Cara Menghilangkan Kutu Kucing 

Apabila terdapat kutu pada kucing peliharaan anda jangan dianggap sepele, anda harus segera menghilangkan kutu nya secara cepat.

Karena kutu pada kucing membuat gatal kemudian kucing akan menggaruk bahkan menggigit tubuh nya sendiri.

Jika kucing dibiarkan kulit nya akan lecet atau luka dan nanti nya bisa terjadi alergi serta kemungkinan infeksi pada kucing peliharaan anda.

Jika anda sudah tahu ternyata ada kutu pada kucing peliharaan, anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan kutu kucing maupun telur kutu pada kucing.

Ini bertujuan juga agar kutu kucing tidak bisa menyerang orang di sekeliling nya yang berinteraksi dengan kucing.

Karena kutu yang tidak terkendali bisa keluar dari tubuh si kucing dan hinggap ke kulit manusia dan menyerang nya.

Menghilang kan kutu pada kucing bisa di bilang mudah dan juga bisa di bilang susah, ini tergantung pada kutu yang sudah berada pada kucing.

Akan terbilang mudah ketika kutu yang menempel pada bulu kucing yang sudah dimandikan itu bisa dengan disisir saja bisa terangkat kutu nya, dan akan terbilang susah ketika sudah banyak telur kutu pada kucing.

Menghilangkan Kutu Kucing

  1. Memandikan Dengan Sampo Khusus

Memandikan hewan peliharaan merupakan kebutuhan yang harus lakukan untuk menjaga kebersihan termasuk kucing.

Aktifitas Grooming juga salah satu perawatan yang bagus dalam mencegah dan menghilangkan telur kutu pada kucing.

Cara memandikan kucing perlu dengan cara yang benar,  ini bertujuan untuk menghilangkan kutu nya anda perlu mengganti shampoo yang biasa untuk mandi dengan shampoo khusus anti kutu pada kucing.

Agar kutu tidak ke tubuh kucing lagi, anda bisa menggunakan shampoo anti kutu kucing ini secara rutin saat mandi setiap sebulan sekali, usahakan konsisten agar kondisi nya terjaga.

  1. Menyisir Bulu Bucing

Menyisir Bulu Kucing

Setelah kucing di mandikan untuk menghilangkan kutu pada kucing selanjut nya dengan cara menyisir bulu nya.

Usahakan menggunakan sisir yang cocok dengan bulu kucing anda, sisir lah bulu kucing dengan pelan dan merata supaya kutu nya hilang.

Untuk mencegah kutu balik lagi ke kucing, sisir kucing peliharaan anda secara teratur . Selain menghilangkan kutu, menyisir bulu kucing juga bagus untuk merawat bulu kucing supaya lebat.

  1. Minyak Telon

Minyak telon ternyata bisa menjadi cara praktis untuk mengusir kutu pada kucing, cara penggunaan nya  dengan mengusap kan minyak telon tersebut ke bagian kulit kucing yang terdapat banyak kutu.

Jangan menggunakan minyak telon ini kebanyakan karena sewaktu si kucing menjilat tubuh nya sendiri tidak sampai ke bagian yang kita oles.

  1. Minyak Tawon

Minyak tawon juga bisa mengatasi kutu pada kucing, untuk menggunakan nya hanya cukup mengusap kan minyak tawon pada bagian yang terdapat kutu.

Biasa nya kutu berada di sela – sela seperti di ketiak kucing, penggunaan ini terbilang ini sangat aman bagi hewan peliharaan, yang penting pemberian minyak tawon tidak berlebihan.

  1. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih juga bisa di gunakan untuk mengatasi kutu pada kucing peliharaan anda, cara penggunaan nya yaitu dengan mengoleskan pada sela – sela tubuh kucing dan yang terdapat gumpalan bulu kucing, karena biasa nya disitu kutu kucing berada.

Dan perlu diingat bahwa, jangan menggunakan kayu putih ini di area indra pada kucing, karena sangat sensitif terlebih lagi hidung nya, sebagian ada yang berpendapat untuk menghindari cara ini karena di khawatirkan kucing bisa stres apabila bagian sensitif terkena minyak kayu putih.

  1. Menyemprotkan Air Cuka

Kutu sangat tidak suka dengan aroma cuka, ini bisa anda coba dengan cara menyampurkan air dan cuka ke dalam panci dengan perbandingan 50:50 kemudian hangat kan dengan api sedang.

Setelah itu taruh campuran tadi ke botol semprot, lalu semprot kan cairan tersebut di bagian tubuh kucing yang terdapat kutu nya. Perlu di ketahui saat menyemprotkan cairan ini, jangan sampai terkena mata atau masuk ke dalam telinga kucing.

  1. Menggunakan Cuka Apel

Cuka dari sari apel memiliki bau busuk yang tentu nya tidak disukai oleh kutu kucing, ini bisa anda jadikan cara menghilangkan kutu kucing.

Penggunaan cuka apel ini di campur dengan air, perbandingan nya 2:1 dengan cara di semprot kan pada tubuh kucing yang terdapat kutu.

  1. Menggunakan Tanaman Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya merupakan salah satu obat kutu kucing yang alami dan manjur, cara ini bisa anda coba untuk mengusir kutu kucing.

Cara penggunaan tanaman lidah buaya di blender terlebih dahulu bersama sedikit cabe rawit, berikan campuran ini ke bagian tubuh kucing yang terdapat kutu.

  1. Menggunakan Lemon

Bahan dasar lemon bisa di jadikan alternatif dalam cara membasmi kutu pada kucing, karena lemon memiliki kandungan asam sitrat dimana asam ini tidak disukai oleh kutu.

