20 Cara Termudah Menghilangkan Kutu Kucing 

  1. Vaksin Ivermectin

Pemberian vaksin ini merupakan alternatif yang bisa anda coba untuk menghilang kan kutu pada kucing,  sebelum nya harus di konsultasi kan dengan dokter hewan terlebih dahulu.

Suntik ivermectin ini untuk membasmi kutu kucing karena bisa membasmi cacing dan ektoparasit seperti kutu kucing, tetapi Ivermectin tidak bisa untuk membunuh telur kutu.

Biasa nya dibutuhkan minimal 3 kali suntikan dengan jarak 3 – 4 minggu untuk hasil yang maksimal, dan perlu di ketahui suntikan ini jangan digunakan pada anak kucing dibawah 3 bulan, karena bisa membuat keracunan dan kerusakan pada ginjal.

  1. Obat Tetes

Obat tetes anti kutu kucing ini bisa di gunakan, tetapi hanya digunakan untuk kucing dewasa. Sebelum di gunakan  anda wajib membaca aturan pemakaian nya terlebih dahulu agar tidak salah dan tepat dalam penggunaan nya. Biasanya penggunaan tidak pada bagian yang di jilat oleh kucing, agar tidak membahayakan.

  1. Spray Cairan Anti Kutu

Penggunaan cairan spray perlu saran dari dokter hewan, karena bisa jadi ada kandungan yang perlu di perhatikan dengan baik, karena jika di gunakan terlalu sering atau berlebihan di khawatirkan berdampak tidak baik.

Baca Juga  4 Cara Termudah Budidaya Cacing Sutra

Dan penggunaan spray pada bagian tubuh kucing untuk menghilangkan kutu juga perlu anda pahami agar tepat penggunaan dan tidak membahayakan kucing anda.

  1. Obat Kimia

Ada obat kimia juga untuk mengatasi kutu pada kucing peliharaan, yang tentu nya perlu petunjuk dari dokter hewan.

Kebanyakan tidak menggunakan obat kimia untuk menghilangkan kutu pada kucing, karena jika terlalu sering atau berlebihan bisa membahayakan hewan peliharaan anda.

  1. Sisir Anti Kutu

Ada produk sisir khusus untuk menghilangkan kutu pada kucing, bisa dapatkan di petshop atau toko online, jika sudah tersedia anda bisa menggunakan nya untuk menghilangkan kutu kucing entah setelah mandi atau saat anda ada waktu luang.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Sebaik nya sisir ini anda sediakan di rumah, karena menyisir bulu kucing menggunakan sisir khusus ini bisa sebagai tindak pencegahan adanya kutu pada kucing, dan ini termasuk salah satu cara merawat kucing yang benar.

  1. Membatasi Aktifitas di Luar Rumah

Jika kucing anda sifat nya suka pergi keluar rumah, ada kemungkinan besar kucing anda terkena kutu. Anda bisa membatasi keluar nya kucing, dengan menutup kandang atau pintu rumah dan menutup lubang – lubang dimana yang menyebabkan kucing bisa kabur.

Baca Juga  10 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan dan Penyebabnya

Ini bisa anda lakukan di awal ketika ada kemungkinan mulai terdapat kutu pada kucing peliharaan anda, agar kutu tidak menjadi lebih banyak.

  1. Membersihkan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan anda memang wajib dilakukan, entah punya kucing peliharaan atau tidak. Jika lingkungan anda bersih kemungkinan kucing terserang kutu sangat kecil.

  1. Membersihkan Lingkungan Kucing

Kebersihan lingkungan kucing bisa membuat kucing peliharaan anda menjadi tetap sehat, serta terhindar dari penyakit apapun. Anda harus mengontrol kebersihan nya setiap hari bahkan setiap saat, agar kesehatan kucing terjamin dan terbebas dari kutu.

Jika kucing anda di sediakan kandang sebaik nya di bersihkan secara rutin, agar tidak terdapat sarang yang menyebabkan kutu atau penyakit.

  1. Tanah Diatom

Tanah diatom sangat berguna untuk mengusir kutu kucing dari sekitar rumah, anda bisa mendapatkan tanah ini di petshop atau di online shop.

Penggunaan nya cukup tabur kan sedikit di lingkungan tempat tinggal anda dan pada kandang kucing peliharaan anda agar kucing  akan terhindar dari kutu.

Baca Juga  19 Cara Mudah Merawat Kucing Agar tetap Sehat

Itulah informasi dari Kebun Maker tentang cara menghilangkan kutu kucing, jika anda sudah tahu bagaimana buruknya kalau kucing terdapat kutu.

Maka lakukan lah tindakan pencegahan karena akan lebih mudah dan lebih baik, dengan cara merawat dengan baik kucing peliharaan anda. Terima kasih.