no comments

11 Tanaman Buah yang Cocok di Tanam Dalam Pot

Seiring dengan padatnya penduduk yang tinggal di kota besar atau perkotaan seperti di DKI Jakarta tentu lahan yang tersedia di kota tersebut akan sangat terbatas. Hal tersebut tentu membuat sebagian orang yang sudah lama tinggal di sana merasa tidak nyaman karena lahan yang terbatas, namun kita tetap bisa memanfaatkan lahan itu untuk berkebun.

Berbicara mengenai berkebun dengan lahan yang cukup luas, tentu kita akan dimanjakan dengan berbagai macam pilihan tanaman dan buah yang bisa kita tanam di lahan tersebut.

Akan tetapi Bagaimana jika kita hanya mempunyai lahan yang tidak lebih dari 3 sampai 4 meter tentu kita akan di pusing kan Jika kita ingin menanam  buah-buahan dengan jumlah yang banyak.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut kebun maker akan memberikan solusi mengenai  terbatasnya lahan yang kita punya akan tetapi kita ingin menanam berbagai macam tanaman dan buah-buahan di lahan yang sempit itu. Solusi yang paling tepat adalah menggunakan pot dengan diameter yang tidak terlalu besar.

Dengan menggunakan pot sebagai tempat kita menanam buah-buahan atau tumbuh-tumbuhan tentu kita lebih leluasa dalam menanam dan mengatur berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang kita favorit kan.

Jika Anda masih bingung mengenai buah apa yang ingin anda tanam, maka pada artikel ini kita akan memberikan informasi mengenai 11 tanaman yang berbuah dalam pot, yang sangat cocok untuk anda tanam di halaman rumah.

Tanaman Buah Dalam Pot

  1. Tomat

Tomat

Tanaman yang satu ini tentu sudah sangat familiar di kalangan banyak orang terlebih lagi untuk para ibu-ibu yang doyan masak. Mengapa kami sangat menyarankan anda untuk menanam buah tomat? karena selain cocok untuk digunakan sebagai bahan masakan buah tomat juga memiliki berbagai macam vitamin yang sangat cocok untuk tubuh kita.

Buah tomat sendiri memiliki berbagai macam vitamin diantaranya adalah Vitamin A, C dan mengandung folat dan kalium. Selain itu kalori yang dimiliki buah tomat juga sangat rendah Hal itulah yang menyebabkan banyak orang sangat menyukai buah ini baik digunakan sebagai jus atau dimasak menggunakan bumbu lainnya.

  1. Anggur

Anggur

Seperti yang kita tahu kalau di Indonesia terdiri dari dua musim yaitu musim panas dan musim hujan,dengan hal tersebut tentu kita bisa memanfaatkan terlebih bagi para petani untuk menanam anggur dengan sebaik-baiknya.

Bagi Anda yang sangat suka mengkonsumsi anggur dan ingin menanamnya sendiri di rumah tentu hal tersebut sangat mudah. Untuk jenis anggurnya sendiri terdiri dari berbagai macam diantaranya adalah Anggur Merah, Anggur hijau dan anggur ungu yang bisa kita tanam di Indonesia.

  1. Lemon

Lemon

Bagi sebagian wanita tentu sudah sangat familiar dengan buah yang satu ini. Memiliki banyak khasiat baik untuk tubuh maupun perawatan kulit tentu hal itu membuat orang sangat gemar dengan jeruk lemon. Banyak sekali orang khususnya para wanita membeli jeruk lemon baik dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus lemon.

  1. Jeruk

Buah Jeruk Dalam Pot

Sama dengan lemon buah yang satu ini juga memiliki penggemar yang sangat banyak.  Hal itu karena buah ini memiliki rasa asam manis yang  sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Apalagi sekarang anda sudah mengetahui kalau buah jeruk bisa anda tanam di dalam pot kecil.

