15 Jenis Media Tanam Hidroponik yang Paling Bagus

Berkebun memang menjadi hobi yang sangat menyenangkan. Anda dapat menanam berbagai tanaman atau buah-buahan yang anda gemari untuk anda tanam di area rumah anda sendiri.

Apalagi jika anda menanam berbagai macam tumbuhan yang dapat kita konsumsi sehari-hari. Contoh seperti jeruk, cabai, dan berbagai macam tumbuhan lain nya.

Nah dengan kemajuan pengetahuan yang cukup pesat tentu membuat banyak orang ingin melakukan terobosan baru dalam media tanaman yang akan mereka tanam.

Nah baru-baru ini banyak sekali orang yang memanfaatkan media tanam Hidroponik sebagai media tanam mereka.

Serbuk kayu

Bagi anda yang belum mengetahui mengenai Hidroponik, Hidroponik sendiri merupakan cara menanam tumbuhan seperti cara menanam tomat atau buah lain nya tanpa menggunakan tanah yang biasanya di pakai.

Karena tanah akan di ganti dengan media lain nya yang juga bekerja dengan melarutkan air ke dalam tumbuhan yang kita tanam. Nah sekarang anda sudah mengetahui mengenai apa itu Hidroponik.

Jika anda ingin menggunakan media Hidroponik alangkah baiknya anda mengetahui mengenai media Hidroponik yang cocok untuk anda.

Karena berbeda dengan tanah yang bisa kita dapatkan secara Cuma-cuma. Untuk media Hidroponik kita harus membeli nya terlebih dahulu di toko yang menjual pupuk dan sejenis nya.

Untuk alasan nya sendiri kenapa orang memilih media Hidroponik tentu karena kebersihan atau keawetan media nya dalam meresap air sehingga kita tidak perlu terlalu sering menyiram tumbuhan yang kita tanam.

Oke langsung saja berikut di bawah ini kebun maker akan memberikan 15 jenis media Hidroponik yang sangat cocok untuk anda gunakan ber cocok tanam dengan pot.

15 Media Tanam Hidroponik

  1. Serabut kelapa

Bagi para pengrajin yang memanfaatkan kelapa sebagai industri nya, tentu hal ini membawa berkah tersendiri, karena mereka bisa menjual serabut kelapa nya kepada produsen serabut kelapa untuk di manfaatkan menjadi media tanaman.

Arang Sekam

Menurut banyak orang serabut kelapa di anggap dapat menyimpan kadar air yang cukup tinggi. Untuk kisaran nya sendiri 70-75% dari volume serabut kelapa, hal itu tentu membuat banyak sekali orang, khusus nya yang ada di luar negeri memanfaatkan serabut kelapa untuk media tanaman mereka.

  1. Arang Sekam

Bagi anda yang tinggal di desa tentu di untung kan dengan ada nya arang sekam ini. Anda dapat mendapatkan arang sekam ini secara Cuma-Cuma.

Arang Sekam

Selain hal itu kita juga di untung kan dengan hilang nya segala jenis hama karena proses pembakaran pada arang sekam ini, selain itu dengan bobot yang ringan serta gampang di buat menjadikan arang sekam banyak di gemari banyak orang.

  1. Pasir

Pasir banyak di manfaat oleh orang untuk menggantikan tanah. Hal itu bisa di karena kan pasir di anggap lebih besar pori-pori nya ketimbang tanah sedangkan tanah lebih kecil.

Pasir

Selain itu pasir juga memiliki sifat mudah basah dan mudah kering dan juga memiliki sirkulasi udara yang cukup baik.

  1. Serbuk kayu

Media tanaman yang satu ini tentu memiliki keunggulan yaitu dapat menampung kadar air yang cukup tinggi. Sehingga sangat cocok di gunakan untuk media tempat kita ber cocok tanam.

Serbuk kayu

Bagi anda yang tertarik ingin menggunakan serbuk kayu, anda dapat pergi ke pengrajin yang membuat berbagai barang kerajinan dari kayu, biasa nya di sana banyak sekali serbuk kayu yang tidak di gunakan sehingga anda dapat membeli nya dengan harga yang cukup murah.

  1. Perlit

Perlit adalah sah satu media tanaman yang memiliki bobot yang sangat ringan akan tetapi dapat menampung kadar air yang cukup banyak.

Perlit

Perlit terbuat dari batu silikan biasanya proses pembuatan nya di panaskan dengan suhu yang sangat tinggi jika sudah mencair akan di ubah ke dalam wadah dengan ukuran kecil.

Halaman Selanjutnya ->