no comments

Manfaat dan Jenis Buah Anggur serta Cara Menanamnya

Buah Anggur

Cara menanam anggur saat ini terbilang mudah, karena sekarang sudah bayak yang menemukan cara efektif budidaya anggur.  Ini sudah di buktikan di beberapa daerah di Indonesia, apakah anda berniat juga untuk menanam atau budidaya buah anggur? Sebelum Kebun Maker membahas tentang cara menanamnya, kita simak dulu mengenai tanaman buah anggur.

Anggur adalah buah  tanaman yang hidup dengan cara merambat yang bisa menghasilkan buah berbentuk bulat dengan ukuran  kecil secara menggerombol, buah anggur memiliki rasa yang manis dan segar. Bisa di konsumsi secara langsung atau bisa di olah menjadi sajian makanan lainya, mengkonsumsi buah anggur  sangat bagus untuk kesehatan manusia karena buah anggur mengandung Vitamin.

Buah anggur memiliki kandungan senyawa yang dikenal dengan resveratrol dan polifenol aktif dalam metabolisme tubuh yang mampu mencegah pembentukan sel kanker. Membahas tentang kandungan buah anggur, berikut ini manfaat mengkonsumsi buah anggur untuk kesehatan.

Buah Anggur

Manfaat Anggur Untuk Kesehatan:

  1. Mencegah Katarak

Jus Anggur

Buah Anggur mengandung Flavonoid sehingga bisa menjaga mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, misalnya katarak.

  1. Mencegah Kanker Payudara

Buah Anggur

Mengkonsumsi jus anggur secara rutin dapat menurunkan resiko tubuh dari terkena kanker payudara.

  1. Mencegah Migrain

Salad Buah Anggur

Konsumsi jus anggur murni tanpa campuran air juga bisa bermanfaat untuk mengobati migrain.

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Jus Anggur

Mengkonsumsi buah anggur secara rutin dapat mencegah pembekuan darah serta menurunkan resiko penyakit jantung, karena kadar oksida nitrat dalam tubuh meningkat.

Kandungan antioksidan buah anggur juga bisa menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang dapat menghambat pembuluh darah. Kolesterol LDL merupakan kolesterol jahat, jika jumlahnya berlebih di dalam darah akan diendapkan pada dinding pembuluh darah membentuk bekuan yang bisa menyumbat pembuluh darah.

  1. Melindungi dari Gangguan Pencernaan

Puding Anggur

Buah anggur sangat baik di konsumsi untuk melindungi tubuh dari gangguan pencernaan, dan buah anggur juga baik untuk menghilangkan asam pada ginjal sehingga kondisi ginjal dapat di jaga.

  1. Menurunkan Penyakit Asma

Asinan Anggur

Buah anggur membantu meningkatkan kadar air dalam paru-paru karena memiliki kekuatan assimiratory, yang tentunya baik untuk penderita asma karena dapat menurunkan sesak napas.

  1. Mengontrol Kolesterol Darah

Roti Anggur

Buah anggur mengandung Pterostilbene, yaitu senyawa yang bisa berperan menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga Saponin yg ada dalam kulit anggur berperan dalam penyerapan kolesterol darah.

  1. Melancarkan Buang Air Besar

Rustic Grape

Buah anggur dapat berperan sebagai pencahar karena mengandung gula, selulosa, serta asam organik dalam buah sehinga konsumsi buah anggur dipercaya bisa mengobati susah buang air besar atau sembelit.

  1. Melindungi Tubuh Dari Infeksi

Permen Anggur

Antivirus dan antibakteri yang di kandung buah anggur dapat memberikan perlindungan pada tubuh dari infeksi.

Itulah beberapa manfaat mengkonsumsi buah anggur, jadi bisa di katakan perlu untuk memakan buah anggur untuk melengkapi kebutuhan vitamin pada tubuh manusia. Akan lebih baik dan efektif jika anda mengkonsumsi anggur untuk pengobatan atau penyembuhan dengan mempelajarinya terlebih dahulu.

