no comments

15 Media Tanam Hidroponik yang Paling Bagus

Berkebun memang menjadi hobi yang sangat menyenangkan. Anda dapat menanam berbagai tanaman atau buah-buahan yang anda gemari untuk anda tanam di area rumah anda sendiri.

Apalagi jika anda menanam berbagai macam tumbuhan yang dapat kita konsumsi sehar-hari. Contoh seperti jeruk, cabai, dan berbagai macam tumbuhan lain nya. Nah dengan kemajuan pengetahuan yang cukup pesat tentu membuat banyak orang ingin melakukan terobosan baru dalam media tanaman yang akan mereka tanam.

Nah baru-baru ini banyak sekali orang yang memanfaat media tanam Hidroponik sebagai media tanam mereka. Bagi anda yang belum mengetahui mengenai Hidroponik, hidroponik sendiri merupakan cara menanam tumbuhan atau buah tanpa menggunakan tanah yang biasanya di pakai,

karena tanah akan di ganti dengan media lain nya yang juga bekerja dengan melarutkan air ke dalam tumbuhan yang kita tanam. Nah sekarang anda sudah mengetahui mengenai apa itu Hidroponik.

Jika anda ingin menggunakan media Hidroponik alangkah baiknya anda mengetahui mengenai media Hidroponik yang cocok untuk anda.

Karena berbeda dengan tanah yang bisa kita dapatkan secara Cuma-cuma . Untuk media Hidroponik kita harus membeli nya terlebih dahulu di toko yang menjual pupuk dan sejenis nya.

Untuk alasan nya sendiri kenapa orang memilik media hidroponik tentu karena kebersihan atau keawetan medianya dalam meresap air sehingga kita tidak perlu terlalu sering meyiram tumbuhan yang kita tanam.

Oke langsung saja berikut di bawah ini kebun maker akan memberikan 15 jenis media Hidroponik yang sangat cocok untuk anda gunakan bercocok tanam dengan pot.

Media Tanam Hidroponik

  1. Serabut kelapa

Serabut kelapa

Bagi para pengrajin yang menfaatkan kelapa sebagai industri nya, tentu hal ini membawa berkah tersensiri, karena mereka bisa menjual serabut kelapa nya kepada produsen serabut kelapa untuk di manfaatkan menjadi media tanaman.

Menurut banyak orang serabut kelapa di anggap dapat menyimpan kadar air yang cukup tinggi. Untuk kisaran nya sendiri 70-75% dari volume serabut kelapa, hal itu tentu membuat banyak sekali orang, khusus nya yang ada di luar negeri menfaatkan serabut kelapa untuk media tanaman mereka.

  1. Arang Sekam

Arang Sekam

Bagi anda yang tinggal di desa tentu di untungkan dengan ada nya arang sekam ini. Anda dapat mendapatkan arang sekam ini secara Cuma-Cuma. Selain hal itu kita juga di untungkan dengan hilang nya segala jenis hama karena proses pembakaran pada arang sekam ini, selain itu dengan bobot yang ringan serta gampang di buat menjadikan arang sekam banyak di gemari banyak orang.

  1. Pasir

Pasir

Pasir banyak di manfaat oleh orang untuk menggantikan tanah. Hal itu bisa di karenakan pasir di anggap lebih besar pori-pori nya ketimbang tanah sedangkan tanah lebih kecil. Selain itu pasir juga memiliki sifat mudah basah dan mudah kering dan juga memiliki sirkulasi udara yang cukup baik.

  1. Serbuk kayu

serbuk kayu

Media tanaman yang satu ini tentu memiliki keunggulan yaitu dapat menampung kadar air yang cukup tinggi. Sehingga sangat cocok di gunakan untuk media tempat kita bercocok tanam.

Bagi anda yang tertarik ingin menggunakan serbuk kayu, anda dapat pergi ke pengrajin yang membuat berbagai barang kerajinan dari kayu, biasa nya di sana banyak sekali serbuk kayu yang tidak di gunakan sehingga anda dapat membeli nya dengan harga yang cukup murah.

  1. Perlit

Perlit

Perlit adalah sah satu media tanaman yang memiliki bobot yang sangat ringan akan tetapi dapat menampung kadar air yang cukup banyak. Perlit terbuat dari batu silikan biasanya proses pembuatan nya di panaskan dengan suhu yang sangat tinggi jika sudah mencair akan di ubah ke dalam wadah dengan ukuran kecil.

  1. Expanded Clay

Expanded Clay

Media tanaman yang satu ini di anggap memiliki sifat yang praktis sehingga membuat banyak orang menyukainya. Selain itu dengan sifat menyimpan kadar air yang cukup tinggi, biasanya banyak orang menyukai Expanded Clay karena bentuk nya yang bulat dan kecil.

