no comments

Manfaat Buah Zuriat dari Turki untuk Kesehatan Manusia

MANFAAT BUAH ZURIAT

 

Manfaat buah zuriat itu apa saja? Sebelum kita bahas tentang manfaat buah tersebut, Kebun Maker akan memberi informasi tentang buah zuriat, yang mungkin saja di antara anda ada yang belum tahu apa itu buah zuriat dan apa saja manfaatnya?

Buah zuriat adalah buah asli dari hulu Mesir yang menjadi salah satu jenis buah populer dikalangan jemaah haji selain kurma,  di daerah timur tengah buah zuriat lebih dikenal dengan nama buah doum, ada juga yang mengenal dengan nama buah adam dan hawa.

Buah Zuriat

Buah yang satu ini memang masih asing dan jarang ditemukan di Indonesia, buah zuriat berbentuk lonjong, berwarna kuning kemerahan dan ukurannya seperti apel. Rasanya manis dan membuat banyak orang menyukainya, khususnya orang daerah timur tengah.

Cara meng konsumsi buah zuriat bisa dengan cara dimakan langsung ataupun dicampurkan ke dalam masakan. Selain buahnya yang dapat dikonsumsi, biji dari buah zuriat juga bisa di manfaatkan sebagai manisan atau sirup.

Buah Zuriat

Buah zuriat mengandung gizi yang cukup tinggi, sehingga memberi khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Bahkan, buah zuriat  juga dinilai memberikan khasiat untuk membantu wanita yang menjalani program kehamilan. Berikut ini beberapa manfaat dari buah zuriat.

Manfaat Buah Zuriat :

  1. Melancarkan Haid

Buah Zuriat untuk Melancarkan Haid

Buah zuriat bisa bisa bermanfaat untuk wanita yang haidnya kurang lancar, caranya dengan meng konsumsi rebusan buah zuriat, agar haid lebih teratur ketika datang bulan, karena buah zuriat dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga dapat membantu wanita ketika datang bulan.

  1. Anti Alergi

Buah Zuriat untuk Mencegah Alergi

Mungkin di antara anda ada yang menderita alergi terhadap suhu dingin atau suatu jenis makanan, terkadang alergi mengakibatkan rasa gatal-gatal pada bagian kulit, hal itu terjadi karena sistem kekebalan tubuh seseorang tidak berjalan maksimal.

Baca Juga  11 Tanaman Buah yang Cocok di Tanam Dalam Pot

Buah zuriat mengandung hydroxycinnamates dan flavonoid  yang bisa membantu mengurangi resiko timbulnya alergi dan juga memiliki anti alergi, sehingga berbagai masalah yang berkaitan dengan alergi bisa dengan mudah teratasi, bahkan mencegah alergi.

  1. Mencegah Osteoporosis

Buah Zuriat bermanfaat mencegah Osteoporosis

Buah zuriat  mengandung kalsium yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah osteoporosis. Jika ada seseorang memiliki masalah kesehatan pada tulang, ada baiknya jika mengkonsumsi buah zuriat secara rutin, agar tulang menjadi sehat.

  1. Mencegah Radikal Bebas

Buah Zuriat untuk Mencegah Radikal Bebas

Pengaruh negative lingkungan dapat mengakibatkan radikal bebas, seperti polusi udara, sering terkena sinar matahari, menjadi perokok pasif, bahkan meng konsumsi junk food bisa menambah resiko terkena radikal bebas.

Manfaat buah zuriat  adalah menyeimbangkan dampak radikal bebas tersebut, karena memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi.

  1. Membuat Awet Muda

Buah Zuriat membuat awet muda

Buah zuriat bisa di gunakan sebagai masker wajah jika di ketahui terjadinya penuaan dini, dengan di tandai adanya garis halus di wajah, kerutan, serta semakin kusamnya wajah.

Karena Buah zuriat memiliki zat antioksidan yang cukup tinggi, antioksidan tersebut tentu akan membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan dini, bahkan akan terlihat lebih muda dari usia aslinya, jika anda menginginkan terlihat awet muda silahkan di coba.