Membahas tentang menanam anggur perlu anda ketahui juga jenis – jenis tanaman anggur supaya jika anda ingin menanam anggur anda sudah tau bibit jenis anggur apa yang cocok anda tanam.

Baca Juga  Cara Menanam Buah Naga Supaya Cepat Berbuah

Jenis Buah Anggur yang Populer :

  1. Vitis labrusca

Vitis labrusca

Buah anggur jenis ini adalah memiliki kulit yang tebal, rasanya masam dan kurang segar biasanya di gunakan untuk membuat jus dan minuman anggur.

  1. Vitis vinifera

Vitis vinifera

Jenis buah anggur ini  memiliki kulit tipis, rasanya manis dan segar, di Eropa anggur jenis ini banyak di gunakan untuk bahan minuman anggur.

  1. Vitis rotundifolia

Vitis rotundifolia

Adalah jenis buah anggur yang memiliki berwarna ungu gelap hingga hitam jika sudah matang, biasanya di makan langsung bisa juga di gunakan untuk membuat jelly jus dan minuman anggur.

  1. Isabell

Isabell

Buah Anggur jenis ini dapat beradaptasi di mana saja dibelahan dunia, ketahanan suhu yang sangat dingin, panas, bahkan di daerah lembab iklim tropis, buah anggur jenis Isabella dapat bertahan dan cukup tangguh terhadap gangguan hama.

  1. Anggur bali

Anggur bali

Jenis buah anggur ini buahnya berwarna hitam ,ukuran buah sedang hingga besar, kulit tebal, daging lunak, berbiji, dan rasa manis sedang. Banyak di tanam di daerah Bali terutama Buleleng.

  1. Rosario Bianco Grape

Rosario Bianco Grape

Buah anggur jenis ini warnya hijau muda, di Indonesi bentuknya lonjong  memiliki rasa yang segar dan manis serta renyah.

  1. Barbarossa Grape

Barbarossa Grape

Buah anggur ini berwarna merah, mempunyai rasa yang cukup kuat dan tekstur buah yang tidak mudah rusak, sehingga jenis anggur ini cocok di olah sebagai salad.

Itulah beberapa jenis anggur yang perlu anda ketahui, jika anda ingin menanam anggur bisa anda cari bibit yang  akan anda tanam.

Buah anggur termasuk salah satu buah yang menjadi favorit untuk di konsumsi, selain karna rasa juga karena kandungan buah anggur, karena itu di pasaran banyak orang yang membutuhkanya, dan ini di manfaat kan oleh pembudidaya anggur untuk menjadikan pelusang usaha.

Budidaya buah anggur termasuk salah satu peluang usaha yang menggiurkan karena harga jual anggur yang sangat bagus untuk mendapatkan keuntungan, sebab itulah para budidaya buah anggur mencari cara agar tanaman anggur bisa efektif  tumbuh dengan baik dan bisa di rawat dengan mudah.

Semakin berkembangnya ilmu pertanian menanam tanaman anggur bisa dengan 2 cara, yaitu menanam di lahan yang lapang dan bisa di tanam dengan cara menggunakan polybag. Tentu diantara menggunakan media tanam yang berbeda tersebut mempunyai kelebihan tersendiri.

Syarat Tumbuhnya Tanaman Anggur

Untuk menanam anggur terbilang mudah, cukup dengan merawat dan memelihara dengan baik tanaman anggur bisa tumbuh baik, akan tetapi saat menanam pasti menginginkan hasil buah yang di panen bisa maksimal, berikut syarat tumbuh tanaman berbuah dengan optimal.

