6 Cara Mudah Menanam Anggur Agar Tumbuh Subur

  1. Memelihara Tanaman Anggur

Merawat dan memelihara tanaman anggur sangat penting, karena berpengaruh pada kesehatan tanaman dan hasil buah saat panen buah anggur.

Untuk awal tanam lakukan pemeriksaan rutin untuk memeriksa tanaman tumbuh dengan sempurna, bila ada yang yang tumbuh tidak sempurna maka segera ganti dengan bibit yang baru agar semua tanaman anggur bisa tumbuh seragam.

Rosario Bianco Grape

Sangat penting melakukan penjarangan dan penyiangan secara berkala. Penjarangan merupakan proses menjauhkan beberapa tanaman yang tumbuh terlalu rapat sehingga dapat mengganggu pertumbuhan tanaman anggur yang lain, dan penyiangan.

Tanam merupakan pembersihan pada lahan agar tidak ditumbuhi oleh tanaman liar atau gulma yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman anggur.

Maka penyiangan di sekitar tanaman pada lahan tanam sangat penting untuk menjaga kesuburan tanaman.

Saat budidaya anggur memerlukan penyiraman sekali setiap hari, pada pagi atau sore. Saat musim hujan tidak perlu melakukan penyiraman karena tanaman ini tidak baik jika keadaan tanahnya lembek dan banyak air.

Berikan pupuk pada tanaman ketika usia tanam berumur 90 hari, dan dilakukan pemupukan susulan setiap 3 bulan sekali. Pupuk yang di gunakan adalah pupuk urea dengan dosis 15 gr setiap lubang tanaman.

  1. Panen Anggur

Panen buah anggur merupakan hal yang di tunggu tunggu oleh para pembudidaya buah anggur, ciri buah anggur yang siap dipanen adalah tekstur buahnya yang kenyal dan lunak.

Warnanya merata pada satu tandan buah serta butir – butir buah anggur mudah sekali lepas dari tandannya.

Lakukan pemetikan anggur saat masih pagi dan segera masukan ke dalam dus karton atau keranjang yang telah disiapkan, usahakan jangan menumpuk buah anggur dalam satu tempat karena buah bisa hancur.

Jika anda sudah panen bisa di konsumsi sendiri atau pun di jual, menjual buah anggur terbilang mudah karena banyak orang yang menyukai nya, selain rasanya yang nikmat menyegarkan juga mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Anggur Untuk Kesehatan:

  1. Mencegah Katarak

Buah Anggur mengandung Flavonoid sehingga bisa menjaga mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, misalnya katarak.

  1. Mencegah Kanker Payudara

Mengkonsumsi jus anggur secara rutin dapat menurunkan resiko tubuh dari terkena kanker payudara.

  1. Mencegah Migrain

Konsumsi jus anggur murni tanpa campuran air juga bisa bermanfaat untuk mengobati migrain.

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi buah anggur secara rutin dapat mencegah pembekuan darah serta menurunkan resiko penyakit jantung, karena kadar oksida nitrat dalam tubuh meningkat.

Vitis vinifera

Kandungan antioksidan buah anggur juga bisa menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang dapat menghambat pembuluh darah.

Kolesterol LDL merupakan kolesterol jahat, jika jumlahnya berlebih di dalam darah akan di endap kan pada dinding pembuluh darah membentuk bekuan yang bisa menyumbat pembuluh darah.

  1. Melindungi dari Gangguan Pencernaan

Buah anggur sangat baik di konsumsi untuk melindungi tubuh dari gangguan pencernaan, dan buah anggur juga baik untuk menghilangkan asam pada ginjal sehingga kondisi ginjal dapat di jaga.

  1. Menurunkan Penyakit Asma

Buah anggur membantu meningkatkan kadar air dalam paru-paru karena memiliki kekuatan assimiratory, yang tentunya baik untuk penderita asma karena dapat menurunkan sesak napas.

  1. Mengontrol Kolesterol Darah

Buah anggur mengandung Pterostilbene, yaitu senyawa yang bisa berperan menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga Saponin yang ada dalam kulit anggur berperan dalam penyerapan kolesterol darah.

  1. Melancarkan Buang Air Besar

Buah anggur dapat berperan sebagai pencahar karena mengandung gula, selulosa, serta asam organik dalam buah sehingga konsumsi buah anggur dipercaya bisa mengobati susah buang air besar atau sembelit.

  1. Melindungi Tubuh Dari Infeksi

Antivirus dan antibakteri yang di kandung buah anggur dapat memberikan perlindungan pada tubuh dari infeksi.

Itulah beberapa manfaat mengkonsumsi buah anggur, jadi bisa di katakan perlu untuk memakan buah anggur untuk melengkapi kebutuhan vitamin pada tubuh manusia.

Akan lebih baik dan efektif jika anda mengkonsumsi anggur untuk pengobatan atau penyembuhan dengan mempelajari nya terlebih dahulu.

Membahas tentang menanam anggur perlu anda ketahui juga jenis – jenis tanaman anggur supaya jika anda ingin menanam anggur anda sudah tau bibit jenis anggur apa yang cocok anda tanam.

Halaman Selanjutnya ->