19 Cara Mudah Merawat Kucing Agar tetap Sehat

  1. Perhatikan Gejala Penyakit Kucing

Apabila kucing peliharaan anda sakit yang merupakan penyebab kucing anda tidak mau makan, maka segera bawa ke dokter hewan, sebelum terjadi hal yang tidak di inginkan dari kucing peliharaan anda.

Ada beberapa gejala kucing sakit yang biasanya terjadi seperti :

  • Mata : Kucing sakit akan mengeluarkan cairan, mata berwarna merah, juling, katarak dan sering menggaruk.
  • Telinga : Telinga kucing sakit akan menimbulkan gatal, keluar cairan dan bau tidak sedap.
  • Pernafasan : Gangguan pernafasan kucing akan terlihat dari kucing sering bersin disertai cairan, batuk terus menerus dan sulit bernafas.
  • Kulit : Terdapat benjolan, gumpalan, pembengkakan, luka, gatal berlebihan dan kulit yang berubah menjadi kuning.
  1. Lakukan Spaying dan Vaksinasi

Memberikan Vaksinasi pada kucing sangat penting, untuk mencegah penyakit leukemia, rabies dan juga FIV. Untuk mengetahui jenis vaksin apa saja yang dibutuhkan, maka anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan pliharaan anda.

  1. Lakukan Pemeriksaan Tahunan

Kucing yang dipelihara tanpa kandang terlebih kucing anggora harus perlu pemeriksaan tahunan ke dokter spesialis kucing.

Karena lebih sering berkeliaran keluar rumah. Pemeriksaan ini sangat disarankan untuk mendeteksi apabila ada penyakit pada kucing peliharaan atau untuk mengantisipasi timbulnya penyakit pada kucing.

  1. Tutup Rapat Tempat Sampah

Kucing yang dipelihara tidak dalam kandang akan lebih sering menjelajahi seluruh isi rumah, oleh karena itu pastikan semua tempat sampah tertutup dengan rapat supaya kucing tidak makan sampah sembarangan, dan untuk menjaga kebersihan kucing kesayangan anda.

Itulah cara merawat kucing, terbilang mudah kan. Hal yang harus anda perhatikan adalah memastikan kuku kucing tetap pendek.

Supaya aman dan pastikan memberi makanan dengan teratur serta vaksin untuk mencegah kucing peliharaan terkena penyakit.

Demikian informasi yang membahas tentang cara merawat kucing dari Kebun Maker, bisa anda praktekan di rumah. Semoga bermanfaat untuk anda, Terima Kasih.