16 Ciri-Ciri untuk Mengenali Kucing yang Hamil

Perlu anda ketahui apabila anda memelihara kucing kesayangan betina, seperti hewan mamalia lain nya, kucing bisa mengalami masa kehamilan untuk kemudian menghasilkan keturunan nya.

Mengenali kehamilan pada kucing dapat membantu untuk mempersiapkan kelahiran bayi kucing nanti nya, misal dengan menambah asupan vitamin pada makanan kucing.

Tentu ini suatu hal yang menyenangkan dari kucing yang di pelihara, karena kucing bisa bertambah banyak.

Masa Kehamilan Kucing

Apabila anda berniat untuk mengembangbiakkan kucing peliharaan, anda perlu mengenali ciri – ciri kucing hamil agar bisa membantu lahir nya keturunan kucing tersebut dan bisa lahir dengan sehat.

Tanda – tanda kucing hamil bisa saja cukup sulit untuk dikenali, tapi adanya tanda – tanda berikut ini anda bisa membedakan jika kucing yang anda pelihara mempunyai kebiasaan dan bentuk fisik yang berbeda seperti kebiasaan yang di lakukan dan bentuk tubuh sebelum nya.

Kucing betina akan bisa hamil saat menginjak usia empat bulan, meskipun pada usia itu kucing betina dianggap masih terlalu kecil untuk hamil, yang sebenar nya usia ideal untuk seekor kucing hamil adalah sudah menginjak usia 12 bulan.

Baca Juga  4 Cara Termudah Budidaya Cacing Sutra

16 Ciri – Ciri Kucing Hamil

  1. Kucing Menjadi Lebih Sering Tidur

Kucing yang sedang hamil cenderung lebih sering untuk tidur, namun nafsu makan nya cenderung meningkat. Dan kucing lebih sering tidur ini bukan dalam keadaan kucing tersebut sedang sakit.

  1. Puting Susu Memerah dan Membesar

Puting susu  memerah dan membesar biasa nya terjadi pada hari ke-15 atau ke-18 dari awal kehamilan, ini bisa disebut juga sebagai pinking up yaitu tanda bahwa kucing tersebut sedang mempersiapkan diri nya untuk menyusui bayi nya jika sudah lahir.

Akan tetapi ini bukan merupakan tanda kucing hamil saja, namun ini juga bisa terjadi sebagai tanda bahwa kucing sedang dalam masa birahi.

  1. Punggung Kucing Melengkung

Saat kucing hamil bisa anda amati bahwa punggung nya tampak agak melengkung, berbeda pada kucing biasa nya punggung kucing tidak hamil akan tampak datar dan biasa, dan akan terlihat semakin jelas ketika perut nya mulai membesar.

  1. Perutnya Membulat

Jika perut  kucing sedikit membulat atau menggembung kemungkinan besar kucing sedang hamil, perlu berhati – hati saat memperlakukan perut kucing sedang hamil, jika terkena tekanan terlalu keras, bisa saja menimbulkan resiko keguguran pada kucing.

  1. Rambutnya Mudah Rontok

Biasanya kucing betina yang sedang hamil akan mengalami kerontokan pada bulu nya, bisa anda amati bahwa bulu kucing akan tampak lebih tipis dibanding biasa nya.

Baca Juga  19 Cara Mudah Merawat Kucing Agar tetap Sehat

Ini disebabkan karena kucing mengalami kehamilan yang menimbulkan diproduksi hormon tertentu dalam tubuh yang mempengaruhi produksi minyak di lapisan kulit nya.

Dan kerontokan bulu ini biasa nya akan berakhir setelah satu atau dua minggu dalam masa kehamilan.

Halaman Selanjutnya ->