 

  • Iklim Daerah Tanam

Barbarossa Grape

  1. Tanaman anggur akan tumbuh lebih baik bila ditanam di daerah dataran rendah, yang memiliki musim kemarau panjang sekitar 4 sampai 7 bulan.
  2. Usahakan menanam anggur tidak di daerah yang anginya kencang, karena tidak baik untuk pertumbuhan tanaman anggur.
  3. Daerah yang baik untuk menanam anggur setidaknya memiliki curah hujan 800 mm/tahun, jika keadaan sering hujan bisa merusak bakal bunga dan menimbulkan bibit penyakit ataupun hama pada tanaman anggur.
  4. Tanaman anggur bisa tumbuh lebih baik jika mendapat sinar matahari kering sehingga pertumbuhan vegetatif dan proses pembuahan bisa maksimal.
  5. Suhu udara yang bagus untuk tanaman anggur sekitar 31 derajat celsius di siang hari dan 23 derajat celsius pada malam hari serta kelembaban udara antara 75% – 80%.
  • Kondisi Lahan Tanam

Lahan Tanam Anggur

  1. Media tanam untuk tanaman anggur menggunakan tanah yang subur dan mudah menyerap air, karena tanaman anggur tidak tahan dengan genangan air.
  2. Tanah lempung yang berpasir merupakan media tanam yang baik untuk menanam anggur.
  3. Ketinngian tanah tidak boleh kurang dari satu meter dari permukaan tanah agar akar tanaman bisa tumbuh dengan baik.
  4. Keasaman tanah (pH) yang baik untuk tanaman anggur sekitar 6,5 sampai 7,0 pH
Baca Juga  Manfaat Buah Zuriat dari Turki untuk Kesehatan Manusia

Langkah Menanam Anggur :

  1. Pemilihan Bibit Tanaman

Untuk budidaya tanaman anggur sebaiknya menggunakan bibit yang berkualitas super, agar hasil panen buah tanaman anggur bisa maksimal, selain itu tanaman tidak mudah terserang hama penyakit.

Untuk menanam tanaman anggur lebih baik menggunakan bibit stek tananam anggur, karena kemungkinan sifat tanaman akan seperti induknya.

Menyiapkan bibit tanaman yang baik:

Batang Tanaman Anggur

  • Ambil batang tanaman anggur indukan dengan panjang antara 25 – 30 cm
  • Usahakann ukuran batang stek berdiameter sekitar 1 cm
  • Kulit batang berwarna coklat dan bagian dalam kulit berwarna hijau, tidak ada bercak hitam serta memiliki kandungan air (Mengembun)
  • Tunas yang tumbuh dari batang stek nampak padat dan besar serta sehat.
  1. Menyemai Bibit Tanaman

Semai Batang Anggur

Jika batang tanaman anggur untuk di stek sudah di dapatkan, selanjutnya batang tanaman di semai.

Berikut langkah penyemaian:

  • Bibit di semai dengan menggunakan polybag
  • Media semai menggunakan campuran tanah, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan komposisi 1:1:1
  • Setelah batang stek di tanam pada polybag dengan media tanam tadi, perlu merawat calon bibit tanaman, dengan cara menyiram dengan air secukupnya setiap pagi dan sore hari, usahakan air siraman tidak menggenan di polybag.
  • Ketika tanaman berusia 2 bulan, biasanya akan tumbuh tunas-tunas baru dan banyak tumbuh akar pada tanaman.
  1. Menyiapkan Lahan Tanaman

Lahan Budidaya Anggur

Setelah di semai selama sekitar 2 bulan dan batang tanaman sudah tumbuh tunas selanjutya meyiapkan lahan untuk media tanam bibit  tanaman anggur. Lahan tanam anggur bisa menggunakan lahan tanah langsung, bisa juga dengan wadah semacam polybag atau karung dengan ukuran besar.

