9 Macam Makanan Burung Hantu Sesuai Jenisnya

Keberhasilan beberapa petani dalam pemanfaatan burung yang satu ini untuk tujuan membasmi hama tikus di sawah tentu membuat banyak petani di daerah lain mencoba untuk menerapkan cara yang sama untuk membasmi hama tikus.

Jenis burung yang gampang di jumpai di Indonesia adalah jenis burung celepuk, yang juga di manfaat kan para petani untuk membantu membasmi hama tikus, namun sayang nya burung celepuk ini gampang stress.

Makanan Burung Hantu

Oleh karena itu jika anda ingin memelihara jenis burung yang satu ini membutuhkan perawatan yang maksimal, agar bisa bertahan hidup lebih lama.

Makanan Burung Hantu

Bagi anda yang ingin memelihara burung yang satu ini, sebaiknya anda mengetahui makanan nya, hal itu tentu bertujuan untuk menghindari kesalahan yang mungkin bisa terjadi dalam pemberian pakan yang salah yang bisa berakibat kurang baik bagi burung itu sendiri.

Kali ini Kebun Maker juga membahas tentang daftar makanan burung yang biasa hidup di malam hari ini, sesuai dengan jenis nya masing-masing.

  1. Burung Hantu Celepuk

Burung hantu celepuk yang biasa dipelihara oleh banyak orang ini makanan nya adalah berbagai macam jenis serangga dan juga burung -burung yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil,.

Jadi anda bisa memberi makan burung ini dengan jangkrik dan berbagai jenis anakan unggas, seperti anak ayam dan puyuh.

  1. Burung Hantu Barn Owl

Burung ini juga dikenal dengan Tyto Alba, merupakan jenis burung hantu yang banyak digunakan sebagai pengendali hama tikus di pertanian.

Burung jenis ini merupakan pemangsa mamalia kecil seperti tikus, tupai, dan beberapa jenis burung-  burung kecil lain.

Jika susah menemukan tikus atau hewan pengerat di sekitar, burung Barn Owl ini juga bisa di beri makan dengan anak ayam.

  1. Burung Hantu Buffy Fish Owl

Burung hantu Buffy Fish Owl banyak dipelihara oleh para pecinta burung yang telah berpengalaman, burung ini salah satu jenis burung pemangsa ikan ketika berada di alam liar.

Anda bisa memberikan jenis ikan yang umum disukainya seperti ikan patin dan lele, selain itu bisa di kombinasi dengan pakan lain, seperti hewan kecil pengerat dan burung kecil juga baik diberikan untuk melengkapi kebutuhan makannya.

  1. Burung Hantu Bubo

Burung ini juga banyak dikenal dengan sebutan Eagle Owl karena penampakan nya yang mirip elang putih.

Burung Bubo terkenal sulit untuk dipelihara bagi pemula, karena memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dari jenis burung hantu lainnya.

Jika anda memeliharanya bisa memberikan pakan berupa tikus putih, burung kecil seperti burung pipit dan juga anakan unggas seperti anak ayam, serta anak burung puyuh.

  1. Burung Hantu Salju

Jenis burung ini memang cukup langka ditemui di Indonesia, karena perbedaan habitat asli nya kurang cocok. Burung jenis ini memakan ikan, anakan burung lain juga kerap ia mangsa plus anakan tikus juga menjadi makanan favorit nya.

  1. Burung Hantu Spotted Wood Owl

Jenis burung hantu ini sangat suka makanan berupa daging – daging an, bisa juga makanan pokok nya yaitu tikus putih yang merupakan makanan favorit dari semua jenis burung hantu.

  1. Burung Oriental Bay Owl

Burung hantu jenis oriental bay owl ini sangat suka memakan serangga – serangga kecil seperti jangkrik dan tikus-tikus kecil.

Burung hantu jenis ini memiliki ciri khas yang sangat mencolok yaitu memiliki warna merah pada kelopak matanya, dan burung ini juga sangat aktif pada malam hari untuk berburu makanan.

  1. Burung Hantu Javan Owlet

Burung hantu jenis Hantu Javan Owlet  makanan nya sama dengan Burung hantu jenis oriental bay owl , burung ini sangat suka makan serangga-serangga kecil seperti jangkrik dan tikus-tikus kecil atau anakan.

  1. Burung Hantu brown Hawk Owl

Jenis burung hantu brown hawk owl suka makan anak ayam, jangkrik, tikus putih dan burung emprit.

Itulah beberapa jenis makanan burung hantu sesuai jenisnya, apabila anda saat ini sedang memelihara burung hantu usahakan pakan nya bervariasi, namun tetap sesuai selera burung hantu yang anda pelihara.

Halaman Selanjutnya ->