no comments

4 Cara Menanam Sawi Hijau Dengan Mudah

Tanaman dengan nama latin Brassica sinensis L ini memang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk manusia. Memang tidak bisa dipungkiri lagi kalau tanaman sawi memiliki rasa yang enak sehingga sangat cocok untuk dibuat campuran makanan seperti mie ayam, bakso atau capcay yang banyak dijual di sekitar kita.

Akan tetapi bagi Anda yang ingin menanam sawi sendiri di rumah pastikan lokasi rumah kita memiliki tinggi di atas 500 meterĀ  dari permukaan laut. Sayuran yang kaya akan vitamin A ini memang dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat, karena terdapat asam askorbat atau vitamin C yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia pada umumnya.

Selain itu beberapa manfaat yang dipercaya oleh banyak orang pada tanaman sawi ini adalah dapat menghilangkan gatal dan bau. Selain itu tanaman sawi juga dipercaya dapat memperbaiki fungsi ginjal dan membersihkan darah dan melancarkan pencernaan manusia.

Nah dengan berbagai manfaat tersebut tentu rasanya kita ingin mengkonsumsi sawi setiap hari, karena memang tanaman yang satu ini selain memiliki mempunyai beberapa manfaat juga dapat tumbuh dengan subur.

Akan tetapi seperti yang sudah kita sebutkan di atas, kalau kita ingin menanam tanaman sawi tempat kita harus berada di dataran tinggi. Maka dengan begitu tanaman sawi ini dapat tumbuh dengan subur.

Nah Jika anda sudah memiliki persyaratan yang sudah dan Anda berniat ingin menanam tanaman sawi di pekarangan atau di kebun yang anda miliki maka pada artikel kita di bawah ini Kebun Maker akan memberikan informasi cara menanam sawi dengan benar.

Langkah Menanam Sawi Dengan Mudah

  • Siapkan Benih Sawi

Benih Sawi

Sebenernya cara menanam sawi tidak terlalu sulit, jika anda sudah pernah menanam tanaman yang sejenis seperti brokoli atau daun kol maka caranya hampir sama seperti menanam kedua tanaman tersebut.

Walaupun cara menanam tanaman sawi terbilang sangat mudah tentu anda tidak boleh menganggap sepele karena jika menganggap sepele menanam tanaman ini maka hasilnya tidak bisa maksimal.

Bagi Anda yang ingin menghasilkan benih sawi sendiri Anda cukup menanam tanaman sawi ini kemudian panen biji sawit dengan cara membiarkan tanaman ini sampai berbunga dan menghasilkan biji dari tumbuhannya.

Akan tetapi jika anda baru pertama kali dan ingin menanam sawi Anda bisa meminta benih sawi ini kepada petani sawi yang ada di sawah atauĀ  Anda bisa datang ke toko yang menjual beraneka ragam benih tumbuhan.

Akan tetapi biasanya para petani mereka akan memisahkan antara daun sawit dan tumbuh tumbuhannya. Karena benih sendiri terbilang sangat banyak dan dapat bertahan 3 tahun lamanya dan untuk para petani biasanya tidak mengambil seluruhnya mereka akan memilih benih sawi yang cocok untuk ditanam kembali di sawah atau kebunnya.

Jika anda ingin menyimpan benih sawi dengan waktu yang lama anda bisa menjemur nya 1-2 hari, kemudian taruh di dalam botol kaca yang sudah di steril kan dengan cara di rebus agar tidak terkena bakteri dan jamur. Kemudian masukkan benih sawi lalu tutup dengan abu halus agar mendapatkan saluran udara dengan baik.

Nah sebelum anda menanam benih sawi ini dengan massal ada baiknya anda mencoba menanam dengan jumlah yang sedikit bisa 10 buah atau 15 buah terlebih dahulu. Untuk media tanam nya sendiri kita harus melakukan penyemaian terlebih dahulu.

Jika di rasa sudah cukup waktu nya, anda bisa menanam benih sawi ini kemudian tutup dengan jerami kering dan lakukan perawatan dengan cara siram setiap hari dan jaga kelembapan udaranya.

