no comments

Cara Menanam Pucuk Merah

Tanaman Pucuk Merah

Tanaman pucuk merah adalah tanaman hias jenis perdu yang memiliki bentuk kecil memanjang yang berwarna hijau muda dan merah pada ujungnya. Pucuk merah mempunyai nama latin Syzygium oleana, saat ini semakin banyak orang yang menanam pucuk merah sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.

Untuk merawat pucuk merah terbilang mudah, cukup menyiram secara rutin tanaman pucuk merah sudah bisa tumbuh dengan baik. Tanaman pucuk merah sangat cocok di tanam di daerah tropis seperti di Indonesia ini.

Jika anda ingin mengetahui cara menanam pucuk merah, kali ini Kebun Maker akan sedikit membagikan informasi tentang cara menanam pucuk merah, bisa untuk budidaya ataupun sekedar di tanam untuk hiasan di pekarangan rumah anda.

Tanaman Pucuk Merah

Menanam pucuk merah bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan cara penanaman dari biji benih dan cara penanaman menggunakan stek batang, berikut informasinya.

  • Cara Menanam Pucuk Merah dari Biji

Menamnam pucuk merah dari biji benih memerlukan beberapa tahapan, antara lain:

  1. Menyiapkan Biji

Biji Pucuk Harum

Langkah awal untuk menanam pucuk merah siapkan terlebih dahulu biji atau benih tanaman pucuk merah, bisa di dapatkan di toko tanaman atau mengambil biji dari tanaman pucuk merah langsung yang sudah tumbuh biji, karena tanaman pucuk merah yang sudah dewasa akan membuahkan bijinya.

Baca Juga  9 Manfaat Daun Singkong untuk Tubuh Manusia

Pilih biji tanaman pucuk merah yang sudah tua yang berwarna kehitaman, bisa saja mengambil biji di bawah pohon ini karena terkadang biji pucuk merah bisa mengalami kerontokan karena sudah tua.

  1. Menyemai Biji

Semai Benih Pucuk Harum

Apabila biji benih pucuk merah sudah di dapatkan maka di lakukan penyemaian sebelum di tanam.

Proses penyemaian bisa di lakukan di wadah yang berisi tanah yang gembur dan subur serta lakukan penyiraman secara rutin. Sebenarnya penanaman langsung menggunakan biji di lahan tanah juga bisa, namun dipastikan dulu unsur kandungan tanah harus sudah sesuai dengan kebutuhan tanaman.

  1. Memindah Bibit

Pucuk Merah

Setelah tanaman di semai beberapa waktu akan tumbuh bibit pucuk merah, setelah tinggi bibit menacapai sekitar 20cm selanjutnya di pindah ke pot tanaman atau ke lahan tanah.

Caranya ambil bibit dari media tanam semai secara perlahan agar akar bibit tidak terputus atau rusak, kemudian masukan bibit ke media tanam yang sebelumnya sudah di sediakan lubang dengan kedalaman sesuai panjang akar, dan media tanam sudah di campur pupuk kandang.

  1. Merawat Tanaman

Daun Pucuk Merah

Setelah bibit tanaman pucuk merah di tanam pada media yang sudah di siapkan, selanjutnya lakukan perawatan agar tanaman bisa bertumbuh baik sesuai dengan yang anda harapkan.

Baca Juga  Mengenal Tanaman Lidah Mertua dan 6 Manfaatnya

Lakukan perawatan pada tanaman pucuk merah dengan menyiram dengan air secukupnya secara rutin setiap hari pada pagi dan sore, apa bila saat musim hujan kurangi penyiraman air.

Itulah cara menanam pucuk merah menggunakan biji benih, cukup mudah kan. Selanjutnya info mengenai menanam pucuk merah menggunakan batang stek. Yang juga memerlukan beberapa tahap.

  • Cara Menanam Pucuk Merah dari stek

Menanam pucuk merah dari stek batang lebi mudah, biasanya di lakukan untuk memperbanyak tanaman pucuk merah dari tanaman pucuk merah yang sudah tumbuh besar, berikut ini caranya:

  1. Memilih Calon Batang Stek

Pohon Pucuk Merah

Siapkan tanaman pucuk harum yang akan di stek, pilihlah dari tanaman yang sudah tumbuh dewasa dan baik, agar mendapatkan tanaman yang baik juga.

  1. Mengambil Batang Stek

Stek Pucuk Harum

Setelah tanaman pucuk harum dipilih, maka lakukan pemotongan pada batang dan daunya, sisakan beberapa helai daun pada batang tanaman.

Daun yang di sisakan pada batang bertujuan untuk memastikan tanaman yang di stek masih sehat atau tidak, jika daun layu kemungkinan tanaman kondisi kurang baik.

  1. Memberi Perangsang Akar

Akar Pucuk Harum

Biarkan potongan batang tanaman beberapa saat terlebih dahulu agar batang tanaman pucuk merah tidak setres.

Baca Juga  10 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Manusia

Selelah itu batang tanaman bagian bawah di beri cairan atau bubuk yang berfungsi untuk merangsang dan mempercepat pertumbuhan akar.

  1. Menanam Ke Media Tanam

Tanaman Pucuk Harum

Apabila batang stek tanaman sudah di beri cairan perangsang akar, kemudian tanam batang stek pada lahan yang sudah di sediakan, bisa di tanam menggunakan pot tanaman ataupun langsung pada lahan tanah yang di persiapkan.

Usahakan media tanam sudah di campur dengan pupuk, agar tanaman bisa langsung bertumbuh.

  1. Merawat Tanaman

Merawat Pucuk Merah

Setelah batang stek di tanam maka rawat tanaman secara baik, dengan cara menyiram dengan air secukupnya setiap hari pada pagi dan sore, kurangi penyiraman saat musim hujan.

Itulah langkah – langkah penanaman pucuk merah menggunakan bibit dari stek batang yang terbilang sangat gampang, anda bisa mencobanya di rumah untuk memperbanyak tanaman pucuk merah.

Menanam pucuk merah selain menjadi tanaman hias di pekarangan, tanaman ini juga bagus di fungsikan untuk pembatas lahan, dan juga bisa mengurangi polusi di sekitar anda.

Demikian sedikit informasi dari Kebun Maker, semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih