Makanan Burung Hantu

Keberhasilan beberapa petani dalam pemanfaatan burung yang satu ini untuk tujuan membasmi hama tikus di sawah tentu membuat banyak petani di daerah lain mencoba untuk menerapkan cara yang sama untuk membasmi hama tikus.

Jenis burung yang gampang di jumpai di Indonesia adalah jenis burung celepuk,.

Yang juga di manfaat kan para petani untuk membantu membasmi hama tikus, namun sayang nya burung celepuk ini gampang stress.

Oleh karena itu jika anda ingin memelihara jenis burung yang satu ini membutuhkan perawatan yang maksimal, agar bisa bertahan hidup lebih lama.

Bagi anda yang ingin memelihara burung yang satu ini, sebaiknya anda mengetahui makanan nya.

Hal itu tentu bertujuan untuk menghindari kesalahan yang mungkin bisa terjadi dalam pemberian pakan yang salah yang bisa berakibat kurang baik bagi burung itu sendiri.

Kali ini Kebun Maker juga membahas tentang daftar makanan burung yang biasa hidup di malam hari ini, sesuai dengan jenis nya masing-masing.

Makanan Burung Hantu

Makanan Burung Hantu

  1. Burung Hantu Celepuk

Burung hantu celepuk yang biasa dipelihara oleh banyak orang ini makanan nya adalah berbagai macam jenis serangga dan juga burung -burung yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil,.

Jadi anda bisa memberi makan burung ini dengan jangkrik dan berbagai jenis anakan unggas, seperti anak ayam dan puyuh.

  1. Burung Hantu Barn Owl

Burung ini juga dikenal dengan Tyto Alba, merupakan jenis burung hantu yang banyak digunakan sebagai pengendali hama tikus di pertanian.

Burung jenis ini merupakan pemangsa mamalia kecil seperti tikus, tupai, dan beberapa jenis burung-  burung kecil lain.

Jika susah menemukan tikus atau hewan pengerat di sekitar, burung Barn Owl ini juga bisa di beri makan dengan anak ayam.

  1. Burung Hantu Buffy Fish Owl

Burung hantu Buffy Fish Owl banyak dipelihara oleh para pecinta burung yang telah berpengalaman, burung ini salah satu jenis burung pemangsa ikan ketika berada di alam liar.

Anda bisa memberikan jenis ikan yang umum disukainya seperti ikan patin dan lele, selain itu bisa di kombinasi dengan pakan lain, seperti hewan kecil pengerat dan burung kecil juga baik diberikan untuk melengkapi kebutuhan makannya.

  1. Burung Hantu Bubo

Burung ini juga banyak dikenal dengan sebutan Eagle Owl karena penampakan nya yang mirip elang putih.

Burung Bubo terkenal sulit untuk dipelihara bagi pemula, karena memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dari jenis burung hantu lainnya.

Jika anda memeliharanya bisa memberikan pakan berupa tikus putih, burung kecil seperti burung pipit dan juga anakan unggas seperti anak ayam, serta anak burung puyuh.

  1. Burung Hantu Salju

Jenis burung ini memang cukup langka ditemui di Indonesia, karena perbedaan habitat asli nya kurang cocok. Burung jenis ini memakan ikan, anakan burung lain juga kerap ia mangsa plus anakan tikus juga menjadi makanan favorit nya.

  1. Burung Hantu Spotted Wood Owl

Jenis burung hantu ini sangat suka makanan berupa daging – daging an, bisa juga makanan pokok nya yaitu tikus putih yang merupakan makanan favorit dari semua jenis burung hantu.

  1. Burung Oriental Bay Owl

Burung hantu jenis oriental bay owl ini sangat suka memakan serangga – serangga kecil seperti jangkrik dan tikus-tikus kecil.

Burung hantu jenis ini memiliki ciri khas yang sangat mencolok yaitu memiliki warna merah pada kelopak matanya, dan burung ini juga sangat aktif pada malam hari untuk berburu makanan.

  1. Burung Hantu Javan Owlet

Burung hantu jenis Hantu Javan Owlet  makanan nya sama dengan Burung hantu jenis oriental bay owl , burung ini sangat suka makan serangga-serangga kecil seperti jangkrik dan tikus-tikus kecil atau anakan.

  1. Burung Hantu brown Hawk Owl

Jenis burung hantu brown hawk owl suka makan anak ayam, jangkrik, tikus putih dan burung emprit.

Itulah beberapa jenis makanan burung hantu sesuai jenisnya, apabila anda saat ini sedang memelihara burung hantu usahakan pakan nya bervariasi, namun tetap sesuai selera burung hantu yang anda pelihara.

Cara Merawat Burung Hantu :

  1. Gunakan Sangkar Yang Cukup Besar

Seperti cara beternak lovebird , burung hantu celepuk akan lebih cocok dan tentu menyukai kandang yang luas, karena burung hantu bisa leluasa bergerak.

Burung hantu bergerak berdasarkan mood atau keinginan nya, akan sangat gawat jika burung hantu merasa stress karena tidak bisa leluasa bergerak.

Sediakan tangkringan dalam kandang, karena burung hantu lebih sering bertangkring. Sesekali burung hantu perlu di keluar kan dari kandang untuk memberi suasana alam bebas.

Namun dalam keadaan di beri tali yang di kaitkan antara tangkringan dengan kaki burung supaya burung hantu yang di pelihara yang belum jinak tidak lepas atau kabur.

