no comments

2 Cara Menanam Tomat Agar Berbuah Lebat dan Manfaatnya

Tanaman Tomat

Cara menanam tomat ada 2 cara yaitu menanam menggunakan wadah dan bisa menggunakan cara di tanam di lahan persawahan yang luas. Masing – masing cara ini di gunakan sesuai kebutuhan penanamnya, yang tetap bisa di maksimalkan hasil tanamanya.

Tomat adalah jenis sayuran yang berbentuk bulat mempunyai rasa yang segar, secara fisik mempunyai struktur seperti buah. Tomat mengandung nutrisi tinggi, beberapa nutrisi yang didapat dari tomat adalah antioksidan Likopen, Vitamin C, Potasium/Kalium, Folat dan Vitamin K. Tomat mengandung berbagai Vitamin, Mineral dan senyawa tumbuhan, seperti Likopen, Beta-Karoten, Naringenin dan Asam Glorogenik.

Tanaman Tomat

Karena mengandung vitamin dan antioksidan yang di butuhkan tubuh manusia, tomat mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan:

  • Menjaga Kesehatan Mata
  • Memperlancar Sistem Pencernaan
  • Menurunkan Kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung
  • Mencegah Kancer
  • Membantu Memperkuat Tulang
  • Menjaga Kesehatan Kulit
  • Mencegah Depresi

Itulah manfaat mengkonsumsi tomat untuk kesehatan tubuh, akan lebih baik jika tomat di konsumsi secara rutin. Hampir semua orang mengkonsumsi tomat, banyak juga yang menganggap tomat ini seperti buah yang mengkonsumsi secara langsung. Untuk mengkonsumsi tomat, bisa dengan berbagai cara tergantung selera.

Tomat

Membahas cara menanam tomat, Kebun Maker akan sedikit memberikan informasinya. Sesuai di awal pembahasan, ada 2 cara menanamnya yaitu pada polybag dan pada lahan persawahan yang luas, berikut ini cara menanamnya agar tomat tumbuh subur dan menghasilkan panen yang maksimal.

Cara Menanam Tomat pada Lahan:

  1. Menggunakan Bibit yang Berkualitas

Bibit Tomat

Pilih jenis tomat yang akan ditanam sesuai dengan karateristik lokasi penanaman agar hasilnya baik. Menanam tomat bisa dari biji atau benih dan bisa juga dari bibit, penanaman dari biji sebaiknya memilih biji yang berkualitas produksi tinggi dan tahan penyakit, yang bisa di dapatkan di toko pertanian. Apabila menggunakan bibit, bisa didapatkan di tempat-tempat pembibitan tomat yang khusus menjual bibit.

Jika menggunakan benih perlu disemai menggunakan campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:2:1 pada media tanam semai, jika perlu tambahkan pupuk organik cair penyemaian agar tumbuh sehat dan nutrisi tercukupi serta terbebas dari serangan penyakit.

  1. Mengolah Tanah pada Lahan

Media Tanam Tomat

Sebelum bibit di tanam pada lahan harus mengolah tanah di lahan terlebih dahulu, agar unsur yang di butuhkan pada tanah untuk tanaman tomat terpenuhi dan mencegah gulma tumbuh di lahan tanam serta mengatur irigasi dan drainase untuk menempatkan tanaman yang sesuai, agar proses pertumbuhan tanaman berjalan dengan baik.

Baca Juga  Mengenal Tanaman Lidah Mertua dan 6 Manfaatnya

Cara mengolah tanah dengan cara dibajak atau dicangkul dengan kedalaman ±20 cm, guna membuat tekstur tanah lebih gembur dan memberantas pathogen tanah. Kemudian taburkan pupuk kandang sebanyak ±20 Ton per hektar, apabila tanah terlalu asam atau kurang pH (<5,5) maka tambahkan dolomit atau kapur pertanian, dosis disesuaikan dengan tingkat pH tanah.

Kemudian membuat bedengan dengan ukuran tinggi 30 cm, lebar 1 meter dan pajang sesuai lahan, jarak antar bedengan selebar 30-40 cm. Jika bedengan sudah selesai, selanjutnya siram menggunakan air secukupnya untuk menjaga kelembapan dan menyatukan kandungan unsur tanah, jika perlu tambahkan pupuk organik cair agar tanaman subur dan terbebas dari serangan penyakit.

  1. Menanam Bibit Tomat

Menanam Tomat

Setelah benih di semai sekitar 3 minggu dan bibit sudah tumbuh dengan ketinggian 10cm, bibit tanaman bisa segera di pindahkan ke lahan media tanam bedeng yang telah di siapkan, usahakan penanaman saat pagi atau sore hari. Setelah bibit di tanam selanjutnya siram dengan air, lebih bagus lagi siraman air mengandung pupuk organik cair, supaya tanaman tidak stres dan langsung bertumbuh dengan bailk.

Kemudian pasang ajir dengan jarak 10-20 cm dari batang suapaya tidak merusak akar.

  1. Memupuk Tanaman Tomat

Merawat Tomat

Setelah usia tanam 7 hari dari awal penanaman lakukan pemupukan dengan pupuk organik cair, pemupukan di lakukan secara rutin setiap satu minggu sekali dengan dosis yang di tentukan, selama 30 hari.

