2 Cara Mudah Menanam Tomat Plus Manfaat nya

Tomat adalah jenis sayuran yang berbentuk bulat mempunyai rasa yang segar, secara fisik mempunyai struktur seperti buah.

Tomat mengandung nutrisi tinggi, beberapa nutrisi yang didapat dari tomat adalah anti oksidan Likopen, Vitamin C, Potasium/Kalium, Folat dan Vitamin K.

Tomat mengandung berbagai Vitamin, Mineral dan senyawa tumbuhan, seperti Likopen, Beta-Karoten, Naringenin dan Asam Glorogenik.

Karena mengandung vitamin dan antioksidan yang di butuhkan tubuh manusia, tomat mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Tanaman Tomat

Hampir semua orang mengkonsumsi tomat, banyak juga yang menganggap tomat ini seperti buah yang mengkonsumsi secara langsung. Untuk mengkonsumsi tomat, bisa dengan berbagai cara tergantung selera.

Membahas cara menanam tomat, Kebun Maker akan sedikit memberikan informasinya. Sesuai di awal pembahasan, ada 2 cara menanamnya yaitu pada polybag dan pada lahan persawahan yang luas, berikut ini cara menanamnya agar tomat tumbuh subur dan menghasilkan panen yang maksimal.

Cara Menanam Tomat pada Lahan:

  1. Menggunakan Bibit yang Berkualitas

Hampir sama seperti cara menanam Buah Naga, pilih jenis tomat yang akan ditanam sesuai dengan karakteristik lokasi penanaman agar hasilnya baik. Menanam tomat bisa dari biji atau benih dan bisa juga dari bibit.

Penanaman dari biji sebaiknya memilih biji yang berkualitas produksi tinggi dan tahan penyakit, yang bisa di dapatkan di toko pertanian.

Apabila menggunakan bibit, bisa didapatkan di tempat-tempat pembibitan tomat yang khusus menjual bibit.

Jika menggunakan benih perlu di semai menggunakan campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:2:1 pada media tanam semai, jika perlu tambahkan pupuk organik cair penyemaian agar tumbuh sehat dan nutrisi ter cukupi serta terbebas dari serangan penyakit.

  1. Mengolah Tanah pada Lahan

Sebelum bibit di tanam pada lahan harus mengolah tanah di lahan terlebih dahulu, agar unsur yang di butuhkan pada tanah untuk tanaman tomat terpenuhi dan mencegah gulma tumbuh di lahan tanam serta mengatur irigasi dan drainase untuk menempatkan tanaman yang sesuai, agar proses pertumbuhan tanaman berjalan dengan baik.

Panen Tomat

Cara mengolah tanah dengan cara dibajak atau di cangkul dengan kedalaman ±20 cm, guna membuat tekstur tanah lebih gembur dan memberantas pathogen tanah.

Kemudian taburkan pupuk kandang sebanyak ±20 Ton per hektar, apabila tanah terlalu asam atau kurang pH (<5,5) maka tambahkan dolomit atau kapur pertanian, dosis disesuaikan dengan tingkat pH tanah.

Kemudian membuat bedengan dengan ukuran tinggi 30 cm, lebar 1 meter dan panjang sesuai lahan, jarak antar bedengan selebar 30-40 cm.

Jika bedengan sudah selesai, selanjutnya siram menggunakan air secukupnya untuk menjaga kelembapan dan menyatukan kandungan unsur tanah, jika perlu tambahkan pupuk organik cair agar tanaman subur dan terbebas dari serangan penyakit.

  1. Menanam Bibit Tomat

Setelah benih di semai sekitar 3 minggu dan bibit sudah tumbuh dengan ketinggian 10 cm, bibit tanaman bisa segera di pindahkan ke lahan media tanam bedeng yang telah di siapkan, usahakan penanaman saat pagi atau sore hari.

Setelah bibit di tanam selanjutnya siram dengan air, lebih bagus lagi siraman air mengandung pupuk organik cair, supaya tanaman tidak stres dan langsung bertumbuh dengan balik.

Kemudian pasang ajir dengan jarak 10-20 cm dari batang supaya tidak merusak akar.

  1. Memupuk Tanaman Tomat

Setelah usia tanam 7 hari dari awal penanaman lakukan pemupukan dengan pupuk organik cair, pemupukan di lakukan secara rutin setiap satu minggu sekali dengan dosis yang di tentukan, selama 30 hari.

Setiap 30 hari sekali di lakukan pemupukan pada batang menggunakan pupuk kandang sebanyak 300gr, bisa juga menggunakan pupuk anorganik yang mengandung Nitrogen dan NPK.

Pada saat tanaman umur 10, 20 dan 30 hari setelah masa tanam pada masa vegatitif dengan dosis 5 gram/tanaman dan pada saat generative berikan pupuk NPK setelah umur 45 hari setelah tanam setiap 10 hari sekali dengan dosis 5 gram/tanaman.

  1. Memanen Budidaya Tomat

Tanaman tomat dipanen pada umur 90 – 100 hari setelah tanam, ciri – ciri tanaman tomat yang sudah siap di panen yaitu buahnya yang sudah agak menguning, tepi daunya sudah tua menegring dan batangnya menguning pada pagi atau sore hari disaat cuaca cerah.

Itulah cara menanam tomat di lahan yang luas agar tanaman tumbuh subur, dan menghasilkan panen yang maksimal serta memuaskan.

Cara menanam tomat selanjutnya yaitu dengan cara di tanam pada polybag, atau wadah yang lain nya seperti pot atau karung bekas, yang sebenarnya hampir sama dengan menanam pada lahan persawahan Cuma ada beberapa berbedaan, berikut penjelasan nya.

Halaman Selanjutnya ->