19 Cara Mudah Merawat Kucing Agar tetap Sehat

Kucing terlihat seperti hewan yang mandiri, akan tetapi hewan peliharaan tentu memerlukan perawatan yang baik, supaya hewan selalu sehat.

Memelihara kucing bisa dilakukan dengan menggunakan kandang dan juga bisa tanpa kandang. Memelihara kucing tanpa kandang di anggap lebih baik sebab kucing lebih menyukai tempat yang bebas sehingga bisa leluasa bermain.

Potong Kuku Kucing

Selain itu bisa mencegah kucing stres berlebihan, walaupun kedua cara memelihara kucing ini membutuhkan perawatan yang hampir sama.

Hampir sama dengan cara merawat kelinci yang terbilang mudah, namun perawatan kucing peliharaan memerlukan tambahan perhatian karena kucing biasanya suka di luar, sehingga perlu lebih memperhatikan kebersihan nya.

Berikut ini cara merawat kucing tanpa kandang agar kucing peliharaan selalu sehat, ini bisa juga di coba bagi anda yang baru memelihara kucing.

Cara Merawat Kucing Agar Selalu Sehat

  1. Sterilkan Kucing

Steril kucing ini dengan cara operasi kebiri, membantu kucing yang bersifat senang berkeliaran dan juga buang air kecil sembarangan, ini juga bisa melindungi kucing dari berbagai penyakit, seperti tumor dan juga kanker.

Untuk kucing betina jika di steril kan juga bisa menjadi cara mengurangi kelahiran kucing yang tidak diinginkan. Untuk melakukan nya anda perlu konsultasi pada dokter ahlinya terlebih dahulu.

  1. Sediakan Tempat Khusus

Walaupun kucing dipelihara tidak menggunakan kandang, tapi kucing juga butuh tempat khusus yang nyaman serta memiliki privasi untuk tempat kucing bersantai dan beristirahat.

Sediakan bantal atau selimut yang lembut di tempat khusus tersebut, dan perlu di cuci secara berkala agar tetap bersih dan tidak menimbulkan penyakit.

  1. Sediakan Tempat Kotoran

Kucing yang di pelihara bebas juga harus dijaga kebersihan nya setiap hari, karena kucing menyukai tempat buang air yang bersih.

Untuk mencegah penyakit kulit pada kucing. Sediakan kotak kotoran yang bersih agar kucing tidak buang kotoran di tempat lain secara sembarangan.

  1. Memandikan Kucing

Kucing juga butuh mandi menggunkanan shampo untuk badanya, ini biasanya dilakukan seminggu sekali.

Tapi anda perlu berhati – hati dalam memandikan kucing, apalagi pada bagian sekitar mata.

  1. Menyisir Bulu Kucing

Kucing yang lebih sering berkeliaran harus dibersihkan secara rutin, untuk gigi sisir kucing yang berbulu panjang bisa dipilih yang tidak bergigi rapat.

Sedangkan untuk kucing berbulu pendek bisa dipilih yang bergigi rapat. Sedangkan untuk menyisir kucing yang masih kecil usahakan menggunakan sisir berukuran kecil dan lembut.

Menyisir Bulu Kucing

Menyisir bulu kucing ini temasuk penting karena untuk mengangkat bulu kucing yang sudah mati, membuang gumpalan bulu.

Dan bisa menghilangkan jamur pada kucing, serta menghindari terjadi nya benjolan pada kulit kucing sekaligus melancarkan aliran darah pada tubuh kucing.

Selain itu yang tidak kalah penting menyisir bulu kucing juga merupakan cara menghilangkan kutu kucing atau juga mencegah muncul nya telur kutu pada kucing yang bisa membahayakan hewan peliharaan anda ini.

Halaman Selanjutnya =>