakan polybag
  • Media semai menggunakan campuran tanah, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan komposisi 1:1:1
  • Setelah batang steak di tanam pada polybag dengan media tanam tadi, perlu merawat calon bibit tanaman, dengan cara menyiram dengan air secukupnya setiap pagi dan sore hari, usahakan air siraman tidak menggenang di polybag.
  • Ketika tanaman berusia 2 bulan, biasanya akan tumbuh tunas-tunas baru dan banyak tumbuh akar pada tanaman.
  1. Menyiapkan Lahan Tanaman

Setelah di semai selama sekitar 2 bulan dan batang tanaman sudah tumbuh tunas selanjut nya menyiapkan lahan untuk media tanam bibit tanaman anggur.

Lahan tanam anggur bisa menggunakan lahan tanah langsung, bisa juga dengan wadah semacam polybag atau karung dengan ukuran besar.

Langkah menyiapkan lahan tanaman anggur yang baik:

  • Menggemburkan lahan yang akan digunakan dengan cara mencangkul atau membajak nya, sekaligus untuk menghilangkan tanaman yang bisa mengganggu seperti gulma atau rumput liar di lahan tanam.
  • Jika tanah kurang dari 5 pH (bersifat masam), di sarankan melakukan pengapuran dengan menggunakan dolomit.
  • Buatlah beberapa bedengan pada lahan tanam dengan ukuran tinggi 50 cm dan lebar 150 cm dengan panjang disesuaikan pada luas lahan yang di tanami.
  • Jarak antar bedengan sekitar 100 cm agar bisa digunakan sebagai saluran air ketika hujan.
  • Jika bedengan selesai dibuat selanjutnya membuat lubang tanam dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm
  • Setelah itu biarkan lahan tanam sekitar 2 minggu agar terkena sinar matahari
  • Selanjutnya menyiapkan media tanam pada bedengan dengan cara mengisi lubang tanam dengan campuran pupuk kandang, tanah dan pasir dengan dosis 2:1:1
  1. Menanam Bibit Anggur

Setelah bibit anggur berusia sekitar 2 bulan pada lahan semai dan tumbuh daun serta akar pada tanaman, saatnya memindahkan bibit tanaman pada lahan yang sudah di siapkan sebelumnya. Sebaiknya menanam tanaman anggur di mulai saat musim kemarau.

Caranya masukan bibit anggur pada lubang media tanam, lalu tutup kembali dengan tanah sebatas pangkal batang tanaman anggur tersebut.

Kemudian membuat para-para degan ketinggian 2 meter dari tanah, yang berfungsi untuk media rambat tanaman anggur, para – para ini bisa di buat dengan menggunakan bambu, kayu atau yang lain nya.

Halaman Selanjutnya ->