Langkah menyiapkan lahan tanaman anggur yang baik:

  • Menggemburkan lahan yang akan digunakan dengan cara mencangkul atau membajaknya, sekaligus untuk menghilangkan tanaman yang bisa mengganggu seperti gulma atau rumput liar di lahan tanam.
  • Jika tanah kurang dari 5 pH (bersifat masam), di sarankan melakukan pengapuran dengan menggunakan dolomit.
  • Buatlah beberapa bedengan pada lahan tanam dengan ukuran tinggi 50 cm dan lebar 150 cm dengan panjang disesuaikan pada luas lahan yang di tanami.
  • Jarak antar bedengan sekitar 100 cm agar bisa digunakan sebagai saluran air ketika hujan.
  • Jika bedengan selesai dibuat selanjutnya membuat lubang tanam dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm
  • Setelah itu biarkan lahan tanam sekitar 2 minggu agar terkena sinar matahari
  • Selanjutnya menyiapkan media tanam pada bedengan dengan cara mengisi lubang tanam dengan campuran pupuk kandang, tanah dan pasir dengan dosis 2:1:1
  1. Menanam Bibit Anggur

Bibit Anggur

Setelah bibit anggur berusia sekitar 2 bulan pada lahan semai dan tumbuh daun serta akar pada tanaman, saatnya memindahkan bibit tanaman pada lahan yang sudah di siapkan sebelumnya. Sebaiknya menanam tanaman anggur di mulai saat musim kemarau.

Baca Juga  Manfaat Buah Zuriat dari Turki untuk Kesehatan Manusia

Caranya masukan bibit anggur pada lubang media tanam, lalu tutup kembali dengan tanah sebatas pangkal batang tanaman anggur tersebut. Kemudian membuat para-para degan ketinggian 2 meter dari tanah, yang berfungsi untuk media rambat tanaman anggur, para – para ini bisa di buat dengan menggunakan bambu, kayu atau yang lainya.

  1. Memelihara Tanaman Anggur

Merawat Tanaman Anggur

Merawat dan memelihara tanaman anggur sangat penting, karena berpengaruh pada kesehatan tanaman dan hasil buah saat panen buah anggur.

Untuk awal tanam lakukan pemeriksaan rutin untuk memeriksa tanaman tumbuh dengan sempurna, bila ada yang yang tumbuh tidak sempurna maka segera ganti dengan bibit yang baru agar semua tanaman anggur bisa tumbuh seragam.

Sangat penting melakukan penjarangan dan penyiangan secara berkala. Penjarangan merupakan proses menjauhkan beberapa tanaman yang tumbuh terlalu rapat sehingga dapat mengganggu pertumbuhan tanaman anggur yang lain, dan penyiangan  tanam merupakan pemebersihan pada lahan agar tidak ditumbuhi oleh tanaman liar atau gulma yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman anggur. Maka penyiangan di sekitar tanaman pada lahan tanam sangat penting untuk menjaga kesuburan tanaman.

Saat budidaya anggur memerlukan penyiraman sekali setiap hari, pada pagi atau sore. Saat musim hujan tidak perlu melakukan penyiraman karena tanaman ini tidak baik jika keadaan tanahnya lembek dan banyak air.

Berikan pupuk pada tanaman ketika usia tanam berumur 90 hari, dan dilakukan pemupukan susulan setiap 3 bulan sekali. Pupuk yang di gunakan adalah pupuk urea dengan dosis 15 gr setiap lubang tanaman.

  1. Panen Anggur

Panen Buah Anggur

Panen buah anggur merupakan hal yang di tunggu tunggu oleh para pembudidaya buah anggur, ciri buah anggur yang siap dipanen adalah tekstur buahnya yang kenyal dan lunak, warnanya merata pada satu tandan buah serta butir – butir buah anggur mudah sekali lepas dari tandannya.

Lakukan pemetikan anggur saat masih pagi dan segera masukan ke dalam dus karton atau keranjang yang telah disiapkan, usahakan jangan menumpuk buah anggur dalam satu tempat karena buah bisa hancur.

Jika anda sudah panen bisa di konsumsi sendiri ataupun di jual, menjual buah anggur terbilang mudah karena banyak orang yang menyukainya, selain rasanya yang nikmat menyegarkan juga mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Itulah pembahasan Kebun Maker mengenai buah anggur, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin menanam atau mengembangkan budidaya buah Anggur. Terima kasih.