10 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan dan Penyebabnya

Nafsu makan Kucing menurun merupakan hal yang perlu anda perhatikan, sebelum hewan peliharaan anda ini mengalami hal yang tidak anda inginkan.

Karena penyebab kucing malas makan terkadang susah diketahui, dan tidak boleh di biarkan secara berlarut – larut.

Kucing bisa lebih rentan terkena penyakit jika tidak makan walau satu hari saja, apabila ini terjadi saat proses pembakaran lemak pada tubuh kucing.

Dekatkan Makanan ke Hidung Kucing

Ada semacam perubahan metabolisme yang menyebabkan rusak nya jaringan organ hati yang bisa disebut dengan Hepatik Lipidosis. Jadi organ hatinya bisa rusak dan pada akhirnya kucing nya bisa mati.

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan :

Cara ini sudah banyak di coba orang untuk mengatasi apabila kucing kita malas makan, apabila hewan peliharaan anda mengalami nya anda perlu bersabar untuk merawatnya.

Ini di lakukan sebagai upaya agar kucing peliharaan anda tetap sehat, karena jika kucing malas makan dan di biarkan maka bisa membahayakan.

Apalagi jika hewan peliharaan anda ini memiliki ciri ciri kucing hamil tentu upaya ini harus segera di lakukan agar kucing dan calon bayi nya tetap baik dan sehat.

  1. Beri Makanan Kucing yang Bervariasi

Sebaik nya saat memelihara hewan kucing memberi pakan yang bervariasi, karena bisa menjaga mood hewan peliharaan anda agar selalu tinggi, selain itu bisa menambah nutrisi yang di butuhkan tubuh kucing.

Misalnya, jika kucing biasa anda beri makanan yang kering, cobalah untuk mengganti dengan makanan kucing kalengan yang basah, atau anda juga bisa mencampur makanan yang basah dengan makanan kering. Tapi perlu di ketahui bahwa memberi makanan basah terlalu sering pada kucing, bisa menyebabkan karang dan fel yang berlebih pada gigi kucing peliharaan anda.

  1. Dekatkan Makanan ke Hidungnya

Terkadang ada kucing yang terlalu malas untuk beranjak dari tempat  nya dan tidak mau  mendekati makanan nya, maka cobalah untuk mendekatkan makanan ke hidung dan mulut kucing, sehingga nafsu makan  kucing bisa bangkit, dan memancing nafsu makan kucing anda untuk mau mendekati makanan nya dan mulai makan dengan lahap.

  1. Menyuapi Kucing

Apabila kucing sedang tidak punya nafsu untuk makan cobalah untuk menyuapinya, menyuapi kucing bisa dengan bermain – main dengan nya, agar mau bergerak aktif sehingga kucing tidak terlalu menjadi pemalas terutama untuk makan.

  1. Beri Obat Sakit Mulut

Ini di lakukan apabila kucing anda mengalami sakit mulut sebagai penyebab tidak mau makan, jenis obat nya perlu anda tanyakan pada orang yang sudah pernah mencoba atau menyediakan nya.

  1. Beri Vitamin

Kucing peliharaan anda juga bisa diberi vitamin tambahan untuk menambah nafsu makan nya, jenis vitamin bisa anda cari di toko pemelihara kucing atau di toko online. Biasanya vitamin B kompleks dan lysin yang di gunakan karena bisa menambah nafsu makan sekaligus mencegah virus herpes dan flu kucing.

  1. Ajak Bermain

Ajak kucing anda bermain agar kucing tidak merasa bosan, apalagi jika kucing anda baru dari adopsi, dengan mengajak bermain dan beraktivitas ini akan membantu kucing lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Sehingga kucing anda merasa senang dan nafsu makan nya pun lebih terjaga.

  1. Beri Tempat yang Nyaman

Usahakan hewan kucing peliharaan anda jauh dari lingkungan yang membuat nya stress dan tertekan, pastikan tidak ada hewan lain yang terlalu agresif pada nya. Jauhkan kucing liar kampung atau kucing tetangga yang galak.

Berikan kucing peliharaan anda tempat tidur yang nyaman, supaya kucing kesayangan anda lebih tenang.

  1. Bawa ke Dokter

Ini di lakukan jika anda masih khawatir dengan kondisi kucing yang masih tetap tidak mau makan, maka tidak ada salah nya untuk membawa kucing peliharaan anda ke dokter hewan.

Bisa saja dokter akan memberinya Tube Feeding atau pemberian makan melalui selang khusus langsung ke lambung nya, dan jika kucing anda memang sakit, dokter akan memberi obat atau vitamin yang tepat untuk kesehatan kucing anda.

  1. Tube Feeding

Tube Feeding ini hanya dilakukan oleh dokter hewan atau ahli spesialis kucing, dengan cara pemberian makanan dengan memasukkan makanan ke dalam perut kucing melalui selang khusus.

Cara ini diperuntukkan pada hewan yang sedang sakit atau tidak dapat menelan atau pun mengunyah makanan secara sempurna, dan juga biasa nya di gunakan pada anak kucing yang tidak bisa menyusu langsung atau pun tidak bisa menyusu menggunakan dot.

  1. Jangan Campur kan Obat di Dalam Makanan

Biasanya kucing dapat mendeteksi dengan baik apa saja yang tercampur di dalam makanan nya, termasuk obat, ini dikarenakan indra penciuman kucing yang termasuk tajam.

Jadi apabila memberikan obat secara sebaik nya secara terpisah, serta berikan makanan nya dengan jarak waktu yang teratur.

Itulah beberapa cara mengatasi apabila mendapati hewan peliharaan anda yaitu kucing tidak mau makan, anda tidak perlu terlalu khawatir lagi.

Kondisi Tempat Makan Kucing Lembab

Anda cukup perlu mengenali penyebab nya dan memberi kucing anda perlakuan yang tepat.

Apabila anda memelihara kucing tentu harus anda rawat dengan sabar ketika hewan peliharaan anda sedang dalam kondisi kurang baik, dan peliharalah kucing dengan baik termasuk memperhatikan cara memandikan kucing.

Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang banyak di pelihara, karena merupakan hewan yang manja dan lucu serta cukup mudah untuk dipelihara.

Mungkin beberapa alasan inilah yang termasuk menjadikan alasan banyak orang jatuh cinta kepada kucing.

Dan apabila terjadi kucing tidak mau makan maka segera di tangani, namun sebelum menangani anda harus mengetahui penyebabnya. Berikut ini penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya.

Apabila anda memelihara kucing dan hewan peliharaan tersebut  tidak mau makan, segera kenali penyebab nya untuk di lakukan tindakan, karena apabila di biarkan saja bisa membahayakan.

Halaman Selanjutnya =>