Setiap 30 hari sekali di lakukan pemupukan pada batang menggunakan pupuk kandang sebanyak 300gr, bisa juga menggunakan pupuk anorganik yang mengandungan Nitrogen dan NPK pada saat tanaman umur 10, 20 dan 30 hari setelah masa tanam pada masa vegatitif dengan dosis 5gr/tanaman dan pada saat generative berikan pupuk NPK setelah umur 45 hari setelah tanam setiap 10 hari sekali dengan dosis 5gr/tanaman.

  1. Memanen Budidaya Tomat

Panen Tomat

Tanaman tomat dipanen pada umur 90 – 100 hari setelah tanam, ciri – ciri tanaman tomat yang sudah siap di panen yaitu buahnya yang sudah agak menguning, tepi daunya sudah tua menegring dan batangnya menguning pada pagi atau sore hari disaat cuaca cerah.

Baca Juga  10 Jenis Tanaman Hias Daun Paling Cantik

Itulah cara menanam tomat di lahan yang luas agar tanaman tumbuh subur, dan menghasilkan panen yang maksimal serta memuaskan.

Cara menanam tomat selanjutnya yaitu dengan cara di tanam pada polybag, atau wadah yang lainya seperti pot atau karung bekas, yang sebenarnya hampir sama dengan menanam pada lahan persawahan Cuma ada beberapa berbedaan, berikut penjelasanya.

Cara Menanam Tomat pada Polybag:

  1. Memilih Benih Tomat

Benih Tomat

Gunakan bibit yang bisa tumbuh secara baik sesuai kondisi daerah anda, karena tanaman berpengaruh pada suhu udara di lingkungan anda.

Usahakan benih yang di tanam termasuk benih yang unggul agar tumbuh subur hasil produksi pembuahan bisa maksimal dan tanaman tidak mudah terserang penyakit.

Benih bisa di peroleh di toko bibit tanaman di dekat anda maupun di toko online.

  1. Menyemai Benih Tomat

Bibit Tomat

Benih yang sudah di dapat akan di semai terlebih dahulu, penyemaian bisa menggunakan wadah termasuk polybag. Wadah penyemaian di isi dengan campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang (3:2:1), benamkan benih tomat ke dalam media semai kemudian siram setiap hari pagi dan sore menggunakan air mengalir secara tenang secukupnya.

Setelah 2 minggu lakukan pemupukan dengan pupuk organik cair atau bisa dengan pupuk kompos. Selama masa penyemaian lakukan penyemaian gulma agar tidak mengganggu pertumbuhan bibit tomat.

Selanjutnya akan di tanam pada media polybag yang sudah di siapkan, setelah berusia 30 hari atau bibit tomat sudah tumbuh 5 helai daun.

  1. Memindahkan Bibit Tomat

Merawat Tomat

Bibit yang sudah tumbuh pada media semai selanjutnya di pindah ke media tanam polybag yang sudah berisi media tanam berupa campuran tanah dan pupuk yang sudah dicampur merata. Caranya siram dulu media persemaian supaya tanahnya gembur lalu cabut bibit tomat dengan hati-hati, jangan sampai akar tanaman terputus atau rusak.

Baca Juga  9 Manfaat Daun Singkong untuk Tubuh Manusia

Kemudian masukan bibit tanaman ke dalam media tanam, dengan posisi tanaman tegak lurus dengan lubang tanam yang ada di polybag,  dengan posisi akar juga harus lurus tidak boleh bengkok atau terlipat untuk ukuran lubang sesuai panjang akar tomat.

Setelah itu siram dengan air secukupnya, bila perlu siraman air mengandung pupuk organik cair agar tanaman tidak setres.

  1. Memeliharaan Tanaman Tomat

Tanaman Tomat

Memelihara tanaman tobat pada polybag relatif lebih mudah, karena kesehatan tananam lebih terkontrol dan terhindar dari penularan penyakit melalui akar.

Merawat tanaman tomat cukup dengan menyiram secara rutin 2 kali setiap hari, gunakan air secukupnya untuk menjaga kelembaban media tanam, jangan berlebihan menyiram air karena bisa membahayakan tanaman.

Melakukan penyiangan gulma pada media tanam secara teratur agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman tomat,  gunakan ajir agar tanama tidak mudah roboh.

Jika di temukan hama pada tanaman segera bersihkan, dengan cara mengambil lalu membuangnya atau di atasi  menggunakan  pestisida organik.

Akan lebih baik tanamn di berikan pupuk secara berkala, bisa menggunakan pupuk kandang ataupun pupuk organik cair.

  1. Memanen Tanaman Tomat

Tomat di Polybag

Setelah masa tanama 3 bulan maka tanaman tomat bisa segera di panen sesuai varietes tanaman, tomat yang siap di panen memiliki warna hijau kekuningan.

Tomat biasanya tidak matang secara bersamaan, maka petiklah yang sudah matang saja setiap 2 atau 3 hari sekali, lakukan pemanenan saat pagi atau sore hari.

Menanam tomat menggunakan polybag merupakan salah satu cara memanfaatkan lahan yang tidak terlalu luas, selain itu bisa juga sebagai tanaman hias.

 

Jus Tomat

Demikian sedikit informasi dari Kebun Maker yang membahas tentang cara menanam tomat, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui tentang tanaman tomat, terima kasih.