  1. Kandang bearada di Tempat Teduh

Burung hantu celepuk sebagai salah satu binatang yang hidup lebih aktif pada malam hari, itulah sebabnya burung hantu lebih baik di letak kan pada kandang yang tidak terkena sinar matahari langsung dan kandang dalam keadaan teduh.

Tidak seperti burung kicauan yang terlalu senang berjemur saat  burung berkicau, pada malam hari lebih baik mematikan lampu pada kandang.

Karena burung hantu sebagai hewan malam yang mempunyai pandangan lebih baik di malam hari, di alam bebas hantu celepuk hanya di bantu dengan cahaya bulan saja.

  1. Memperhatikan Pakan Burung

Burung hantu celepuk yang berusia muda atau berumur sekitar 3 bulan bisa di beri pakan berupa  jangkrik, setiap 2 kali sehari yaitu saat pagi dan sore. Berikan beberapa jangkrik secukup nya setiap sekali makan.

Saat memberi makan jangkrik pada burung hantu caranya dengan menyuapinya, apabila merasa takut jika digigit oleh paruh burung hantu yang tajam ada cara yang lebih aman.

Yaitu dengan cara menusuk jangkrik menggunakan lidi panjang kemudian berikan langsung ke mulut burung hantu yang di pelihara.

  1. Menjalin Keakraban

Burung hantu celepuk termasuk hewan yang suka mengikuti gerakan mangsa nya, bahkan burung hantu yang satu ini bisa memutarkan kepalanya hingga 180 derajat dan burung hantu terkenal dengan bola mata yang tajam.

  1. Sering Berinteraksi

Saat memelihara burung hantu celepuk harus sering dan terbiasa di ajak berinteraksi, agar burung hantu lama – kelamaan bisa berinteraksi dengan baik.

Salah satu cara berinteraksi dengan burung hantu celepuk  adalah dengan cara menatap matanya, cara berinteraksi ini bisa dai lakukan pada setiap pagi dan sore hari.

Ini di lakukan jika ingin lebih dekat dengan burung hantu peliharaan anda, karena burung hantu ini termasuk salah satu hewan yang setia pada pasangan nya, dan termasuk salah satu hewan yang mudah diatur dan penurut dengan pemelihara nya.

  1. Menjaga Kebersihan Kandang

Burung hantu di alam bebas memakan makanan nya dengan cara mencabik lalu menelan nya, pada saat di pelihara burung tidak akan menelan bagian makanan yang di anggapnya sulit di makan, maka kandang burung hantu harus selalu di jaga kebersihan nya.

Selain itu di jaga kebersihan kandang dari kotoran, agar tidak timbul penyakit yang di sebabkan oleh kotoran burung itu sendiri.

  1. Membersihkan Perlengkapan

Saat membersihkan kotoran pada kandang usahakan juga membersihkan perlengkapan pemeliharaan burung hantu ini, misalnya pada tempat makan, tempat minum, yang harus di bersihkan karena mungkin telah terkena kotoran.

  1. Memandikan Burung Hantu

Salah satu cara agar burung hantu celepuk tidak gampang stress adalah dengan memandikan nya, dengan cara menyemprotkan air menggunakan semprotan burung atau memberikan air pada wadah untuk mandi dan ini di lakukan cukup setiap satu minggu sekali.

  1. Menjinakan Burung Hantu

Ada yang berpendapat trik utama jika ingin menjinakkan yaitu dengan membiarkan burung hantu melihat pemelihara nya tertidur.

Karena burung hantu akan menganggap jika pemelihara nya tidak akan menyakiti burung hantu.

Sebenarnya ada cara lain yang lakukan untuk menjinakkan burung hantu ini, yaitu dengan melatih burung hantu celepuk pada saat di beri makan untuk jangkrik agar burung mau hinggap dan menempel di tangan.

Dan usahakan menatap matanya serta mengajak burung hantu celepuk seolah – olah mengobrol sampai burung hantu merasa  tidak takut dengan pemelihara.

  1. Memperhatikan Asupan Gizi

Dalam memberikan makanan pada burung hantu saat di pelihara anda perlu mengganti – ganti jenis pakan nya agar nafsu makan tetap tinggi dan kebutuhan nutrisi dalam tubuh burung hantu dapat terpenuhi.

  1. Memberi Nama pada Burung

Anda bisa memberi nama pada burung hantu celepuk, supaya bisa berkomunikasi dengan akrab dengan hewan peliharaan.

Ini juga bisa di lakukan pada saat melatih burung agar jinak dengan panggilan yang sudah terbiasa di tujukan pada burung hantu peliharaan, sehingga burung peliharaan dapat memperhatikan atau mendekat saat di panggil.

  1. Melatih dengan Siulan

Burung hantu celepuk memang berbeda dengan burung lain nya, karena bisa melatih nya dengan menggunakan siulan, dengan cara memberikan siulan dan memancingnya menggunakan jangkrik.

Itulah beberapa cara yang perlu anda perhatikan saat memelihara burung hantu celepuk, pada umum nya pemeliharaan di beberapa jenis burung hantu hampir sama.

Namun perbedaan dengan jenis burung hantu yang lain nya adalah pada makanan burung hantu, karena burung hantu jenis yang lain hidup di iklim yang berbeda sehingga ketersediaan makanan berbeda juga.

Demikian informasi tentang makanan burung hantu yang banyak di pelihara saat ini, seperti lovebird, semoga ini bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.