19 Cara Mudah Merawat Kucing Agar tetap Sehat

  1. Bersihkan Gigi Kucing

Gigi kucing juga harus dibersihkan dengan teratur memakai sikat gigi yang lembut dan juga menggunakan pasta gigi khusus kucing.

Jangan menggunakan pasta gigi manusia sebab mengandung flourida yang bisa beracun untuk kucing.

Pertama biarkan kucing mencicipi pasta gigi tersebut agar terbiasa, setelah itu anda bisa mengoleskan pasta gigi tersebut pada gusi serta gigi memakai jari kemudian di sikat perlahan.

  1. Pelajari Jenis Makanan Kucing

Usahakan makanan kucing berkualitas dan spesifik sesuai jenis kucing peliharaan anda.

Beri Minum Kucing

Ikuti petunjuk penggunaan makanan yang tertera pada label kemasan pakan, dimana takaran makanan kucing akan diukur berdasarkan berat badan, umur dan juga tingkat aktivitasnya.

  1. Beri Makan Kucing Secara Teratur

Pada umum nya kucing lebih suka makan dalam porsi sedikit namun sering, untuk mencegah kucing mencari makanan sampah, maka pastikan untuk memberikan makanan nya secara teratur setiap hari.

  1. Biarkan Kucing Bermain Dengan Makanan

Jika kucing bermain dengan makanan nya maka biarkan saja, supaya kucing anda tidak terlalu sering pergi keluar rumah dan tidak bosan.

Baca Juga  16 Ciri-Ciri untuk Mengenali Kucing yang Hamil

Cara nya simpan makanan kucing pada sebuah wadah, lalu lubangi sisi wadah tersebut kemudian biarkan kucing bermain dengan wadah tersebut untuk mendapatkan makanannya.

Cara ini sangat baik untuk menjaga keaktifan kucing peliharaan dan bisa mengurangi  kucing mengalami stres.

  1. Berikan Minum Cukup

Jika memberikan kucing makanan kering, maka perlu menyediakan juga air minum bersih yang mudah di gunakan kucing.

  1. Berikan Vitamin

Selain perlengkapan untuk kebutuhan kenyamanan kucing, vitamin yang perlu diberikan kepada kucing, karena berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing.

  1. Ajak Kucing Bermain

Agar kucing aktif bergerak sambil olah raga, maka anda bisa mengajak kucing pelihraan untuk bermain, misalnya bermain memakai mainan seperti bulu, tikus mainan, bola kertas, alat pancing dan juga senter.

Ajak Kucing Bermain

Bermain dengan kucing peliharaan anda juga hal yang sangat penting, supaya kucing bisa merasa diperhatikan sehingga tidak setres dan menjadi lebih akrab dengan pemiliknya.

  1. Kenalkan Dengan Hewan Peliharaan Lain

Biarkan kucing peliharaan anda bermain dengan kucing peliharaan lain, agar terbiasa dengan bau kucing yang baru, yakni dengan menyediakan kain tempat tidur kucing lainnya. Dan tentu memberikan makanan dengan wadah yang berbeda supaya bisa belajar saling menghubungkan bau kucing lainnya.

  1. Potong Kuku Dengan Teratur

Usahakan potong kuku kucing secara teratur, biasanya 2 kali dalam sebulan, untuk mencegah kucing merusak perabotan di sekitar rumah anda, dan juga tidak membahayakan jika ada yang mengajaknya bermain – main.

  1. Siapkan Tempat Mencakar

Alternatif lain untuk menjaga kuku kucing selain dengan memotong kuku adalah dengan menyiapkan tempat atau alat untuk mencakar atau scratching agar kukunya bisa tetap tumpul dan tidak menyakiti manusia atau merusak perabotan.

Baca Juga  4 Cara Termudah Budidaya Cacing Sutra

Halaman Selanjutnya =>