  1. Menangkal Kanker

Buah Zuriat untuk menangkal kanker

Salah satu manfaat lain dari buah zuriat adalah mencegah kanker, tentu dengan kandungan antioksidan tinggi pada buah zuriat yang mampu mencegah perkembangan sel kanker yang ada di tubuh.

  1. Mengurangi Setres

Bunga Zuriat Untuk Mengurangi Setres

Kandungan antioksidan phytochemical, hydroxycinnamates, kumarin dan flavonoid serta lignin pada buah zuriat berguna untuk mengurangi stres oksidatif atau stress yang terjadi karena pengaruh radikal bebas.

  1. Mengatasi Darah Tinggi

Buah Zuriat untuk Mengatasi Darah Tinggi

Manfaat meng konsumsi buah zuriat selanjutnya adalah membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi, dengan tekanan darah yang stabil maka kinerja jantung akan lebih optimal.

Baca Juga  11 Tanaman Buah yang Cocok di Tanam Dalam Pot

Jika tekanan darah optimal akan terhindar dari penyakit jantung dan stroke yang di sebabkan oleh tekanan darah tinggi.

  1. Meningkatkan Kesuburan

Buah Zuriat untuk Kesuburan

Buah zuriat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan reproduksi, dalam hal ini berarti meningkatkan kesuburan hormon, yaitu bisa mempersubur sel sperma dan ovum dalam rahim. Sehingga jika terdapat hormone yang tidak stabil bisa di atasi dengan mengonsumsi buah zuriat ini, sehingga bagus untuk anda yang ingin segera mendapatkan momongan.  Dan buah zuriat sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil, karena bisa memperkuat dinding rahim.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah Zuriat untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang tinggi juga terkandung pada buah zuriat, sehingga bermanfaat untuk melindungi tubuh dan membunuh kuman-kuman yang membahayakan. Bagi anda yang merasa sering sakit bisa mencoba meng konsumsi buah ini untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Mencegah Infeksi dan Peradangan

Buah Zuriat Bermanfaat Mencegah Peradangan

Kandungan nutrisi dan vitamin buah zuriat dapat  bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan infeksi dalam tubuh, apabila ada yang mengalami jerawat  di wajah, hingga cedera pada organ tubuh, buah zuriat bisa membantu untuk mempercepat penyembuhan dari sakit tersebut.

  1. Mengatasi sembelit

Buah Zuriat Beremanfaat Mengatasi Sembelit

Manfaat buah zuriat salah satunya adalah mengatasi masalah sistem pencernaan, karena mengandung serat dan mineral yang mampu memperlancar proses ekskresi melalui BAB ( buang air besar).

  1. Mengatasi Dehidrasi

Buah Zuriat untuk Mencegah Osteoporosis

Buah zuriat bisa di olah menjadi minuman yang dapat mengatasi kondisi seseorang yang tengah dehidrasi dan juga melepas dahaga.

Baca Juga  Cara Menanam Buah Naga Supaya Cepat Berbuah

Biji buah zuriat juga bisa diolah menjadi sirup yang berkhasiat, bisa juga dijadikan manisan, yang tentunya olahan dari buah zuriat tersebut banyak mengandung nutrisi sehingga bermanfaat.

  1. Menambah Nutrisi

Buah Zuriat untuk Menambah Nutrisi

Buah zuriat mengandung nutrisi yang sangat banyak, jika anda meng konsumsi nya maka sama seperti memberi banyak nutrisi pada tubuh, mulai dari protein, mineral, asam lemak, minyak essensial, dan nutrisi lainnya.

Buah zuriat bisa di konsumsi secara langsung ataupun di olah terlebih dahulu, nutrisi yang didapat tidak akan berkurang. Untuk itu sistem kekebalan pada tubuh semakin meningkat dan kesehatan pada tubuh selalu terjaga.

Buah Zuriat

Itulah beberapa manfaat dari meng konsumsi buah zuriat yang berasal dari mesir. Meskipun terbilang langka, namun bisa di dapatkan saat musim haji karena buah zuriat sering dijadikan oleh-oleh.

Demikian informasi tentang manfaat buah zuriat bagi kesehatan manusia, yang terbilang banyak manfaatnya namun harus memperoleh nya dari mesir. Di Indonesia juga ada beberapa tanaman obat keluarga yang dapat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Terima kasih