16 Cara Paling Mudah Merawat Kelinci di Rumah

  1. Memberikan Makanan yang Tepat

Kelinci membutuhkan makanan yang baik agar pertumbuhan nya optimal, biasa nya kelinci di beri makanan rumput jerami yang ideal untuk kelinci yang sedang tumbuh berkembang.

Kelinci

Berikan jenis makanan yang lain untuk melengkapi pemenuhan asupan nutrisi kelinci yang anda pelihara, seperti wortel dan beberapa sayuran lainnya.

Karena sayuran mengandung banyak vitamin. Selain sayuran juga ada beberapa buah buahan yang baik untuk kelinci.

Hindari memberi makanan yang tidak sehat untuk kelinci, karena bisa mengganggu kesehatan tubuh kelinci, misalnya mengganggu sistem pencernaan dan sistem imun pada kelinci.

Sayuran yang tidak baik untuk makanan kelinci adalah jagung, selada, tomat, kubis, kacang polong, kentang, bawang dan  bambu serta biji – bijian.

  1. Menyediakan Air yang Cukup

Anda bisa memberikan air bersih untuk minum dengan menggunakan tempat atau  wadah,  kemudian menaruh nya di dalam kandang.

Jangan lupa untuk selalu mengganti air minum nya secara berkala, agar kelinci terhindar dari penyakit yang disebabkan karena bakteri yang ada di dalam air minum atau dari air yang sudah kotor karena terkena berbagai macam hal.

  1. Memberi Vitamin

Agar kelinci peliharaan anda selalu sehat perlu di berikan vitamin, ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang di perlukan pada kelinci peliharaan anda.

  1. Memandikan Kelinci

Untuk menginginkan hewan peliharaan yang indah dan bersih memang perlu memandikan nya, akan tetapi usahakan jangan terlalu sering memandikan kelinci yang anda pelihara, karena bisa membahayakan nya.

  1. Menyikat Bulu Kelinci

Anda perlu menyikat atau menyisir bulu kelinci agar bulu pada kelinci yang rontok tidak terus menempel dan menggumpal pada bulu yang tidak rontok, sehingga tidak merusak bulu kelinci peliharaan anda.

  1. Potong Kuku Kelinci

Setiap 1 sampai 2 bulan sekali kuku kelinci perlu di potong agar tidak membahayakan pemilik kelinci saat ingin bermain – main dengan kelinci tersebut atau pun bisa membahayakan kelinci nya sendiri.

Baca Juga  16 Ciri-Ciri untuk Mengenali Kucing yang Hamil

Halaman Selanjutnya ->