10 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan dan Penyebabnya

Penyebab Kucing tidak mau makan :

  1. Bosan Dengan Makanannya

Kucing peliharaan anda bisa saja bosan dengan makanan yang di berikan setiap hari, terutama jika kucing di beri makanan yang itu – itu saja setiap hari.

  1. Tidak Nafsu Makan

Terkadang ada kalanya kucing kehilangan nafsu makan, terlihat saat kucing merasa malas makan dan lebih memilih untuk bermalas-  malasan dan sering tidur.

  1. Sakit Mulut

Ada kemungkinan terdapat luka di mulut kucing, yang bisa membuat nya merasa sakit saat makan, sehingga nafsu makan nya hilang karena rasa sakit pada mulut nya.

  1. Terganggu nya Sistem Pencernaan

Terganggu nya sistem pencernaan pada kucing ini bisa saja berasal dari makanan nya yang kurang berkualitas, karena ada parasit atau benda asing lain yang masuk ke tubuh kucing yang bisa memicu masalah pencernaan pada kucing peliharaan anda.

Ada beberapa penyakit pencernaan pada kucing, diantaranya radang akut atau kronis yang menyerang membran lapisan usus besar dan juga bisa penyakit pencernaan akibat adanya cacing dan protozoa di perutnya.

  1. Malas

Ada kalanya juga kucing merasa malas dan hanya ingin tidur seharian, sehingga bisa menyebabkan kucing tidak mau makan. Hal ini lebih sering terjadi pada kucing ras, khusus nya kucing Persia.

  1. Sakit

Bisa saja kucing peliharaan anda mengalami sakit selain sakit mulut dan sakit karena pencernaan yang membuat nya merasa lemas dan muntah-muntah, diantara nya :

  • Pankreatitis atau peradangan, yang terjadi pada organ pankreas kucing.
  • Kanker, misalnya limfoma pada usus
  • Perubahan lingkungan bakteri usus.

Hal ini tentu membuat kucing hewan peliharaan anda tidak nyaman dan kehilangan nafsu makan.

  1. Stress

Kucing juga bisa merasa stress yang berakibat kucing tidak mau makan, dan sebab kucing bisa  mengalami stress biasanya karena dua macam, yaitu lingkungan dan tekanan. Contoh nya, jika kucing tersebut baru anda adopsi dan dia masih dalam masa adaptasi, biasanya kucing tersebut rentan mengalami stress di awal.

  1. Sedang Dalam Masa Birahi

Penyebab kucing tidak mau makan yang lain bisa saja karena kucing yang sedang mengalami masa birahi namun tidak mendapat pasangan, sehingga hewan peliharaan bisa merasa tertekan dan kehilangan nafsu makan.

  1. Perubahan Cuaca Panas

Pada umumnya kucing menyukai tempat yang hangat dan menyesuaikan kondisi suhu tubuh nya, dan ada nya perubahan cuaca juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab kucing tidak mau makan, karena cuaca yang sangat panas kucing enggan makan dan memilih untuk tidur.

  1. Kondisi Tempat Makan Lembab

Tempat makan bagi kucing harus selalu bersih setiap ingin memberi makan kucing, karena jika tempat makan tidak kering atau masih ada sisa air maka menjadikan makanan kucing lembab, sehingga nafsu makan kucing berkurang dan bisa menjadi tidak mau makan.

Itulah beberapa penyebab kucing tidak mau makan, apa bila itu terjadi pada hewan kucing peliharaan anda tidak perlu panik, karena anda bisa mencoba mengatasi nya, dengan mencoba cara berikut ini.

Demikian informasi dari Kebun Maker tentang penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk anda, terima kasih.