16 Ciri-Ciri untuk Mengenali Kucing yang Hamil

  1. Mulai Mencari Sarang

Di akhir masa kehamilan kucing akan mulai mencari sarang atau tempat yang aman dan nyaman untuk mempersiapkan kelahiran bayi nya.

Biasa nya kucing akan memilih tempat yang hangat dan tenang serta aman sebagai tempat dia melahirkan.

Tempat tersebut juga akan menjadi tempat bayi – bayi nya menghabiskan hari – hari pertama kehidupan bayi kucing.

Jika ini terjadi  anda bisa membantu mempersiapkan tempat yang nyaman untuk kucing peliharaan anda, misalnya dengan menyediakan tumpukan handuk kering dan hangat di tempat yang kemungkinan kucing inginkan untuk melahirkan bayi nya.

  1. Keluar Air Susu

Keluarnya air susu dari puting kucing anda menandakan bahwa kucing sedang hamil tua, dan bisa diperkirakan bahwa kucing peliharaan anda akan melahirkan dalam 2 sampai 3 minggu ke depan.

  1. Hasil USG Menunjukkan Hasil yang Positif

Anda bisa membawa kucing peliharaan anda ke dokter hewan untuk di periksa kehamilan nya, untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dokter hewan akan melakukan USG untuk memeriksa perut kucing.

Morning Sickness Kucing

Biasanya tindakan ini bisa di pastikan kehamilan nya saat usia kandungan kucing mencapai usia 3 minggu.

Itulah ciri – ciri kucing hamil yang perlu anda ketahui jika memelihara nya, selain itu berikut ini ada beberapa fakta mengenai kucing saat hamil.

Fakta Kucing Saat Hamil

  • Lama kucing hamil

Rata – rata kucing betina mempunyai masa kehamilan sekitar 65 hari dalam interval 64 sampai 67 hari, ada juga yang menyebutkan kalau masa masa kehamilan kucing selama 58 sampai 74 hari. Dan kucing juga ada yang melahirkan secara prematur, jika kesehatan janin kucing kurang baik.

Sekedar informasi buat anda, bahwa kucing akan mengandung janin paling sedikit 1 dan paling banyak adalah 13, dan rata – rata kucing betina yang hamil akan melahirkan 4 hingga 6 anak kucing.

Jika kucing mengandung 1 janin, kemungkinan besar tidak melahirkan secara normal tetapi dengan operasi caesar, karena badan janin kucing yang besar yang dapat menyebabkan calon bayi susah di lahirkan secara normal.

  • Makanan Kucing Hamil

Saat kucing peliharaan anda hamil mungkin ter pikirkan tentang makanan nya, jangan sampai terjadi kucing tidak mau makan , tentu kucing kesayangan anda perlu diberi makanan terbaik, yaitu makanan yang bergizi tinggi.

Anda bisa memilih makan kucing dengan brand yang sudah terbukti kualitas nya, apalagi jika makanan sudah di formulasi kan untuk kebutuhan kucing saat hamil.

Untuk porsi makanan kucing saat hamil tentu lebih banyak dari ketika kucing tidak hamil dan juga sesekali perlu memberi suplemen kalsium untuk memperkaya produksi air susu kucing.

Mungkin ada baik nya kalau kucing kesayangan anda rutin check up ke dokter untuk memeriksa keadaan induk kucing dan janin nya.

Ini bertujuan untuk menambah kesiapan kucing kesayangan anda yang akan melahirkan dan memiliki keturunan.

Itulah informasi dari Kebun Maker mengenai ciri-ciri kucing hamil, dan hal yang terkait dan perlu anda di ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, terima kasih.