16 Cara Paling Mudah Merawat Kelinci di Rumah

Kelinci merupakan hewan yang di anggap lucu untuk di pelihara, yang tentu banyak digemari orang  karena relatif jinak, dan juga dapat dipelihara dengan fleksibel di mana saja.

Memelihara kelinci bisa di lakukan di dalam rumah, namun cara merawat kelinci di dalam rumah tidak bisa dilakukan dengan asal begitu saja.

Ada hal – hal yang perlu anda lakukan untuk memastikan bahwa kelinci yang anda miliki untuk di pelihara tersebut bisa dipelihara di rumah dengan baik.

Kelinci Lucu

Salah satu nya adalah mengetahui cara merawat kelinci peliharaan di rumah dengan baik dan benar.

Memelihara kelinci di rumah sebenar nya tidak sulit jika anda mengetahui cara merawat nya dengan benar, walaupun anda baru pertama kali memelihara kelinci.

Untuk mengetahui bagaimana cara memelihara kelinci di rumah, kali ini Kebun Maker akan membahas nya untuk anda.

16 Cara Merawat Kelinci di Rumah

  1. Menyediakan Tempat Tinggal Kelinci

Sediakan kandang untuk tempat tinggal yang cocok untuk memelihara kelinci anda, sesuaikan ukuran kandang dengan usia dan jumlah kelinci yang di pelihara. Biasanya ukuran kandang nya sekitar 1 × 0,6 × 0,6 meter per satu kelinci.

Baca Juga  10 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan dan Penyebabnya

Kandang kelinci yang bagus dan baik bisa menjadikan kelinci tumbuh dengan optimal, karena kelinci anda bisa beristirahat, selain itu juga menyediakan tempat yang baik untuk bermain atau yang lain nya.

Usahakan tidak membuat kandang dari kawat atau bahan lain nya yang tidak baik untuk kesehatan kelinci anda, karena bisa mengganggu aktivitas kelinci selama berada di dalam kandang.

Sediakan juga alas pada kandang, bisa menggunakan bahan alami seperti jerami atau lembaran kayu tertentu, misal nya dari lembaran kayu pinus.

Dan sediakan alas tidur yang terbuat dari bahan bubur kayu daur ulang yang memang dibuat untuk alas kandang kelinci peliharaan, ini bertujuan supaya kelinci peliharaan di kandang bisa tinggal dengan nyaman.

  1. Menyediakan Kotak Kotoran

Kotak kotoran termasuk  hal yang penting untuk anda sediakan saat memelihara kelinci, tersedia nya  kotak kotoran maka kelinci peliharaan dapat membuang kotoran nya dengan baik sehingga kotoran kelinci akan terlokalisir dengan baik.

Pada kotak kotoran bisa meletakkan beberapa lembar koran atau kertas yang tidak terpakai dan mengisi nya dengan jerami agar mudah dibersihkan dan nyaman untuk digunakan oleh kelinci.

Baca Juga  20 Cara Termudah Menghilangkan Kutu Kucing 

Penyediaan kotak kotoran ini juga bertujuan untuk mencegah kelinci peliharaan anda terserang penyakit yang bisa timbul dari kotoran nya sendiri.

  1. Menyediakan Tempat Persembunyian

Tempat persembunyian kelinci akan membantu kelinci peliharaan anda untuk bersembunyi dari berbagai hewan lain, khusus nya yang ia anggap sebagai hewan pemangsa dirinya.

Oleh karena itu sebaik nya tempat persembunyian tersebut terbuat dari bahan yang kuat, nyaman untuk kelinci anda.

Bahan yang bisa anda pakai untuk membuat tempat persembunyian bagi kelinci adalah kardus, plastik, atau bahan lain yang mudah di temukan dan di rangkai dari berbagai bahan di lingkungan sekitar.

Usahakan untuk memberikan ruang yang cukup di dalam tempat persembunyian tersebut, supaya bisa bergerak dengan leluasa dan tidak merasa stres selama bersembunyi.

  1. Membuatkan Mainan

Kelinci bisa anda buat kan mainan khusus yang digunakan hewan peliharaan anda ini untuk bermain,.

Salah satu jenis bahan yang baik digunakan sebagai mainan untuk kelinci adalah kardus karena kelinci bisa menggigit – gigit kardus tanpa perlu melukai tubuh nya dengan parah

Baca Juga  4 Cara Termudah Budidaya Cacing Sutra

Jika bahan lain mungkin bisa melukai mulut atau gigi kelinci peliharaan anda.

Halaman Selanjutnya ->