16 Cara Paling Mudah Merawat Kelinci di Rumah

  1. Hati – Hati Saat Menggendong atau Memegang

Kelinci termasuk hewan yang sensitif, oleh sebab itu anda perlu berhati – hati ketika ketika sedang menggendong atau memegang nya.

Tubuh kelinci termasuk rentan dan harus diperlakukan dengan baik, sehingga perlu di jaga agar tidak melukai tubuh kelinci saat memegang nya.

Kelinci Anggora

Cara menggendong atau memegang kelinci adalah meletakkan tangan di bagian belakang dan depan tubuh kelinci kemudian menggendong seperti bayi.

Jangan mengangkat atau menggendong kelinci dengan menarik telinganya, karena telinga kelinci terdapat banyak saraf sehingga jika anda menarik nya dengan keras bisa membahayakan kelinci anda.

  1. Menyediakan Teman Bermain

Kelinci merupakan hewan yang suka bermain, maka tentu anda perlu menyiapkan alat dan waktu bermain yang tepat agar kelinci bisa bermain dengan bebas dan leluasa serta tidak mengalami stres.

  1. Memberikan Waktu di Luar Kandang

Anda bisa memberikan waktu pada kelinci peliharaan di luar kandang selama beberapa jam, agar kelinci bisa bebas ber aktivitas untuk melompat dan berlari – lari agar kesehatan nya terjaga.

Tentu nya dengan mengawasi ke mana saja kelinci pergi agar tidak terancam apabila terdapat predator yang membahayakan kelinci anda.

  1. Menjaga suhu kandang tetap optimal

Usahakan agar suhu udara pada sekitar kandang kelinci tetap terjaga dengan baik dan temperatur pada kandang kelinci ideal untuk pertumbuhan.

Salah satu cara menjaga suhu udara cara nya adalah dengan mengatur sirkulasi udara yang baik, dan memperhatikan berbagai unsur lain nya agar suhu pada kandang bisa optimal.

  1. Rutin Membersihkan Kandang

Membersihkan kandang kelinci secara rutin merupakan hal yang harus dilakukan, dengan cara membersihkan kandang dari kotoran yang ada di sekitar nya.

Anda harus menjaga tempat tinggal kelinci agar tetap baik dan bersih sehingga layak menjadi tempat yang tepat untuk pertumbuhan kelinci yang anda pelihara, sehingga selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

  1. Memeriksakan Kelinci ke Dokter

Apabila terjadi gejala – gejala sakit tertentu pada kelinci kesayangan anda maka segera memberikan obat setelah memeriksakan nya ke dokter, supaya tidak terjadi hal yang tidak anda ingin kan pada hewan kelinci peliharaan anda.

Itulah beberapa cara memelihara atau merawat kelinci dari Kebun Maker yang bisa anda terapkan saat memelihara kelinci.

Beberapa hal tersebut sebenar nya hampir sama dengan cara merawat kucing yang sudah di lakukan banyak orang, karena kucing hampir sama sepereti kelinci yaitu hewan yang lucu dan menggemaskan bagi pecinta nya.