  • Penyemaian Benih Sawi

Penyemaian Benih Sawi

Jika di rasa sudah, anda bisa memindahkan bibit sawi ini ke tempat yang sudah anda siapkan untuk menanam sawi secara massal agar dapat dengan tumbuh dengan lebat. Ingat sebelum anda memindahkan bibit sawi anda harus benar – benar mempehatikan kalau tunas dari bibit sawi ini sudah tumbuh dengan dewasa.

  • Mengolah Tanah Untuk Tanaman Sawi

Mengolah Tanah Untuk Tanaman Sawi

Tentu sebelum anda melakukan penanaman tanaman sawi anda harus membuat media tanaman nya terlebih dahulu. Untuk lebar dan luasnya anda cukup menyesuaikan dengan lahan yang anda punya. Jika anda sudah mengukur lahan yang akan anda gunakan, siapkan cangkul untuk membuat tanah nya menjadi lebih gembur.

Jika sudah di bagi tanah menjadi beberapa, dengan tinggi 25-35 cm. Akan tetapi sebelum itu anda harus memastikan kalau tanah nya benar-benar sudah gembur. Jika memang di rasa sudah gembur anda harus mencampur tanah nya dengan pupuk kompos atau kotoran kambing dan kemudian siram dengan air dan biarkan 1-2 jam agar lebih lembab.

Nah jika langkah di atas sudah anda lakukan, siapkan benih sawi nya kemudian tanam dengan baik. Dengan begitu anda sudah hampir sampai di tahap akhir untuk menanam tanaman sawi ini.

Seperti yang sudah kita ketahui kalau kita menginginkan tumbuhan sawi ini dapat tumbuh dengan baik dan benar maka kita juga memerlukan perawatan benih sawi ini dengan baik. Untuk cara perawatannya sendiri terbilang cukup mudah anda harus menyiram tanaman ini setiap hari kemudian jaga kelembaban suhu dan udaranya dan pastikan kalau tanaman sawi ini tidak terlalu lama terkena sinar matahari.

Masalah umum yang dihadapi oleh para petani yang baru menanam tanaman sawi ini adalah kekurangan ketersediaan air. Anda bisa memanfaatkan sumur bor yang bisa anda buat di area persawahan anda sendiri.

Karena di saat musim kemarau untuk tanaman sawi ini akan memerlukan air yang lebih banyak jika dibandingkan dengan musim hujan.

Ada satu lagi masalah yang kerap dihadapi oleh para petani yang menanam sawi ini dengan jumlah yang sangat banyak, yaitu kerapatan di antara tanaman sawi yang satu dengan yang lainnya, untuk mengatasi masalah ini biasanya para petani akan melakukan teknik penyulaman atau penjarangan.

Umumnya Resiko yang akan dihadapi dari masalah tanaman sawi tumbuh terlalu Rapat adalah tanaman ini tidak dapat tumbuh dengan optimal sehingga ukurannya tentu tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh para petani. Sehingga teknik penyulaman menjadi teknik yang sangat efektif untuk mengatur agar tanaman ini dapat tumbuh secara optimal.

Selain itu dengan melakukan penyulaman kita juga bisa membuang gulma atau tanaman sawi yang sudah mati agar tidak merembet ke tanaman sawi yang masih hidup dengan baik dan segar.

Penyiangan juga menjadi salah satu teknik yang wajib kita lakukan agar tanaman ini tidak terganggu oleh tumbuhan lain yang dapat mengganggu pertumbuhan dari tanaman sawi.

  • Panen Tanaman Sawi

Secara kasat mata kita bisa menanam tanaman sawi ini jika sudah tumbuh cukup tinggi dan memiliki bentuk yang sempurna. Akan tetapi jika anda ingin mengetahui secara pasti mengenai kapan kita bisa memanen tanaman sawi ini adalah di waktu 20 sampai 40 hari dari proses kita melakukan Proses penyampaian ke dalam media tanam secara massal.

Nah itulah pembahasan kita mengenai cara menanam sawi dengan baik dan benar yang dibuat oleh Kebun Maker. Kami sangat berharap artikel ini dapat membantu anda yang ingin menanam tanaman sawi ini secara massal. Sekian artikel kali ini mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan terima kasih.