6 Cara Mudah Menanam Anggur Agar Tumbuh Subur

Jenis Buah Anggur yang Populer :

  1. Vitis labrusca

Buah anggur jenis ini adalah memiliki kulit yang tebal, rasanya masam dan kurang segar biasanya di gunakan untuk membuat jus dan minuman anggur.

  1. Vitis vinifera

Jenis buah anggur ini  memiliki kulit tipis, rasanya manis dan segar, di Eropa anggur jenis ini banyak di gunakan untuk bahan minuman anggur.

  1. Vitis rotundifolia

Adalah jenis buah anggur yang memiliki berwarna ungu gelap hingga hitam jika sudah matang, biasanya di makan langsung bisa juga di gunakan untuk membuat jelly jus dan minuman anggur.

  1. Isabell

Buah Anggur jenis ini dapat beradaptasi di mana saja di belahan dunia, ketahanan suhu yang sangat dingin, panas, bahkan di daerah lembab iklim tropis, buah anggur jenis Isabella dapat bertahan dan cukup tangguh terhadap gangguan hama.

  1. Anggur bali

Jenis buah anggur ini buahnya berwarna hitam ,ukuran buah sedang hingga besar, kulit tebal, daging lunak, berbiji, dan rasa manis sedang. Banyak di tanam di daerah Bali terutama Buleleng.

  1. Rosario Bianco Grape

Buah anggur jenis ini warna nya hijau muda, di Indonesia bentuknya lonjong  memiliki rasa yang segar dan manis serta renyah.

  1. Barbarossa Grape

Buah anggur ini berwarna merah, mempunyai rasa yang cukup kuat dan tekstur buah yang tidak mudah rusak, sehingga jenis anggur ini cocok di olah sebagai salad.

Itulah beberapa jenis anggur yang perlu anda ketahui, jika anda ingin menanam anggur bisa anda cari bibit yang akan anda tanam.

Buah anggur termasuk salah satu buah yang menjadi favorit untuk di konsumsi, selain karena rasa juga karena kandungan buah anggur.

Karena itu di pasaran banyak orang yang membutuhkan nya, dan ini di manfaat kan oleh pembudidaya anggur untuk menjadikan peluang usaha.

Isabell

Budidaya buah anggur termasuk salah satu peluang usaha yang menggiurkan karena harga jual anggur yang sangat bagus untuk mendapatkan keuntungan.

Sebab itulah para budidaya buah anggur mencari cara agar tanaman anggur bisa efektif  tumbuh dengan baik dan bisa di rawat dengan mudah.

Semakin berkembangnya ilmu pertanian menanam tanaman anggur bisa dengan 2 cara, yaitu menanam di lahan yang lapang dan bisa di tanam dengan cara menggunakan polybag.

Tentu diantara menggunakan media tanam yang berbeda tersebut mempunyai kelebihan tersendiri.

Syarat Tumbuhnya Tanaman Anggur

Seperti hal nya cara menanam Anggrek, untuk menanam anggur terbilang mudah, cukup dengan merawat dan memelihara dengan baik tanaman anggur bisa tumbuh baik.

Akan tetapi saat menanam pasti menginginkan hasil buah yang di panen bisa maksimal, berikut syarat tumbuh tanaman berbuah dengan optimal.

  • Iklim Daerah Tanam

  1. Tanaman anggur akan tumbuh lebih baik bila ditanam di daerah dataran rendah, yang memiliki musim kemarau panjang sekitar 4 sampai 7 bulan.
  2. Usahakan menanam anggur tidak di daerah yang angin nya kencang, karena tidak baik untuk pertumbuhan tanaman anggur.
  3. Daerah yang baik untuk menanam anggur setidaknya memiliki curah hujan 800 mm/tahun, jika keadaan sering hujan bisa merusak bakal bunga dan menimbulkan bibit penyakit atau pun hama pada tanaman anggur.
  4. Tanaman anggur bisa tumbuh lebih baik jika mendapat sinar matahari kering sehingga pertumbuhan vegetatif dan proses pembuahan bisa maksimal.
  5. Suhu udara yang bagus untuk tanaman anggur sekitar 31 derajat celsius di siang hari dan 23 derajat celsius pada malam hari serta kelembapan udara antara 75% – 80%.
  • Kondisi Lahan Tanam

  1. Media tanam untuk tanaman anggur menggunakan tanah yang subur dan mudah menyerap air, karena tanaman anggur tidak tahan dengan genangan air.
  2. Tanah lempung yang berpasir merupakan media tanam yang baik untuk menanam anggur.
  3. Ketinngian tanah tidak boleh kurang dari satu meter dari permukaan tanah agar akar tanaman bisa tumbuh dengan baik.
  4. Keasaman tanah (pH) yang baik untuk tanaman anggur sekitar 6,5 sampai 7,0 pH

Itulah pembahasan Kebun Maker mengenai buah anggur, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin menanam atau mengembangkan budidaya buah Anggur. Terima kasih.