Cara membuat nya ambil sebuah lemon, kemudian potong jadi 4 bagian dan taruh ke dalam air yang mendidih, setelah itu biarkan semalaman lalu disaring.

Kemudian taruh air tersebut ke dalam botol semprot, dan cara penggunaan cukup di semprot kan ke bagian tubuh nya saja.

  1. Menggunakan Garam

Garam juga bisa untuk menghilangkan kutu kucing, khusus nya larva dan telur kutu. Cara menggunakan nya dengan menambahkan garam ke air hangat yang cukup.

Kemudian rendam kucing peliharaan anda di larutan air hangat dan garam tersebut. Namun perendaman kucing jangan sampai tenggelam.

  1. Memberikan Bedak

Memberikan bedak untuk menghilangkan kutu pada kucing di anggap mampu, namun sebenar nya di hindari saja, karena ada beberapa kejadian ketika kucing diberi bedak lalu di mandikan maka kucing biasa nya muntah – muntah dan malah bisa alergi. Jadi sebaik nya pemakaian bedak untuk membasmi kutu pada kucing ini jangan dilakukan.

  1. Vaksin Ivermectin

Pemberian vaksin ini merupakan alternatif yang bisa anda coba untuk menghilang kan kutu pada kucing,  sebelum nya harus di konsultasi kan dengan dokter hewan terlebih dahulu.

Suntik ivermectin ini untuk membasmi kutu kucing karena bisa membasmi cacing dan ektoparasit seperti kutu kucing, tetapi Ivermectin tidak bisa untuk membunuh telur kutu.

Biasa nya dibutuhkan minimal 3 kali suntikan dengan jarak 3 – 4 minggu untuk hasil yang maksimal, dan perlu di ketahui suntikan ini jangan digunakan pada anak kucing dibawah 3 bulan, karena bisa membuat keracunan dan kerusakan pada ginjal.

  1. Obat Tetes

Obat tetes anti kutu kucing ini bisa di gunakan, tetapi hanya digunakan untuk kucing dewasa. Sebelum di gunakan  anda wajib membaca aturan pemakaian nya terlebih dahulu agar tidak salah dan tepat dalam penggunaan nya. Biasanya penggunaan tidak pada bagian yang di jilat oleh kucing, agar tidak membahayakan.

  1. Spray Cairan Anti Kutu

Penggunaan cairan spray perlu saran dari dokter hewan, karena bisa jadi ada kandungan yang perlu di perhatikan dengan baik, karena jika di gunakan terlalu sering atau berlebihan di khawatirkan berdampak tidak baik.

Dan penggunaan spray pada bagian tubuh kucing untuk menghilangkan kutu juga perlu anda pahami agar tepat penggunaan dan tidak membahayakan kucing anda.

  1. Obat Kimia

Ada obat kimia juga untuk mengatasi kutu pada kucing peliharaan, yang tentu nya perlu petunjuk dari dokter hewan.

Kebanyakan tidak menggunakan obat kimia untuk menghilangkan kutu pada kucing, karena jika terlalu sering atau berlebihan bisa membahayakan hewan peliharaan anda.

  1. Sisir Anti Kutu

Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Ada produk sisir khusus untuk menghilangkan kutu pada kucing, bisa dapatkan di petshop atau toko online.

Jika sudah tersedia anda bisa menggunakan nya untuk menghilangkan kutu kucing entah setelah mandi atau saat anda ada waktu luang.

Sebaik nya sisir ini anda sediakan di rumah, karena menyisir bulu kucing menggunakan sisir khusus ini bisa sebagai tindak pencegahan adanya kutu pada kucing, dan ini termasuk salah satu cara merawat kucing yang benar.

  1. Membatasi Aktifitas di Luar Rumah

Jika kucing anda sifat nya suka pergi keluar rumah, ada kemungkinan besar kucing anda terkena kutu. Anda bisa membatasi keluar nya kucing, dengan menutup kandang atau pintu rumah dan menutup lubang – lubang dimana yang menyebabkan kucing bisa kabur.

Ini bisa anda lakukan di awal ketika ada kemungkinan mulai terdapat kutu pada kucing peliharaan anda, agar kutu tidak menjadi lebih banyak.

  1. Membersihkan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan anda memang wajib dilakukan, entah punya kucing peliharaan atau tidak. Jika lingkungan anda bersih kemungkinan kucing terserang kutu sangat kecil.

  1. Membersihkan Lingkungan Kucing

Kebersihan lingkungan kucing bisa membuat kucing peliharaan anda menjadi tetap sehat, serta terhindar dari penyakit apapun. Anda harus mengontrol kebersihan nya setiap hari bahkan setiap saat, agar kesehatan kucing terjamin dan terbebas dari kutu.

Jika kucing anda di sediakan kandang sebaik nya di bersihkan secara rutin, agar tidak terdapat sarang yang menyebabkan kutu atau penyakit.

  1. Tanah Diatom

Tanah diatom sangat berguna untuk mengusir kutu kucing dari sekitar rumah, anda bisa mendapatkan tanah ini di petshop atau di online shop.

Penggunaan nya cukup tabur kan sedikit di lingkungan tempat tinggal anda dan pada kandang kucing peliharaan anda agar kucing  akan terhindar dari kutu.

Itulah informasi dari Kebun Maker tentang cara menghilangkan kutu kucing, jika anda sudah tahu bagaimana buruknya kalau kucing terdapat kutu.

Maka lakukan lah tindakan pencegahan karena akan lebih mudah dan lebih baik, dengan cara merawat dengan baik kucing peliharaan anda. Terima kasih.