no comments

10 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Manusia

10 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Manusia

Daun afrika adalah tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai pengobatan tradisional di bagian barat Afrika. walaupun bernama daun afrika, tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia. Daun afrika memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh manusia, seperti asam fenolat, zat anti inflamasi, antioksidan, mineral, asam esensia, serta beberapa vitamin lainya.

Tanaman afrika memiliki khasiat yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh, terutama pada bagian daunnya. Manfaat daun afrika bisa anda dapatkan dengan cara meracik atau meramunya bersama tanaman herbal lainnya, cara menggunakan secara tradisional yaitu bisa dengan menumbuk, merebus, mengeringkan atau menyeduhnya .

Daun afrika

Ada beberapa manfaat dari daun afrika yang perlu anda ketahui, yang mungkin bisa anda manfaatkan tanaman ini.

Manfaat Daun Afrika  :

  1. Mengobati Batuk

Daun afrika bisa di gunakan untuk mengobati batuk, apabila anda mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh segera mengkonsumsinya.

Cara menggunakanya adalah dengan meminum air rebusan dari daun afrika yang sudah di campur dengan madu, sebenarnya bisa di kunyah langsung setelah di cuci bersih.

  1. Mengobati Demam

Demam bisa sembuh setelah mengkonsumsi daun afrika, caranya bisa dengan di rebus atau langsung di kunyah. Demam akan berangsur sembuh tidak lama setelah mengkonsumsinya.

Baca Juga  Mengenal Tanaman Lidah Mertua dan 6 Manfaatnya

Mengobati demam dengan daun afrika bisa di gunakan untuk anak – anak maupun orang dewasa.

  1. Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala bisa di sebabkan oleh aliran darah menuju otak yang tidak optimal, jika anda merasa sakit kepala bisa anda atasi dengan daun afrika.

Daun afrika digunakan untuk mengobati sakit kepala dengan cara meminum air rebusan dari daun tetrsebut, karena daun afrika bisa membantu melancarkan aliran darah.

  1. Melancarkan BAB

Pencernaan yang sedang terganggu biasanya bisa menghambat BAB ( Buang Air Besar).  Usahakan hindari penggunaan obat pencahar, karena terkadang bisa mengganggu organ lain yang bisa lebih membahayakan.

Untuk melancarkan BAB dengan daun afrika caranya dengan meminum air rebusan daun afrika setiap pagi secara rutin sampai BAB lancar.

  1. Mengobati Malaria

Penyakit Malaria disebabkan oleh virus dari nyamuk malaria yang menjadikan tubuh menggigil, flu, serta nafsu makan menurun dalam waktu yang lama, beberapa tahun lalu penyakit Malaria sangat menjadi sorotan dalam dunia medis.

Daun afrika bisa di ramu secara tradisional untuk mengobati penyakit malaria.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Apabila kadar kolesterol tinggi segeralah mengatasinya, karena apabila tidak segera di atasi di khawatirkan bisa menyebabkan penyakit yang lainya. Menggunakan daun afrika untuk menurunkan kadar kolesterol caranya adalah merebusnya, jika air sudah tidak panas kemudian di minum.

Baca Juga  4 Cara Menanam Sawi Hijau Dengan Mudah

Jika rasanya terlalu pahit bisa di campur dengan madu, lemon atau jeruk nipis.

  1. Mencegah Hipertensi

Tekanan darah yang tinggi bisa membahayakan kesehatan anda maka harus cepat di tangani agar tidak menjadi penyakit yang lainya, salah satu cara menurunkan tekanan darah adalah dengan cara mengkonsumsi daun afrika.

Meminum air rebusan dari daun afrika secara rutin bisa menurunkan tekanan darah secara cepat.

  1. Mengatasi insomnia

Insomnia adalah kondisi seseorang yang susah tidur, jika terjadi terus menerus maka bisa berbahaya bagi kesehatan anda, karena kebutuhan tidur tidak tercukupi bahkan bisa menjadikan pola hidup yang tidak sehat.

Daun afrika bisa di manfaatkan untuk mengatasi insomnia, karena memiliki kemampuan relaksasi  yang tinggi, sehingga tubuh terasa semakin tenang, di konsumsi dengan cara meminum air rebusan daun afrika..

  1. Mengobati Diabetes

Untuk penderita diabetes bisa di atasi dengan daun afrika karena bisa menurunkan kadar gula pada darah.

Cara penggunaan daun afrika untuk penderita diabetes sangatlah mudah, dengan cara meminum air rebusan dari daun tersebut secara rutin setiap hari.

  1. Menurunkan Resiko Kanker hati

Daun afrika mampu mendetoksifikasi racun, oleh karena itu bisa menghilangkan resiko terkena kanker hati, selain itu bisa membersihkan organ-organ dalam dan membuatnya menjadi sehat. Hal ini diakui secara medis bahwa daun afrika bisa mencegah kanker hati dan mencegah tumbuhnya sel-sel kanker yang lain.

Baca Juga  Ciri - Ciri dan Manfaat Tanaman Sri Rejeki / Aglaonema

Cara mengkonsumsinya adalah meminum air rebusan daun afrika secara rutin.

Itulah beberapa manfaat daun afrika yang bisa anda gunakan untuk pengobatan, mengkonsumsi daun afrika secara rutin bisa menambah imunitas ( daya tahan tubuh) bertambah baik.

Daun afrika

Demikian sedikit informasi tentang daun afrika, semoga bermanfaat untuk kesehatan anda. Salam Kebun Maker, terima kasih.