  1. Spons

Spons

Banyak sekali orang tentu sudah sangat familiar dengan media tanaman yang satu ini. Tentu anda sudah sangat paham kalau spons memiliki sifat meresap air yang sangat bagus sehingga bagi anda yang ingin menggunakannya tidak perlu ragu lagi, di tambah sifat nya yang tahan terhadap jamur yang dapat membuat tanaman kita mati.

  1. Vermikulit

Vermikulit

Media yang satu ini juga hampir sama dengan media Hidroponik Perlit. Kenapa bisa begitu karena proses pembuatan nya juga menggunakan panas yang cukup ekstra. Selain itu bahan utamanya juga menggunakan batu.

Perbedaan yang sangat terasa adalah dari proses penyerapan air, bagi anda yang ingin menggunakan Vermikulit anda bisa tersenyum lebar karena Vermikulit lebih gampang dan cepat meresap air jika di bandingkan Persit.

  1. Kompos

Kompos

Tentu anda sudah sangat familiar dengan media tanaman yang satu ini. Anda dapat dengan mudah membuat kompos, hal itu karena bahan-bahan nya sangat mudah kita jumpai di sekitar kita.

Untuk anda yang belum mengetahui, bahan nya sendiri terdiri mulai dari rumput jerami, sekam dan berbagai macam bahan lain nya. Nah bagi anda yang ingin menggunakan kompos saja, hal itu terntu sangat baik karena kompos sangat tahan terdahap jamur yang dapat mebuat tanaman kita mati.

  1. Pupuk Kandang

Pupuk Kandang

Bagi sebagian orang Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan pupuk kandang, pupuk ini di anggap adapat membuat tanaman lebih cepat subur jika di bandingkan dengan pupuk kimia yang banyak di jual di pasaran.

Selain itu pada pupuk kandang terdapat mikroorganisme yang dapat membuat zat yang susah di serap oleh akar tumbuhan menjadi zat yang mudah di serap oleh tumbuhan yang kita tanam, hal itulah yang membuat pupuk kompos di anggap dapat menjadikan tumbuhan kita lebih produktif di banding pupuk lannya.

11.Kerikil

Kerikil

Bagi anda yang masih ragu ingin menggunakan kerikil sebagai media tanaman tempat anda bercocok tanam tentu anda harus melihat penjelasan kita kali ini. Kerikil memiliki kelebihan bisa membantu peredaran larutan unsur hara dan udara yang dapat membuat tumbuhan kita lebih produktif.

Akan tetapi kerikil juga memiliki kekurangan yaitu hanya bisa menyimpan air dengan kadar yang rendah. Akan tetapi ada solusi nya yaitu anda dapat membeli kerikil sintesis yang dapat menyerap air dengan kadar yang cukup tinggi.

12.Rockwool

Rockwool

Bagi orang awam tentu bertanya apa itu Rockwool, Rockwool merupakan media tanaman yang sangat cocok untuk di gunakan sebagai tempat kita bercocok tanam di pot. Rockwool memiliki kelebihan yaitu dapat mengikat kadar air yang cukup tinggi sehingga dapat menjadikan tumbuhan kita lebih subur.

13.Batang Pakis

Batang Pakis

Bagi anda yang sudah berpengalaman dalam berkebun tentu anda sudah tidak asing dengan batang pakis. Secara garis besar batang pakis di bedakan menjadi dua yaitu batang Pakis cokelat dan batang Pakis Hitam.

14.Moss

Moss

Menurut kami Moss menjadi media tanaman Hidroponik yang memiliki kualitas paling bagus. Kenapa bisa begitu Moss memiliki sifat yang memiliki banyak rongga sehingga membuat akar dari tumbuhan leluasa untuk tumbuh kemana saja.

Selain itu karena rongga yang cukup luas, menjadikan ruang udara juga menjadi banyak. Hal tersebut di tambah lagi dengan sifat Moss yang dapat menyimpan kadar air yang cukup tinggi.

15.Tanah Liat

Tanah Liat

Tentu sebagian besar dari anda sudah sangat familiar dengan Tanah liat karena banyak sekali kerajinan yang di buat dari Tanah Liat ini. Tanah liat juga memiliki kelebihan yaitu dapat menyimpan air yang cukup banyak, akan tetapi ada satu kekurangan dari tanah liat yaitu miskin akan unsur hara.

Hal tersebut karena tanah liat tidak memiliki rongga udara sehingga unsur hara nya tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Nah itulah pembahasan kami mengenai 15 media tanam Hidroponik yang sangat cocok untuk anda gunakan.

Sekian pembahasan kita kali ini, terimakasih.