Manfaat Daun Singkong

Mungkin anda ingin mengetahui salah satu daun yang selama ini banyak di sajikan dalam berbagai masakan.

Ternyata sayur daun ini memang banyak di gemari oleh banyak orang, selain itu daun ini juga mempunyai manfaat untuk tubuh manusia.

Iya mungkin sebagian besar dari anda sudah menerka – nerka jenis daun dari tumbuhan apakah ini. Tenang saja, karena sebagian besar wilayah di Indonesia terdapat jenis tumbuhan ini. Iya, apalagi kalau bukan Singkong.

Percaya atau tidak olahan sayuran daun singkong memiliki rasa yang lezat karena memiliki tekstur yang lembut.

Di balik rasanya yang lezat ternyata daun singkong mempunyai manfaat untuk kesehatan seperti hal nya manfaat daun afrika, oleh karena itu berikut ini beberapa manfaat daun singkong yang bisa anda ketahui.

Kandungan Gizi Daun Singkong

Tanaman Daun Singkong

Daun singkong mengandung gizi yang cukup bervariasi, sama seperti sayuran hijau yang lain nya, kandungan gizi yang terkandung antara lain:

  • Serat
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Asam Amino Esensial
  • Vitamin A dan Vitamin B1

Itulah beberapa kandungan gizi yang ada pada daun singkong, yang tentunya berguna untuk tubuh manusia, selain itu daun singkong juga di percaya sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Manfaat Daun Singkong untuk Tubuh :

  • Sumber Energi Tubuh

Daun singkong mengandung protein atau asam amino essensial yang berguna memberikan energi bagi tubuh manusia. Adanya asam amino essensial dapat membantu perubahan karbohidrat menjadi energi yang digunakan tubuh manusia untuk ber aktivitas.

  • Baik Untuk Pencernaan

Serat sayuran pada daun singkong sangat baik untuk proses pencernaan, sehingga daun singkong dapat membantu menyehatkan usus besar.

Serat yang di kandung daun singkong cukup banyak  maka termasuk menjadi kebutuhan untuk memberi serat pada tubuh manusia, sehingga pencernaan menjadi lebih baik.

  • Membantu Metabolisme Tubuh

Salah satu kandungan daun singkong adalah protein nabati merupakan jenis protein yang banyak mengandung vitamin B, yang berguna membuat sel-sel tubuh yang akan membentuk enzim-enzim yang membantu metabolisme tubuh.

  • Sebagai Sumber Antioksidan

Antioksidan yang terkandung pada daun singkong sangat baik untuk mencegah dan membuang radikal bebas dalam tubuh manusia, radikal bebas ini bisa menjadi salah satu penyebab berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker, dan pada bidang kecantikan dapat menyebabkan penuaan dini. Oleh sebab itu anda perlu mengkonsumsi daun singkong.

  • Pembentukan dan Regenerasi Sel Tubuh

Manfaat selanjutnya adalah meregenerasi sel dalam tubuh manusia, karena daun singkong mengandung  Asam amino yang dapat membantu dalam menumbuhkan sel yang rusak serta memberikan pembaharuan terhadap sel dalam tubuh manusia agar tetap berfungsi normal.

  • Penambah Darah

Daun singkong dapat berguna untuk penambah darah jika sedang terkena anemia.

  • Makanan Diet

Daun Singkong sangat baik untuk seseorang yang sedang menjalankan diet, karena kalori nya yang rendah, kandungan serat dan protein yang tinggi sehingga sangat ideal untuk menu diet sehat sehari-hari. Bisa anda lakukan bagi anda yang sedang diet.

Daun Singkong Untuk Pengobatan Tradisional :

Masakan Daun Singkong

Ada orang yang melakukan pengobatan menggunakan daun singkong seacara tradisional, diantaranya:

  1. Mengobati Diare

Sakit diare bisa di atasi dengan daun singkong karena kandunganya dipercaya cukup efektif dalam hal membantu mengurangi saat sakit diare.

Cara penggunaan nya:

  • Ambil sekitar tujuh lembar daun singkong kemudian cuci bersih
  • Kemudian rebus daun singkong dengan air sebanyak 800cc
  • Rebuslah air daun singkong sampe tersisa airnya sekitar 400cc
  • Lalu minum dua kali sehari, sebanyak 200 cc per minum, sampai di rasa diare sudah mereda.
  1. Mengobati Rematik

Jika terasa pegal-pegal sehabis bekerja bisa saja ada gejala rematik dalam tubuh, daun singkong juga di percaya bisa mengatasi masalah rematik.

Cara penggunaan nya:

  • Siapkan sekitar 5 lembar daun singkong, lalu campur daun kapur sirih kemudian beri sedikit air.
  • Setelah di campur remas sampai ramuan hancur kemudian balurkan pada persendian yang terasa pegal – pegal atau linu.
  • Bisa menggunakan baluran ini tiga kali dalam sehari, sampai rasa pegal – pegal hilang.

Itulah beberapa manfaat daun singkong untuk kesehatan tubuh dan juga untuk pengobatan secara tradisional.

Manfaat tersebut berasal dari kandungan yang ada pada tanaman daun singkong.

Mungkin ada sebagian orang yang tidak suka daun singkong, dengan mengetahui manfaat dari daun singkong ini semoga bisa mempertimbangkan untuk mengkonsumsi olahan daun singkong.

Demikian informasi dari Kebun Maker yang membahas tentang daun singkong, yang mempunyai manfaat untuk tubuh manusia. Terima Kasih.