Jeruk yang banyak di gemari adalah jeruk manis, iya selain karena rasa nya jeruk manis juga sangat gampang dalam menanamnya, hanya di butuhkan campuran tanah, pupuk kandang (kotoran kambing) dan pasir yang tidak terlalu banyak, anda sudah bisa menanam jeruk manis ini dalam pot di rumah anda.

  1. Cabai

Cabai

Hemm.. Rasanya sangat bagus untuk para ibu-ibu untuk menanam cabai sendiri di rumah, tentu anda sudah tahu kalau harga cabai kadang di banderol dengan harga yang sangat mahal. Terlebih lagi pada saat hari-hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri.

Bagi anda yang ingin sekali menanam cabai sendiri di rumah formula nya sangat gampang, sediakan tanah yang baru dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Untuk jenis cabai nya tinggal selera anda sendiri, karena tanah dan musim di Indonesia sangat mendukung untuk anda gunakan menanam semua jenis cabai.

  1. Melon

Melon

Buah yang satu ini tentu banyak di gemari oleh masyarakat Indonesia. Selain karena rasanya yang manis pada Melon juga mengandung banyak gizi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Nah bagi anda yang ingin menanam buah ini cukup sediakan pupuk kandang, sekam dan tentunya tanah. Untuk perbandingan nya sendiri 2:3:1.

  1. Semangka

Semangka

Sama seperti melon buah ini memiliki rasa manis dan segar sehingga membuat siapa saja yang memakannya akan ketagihan. Dengan ada nya musim kemarau dan hujan yang ada di Indonesia kita tentu akan di manjakan, karena dengan musim tersebut buah-buahan seperti semangka akan tumbuh subur di tanah Indonesia.

Bagi anda yang ingin menanam buah semangka di dalam pot, cukup sediakan tanah dan pupuk kandang, jangan lupa jika sudah tumbuh siram setiap hari karena buah semangka memerlukan banyak air agar dapat tumbuh dengan cepat.

  1. Terong

Terong

Bagi anda yang benar-benar ingin menanam berbagai macam sayur atau buah-buahan kami sangat menyarankan anda juga menanam terong. Memang terong bukan buah akan tidak ada salah nya bukan jika kita juga menganjurkan kepada anda untuk menanam sayuran yang satu ini karena bisa hidup dengan mudah di tanah yang ada di Indonesia.

  1. Kiwi

Kiwi

Bagi sebagian orang Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Kita dapat dengan mudah menemukan buah kiwi di pedagang buah ayang ada di pinggir jalan.

Akan tetapi bagi sebagian besar banyak orang tidak begitu menyukai buah kiwi karena doi anggap bisa menimbulkan alergi pada tubuh. Untuk jenis kiwi yang ada di Indonesia terdiri dari dua jenis yaitu green kiwi/ kiwi hijau dan golden kiwi / kiwi emas.

  1. Nanas

Nanas

Buah yang satu ini juga sangat enak untuk di konsumsi, terlebih lagi jika di buat rujak dengan bumbu yang pedas. Hemm.. rasanya tentu akan sangat segar, nah selain karena hal tersebut anda juga bisa dengan mudah menanam buah ini di rumah.

Cukup sediakan tanah dan pupuk kandang (kotoran kambing) dengan perbandingan 2:1 anda sudah dapat menanam buah Nanas di dalam pot. Akan tetapi yang perlu di ingat adalah siram nanas setiap hari karena buah ini memerlukan air yang cukup banyak.

  1. Buah Tin

Buah Tin

Seperti yang kita tahu kalau buah ini memiliki khasiat yang sangat bagus untuk tubuh kita. Apalagi di Indonesia masyarakat nya sebagian besar beragama Islam, dan di dalam Al-Quran sudah menjelaskan kalau buah ini memiliki manfaat yang sangat banyak untuk tubuh kita.

Nah itulah pembahasan kami mengenai berbagai macam buah atau sayuran yang dapat anda tanam di dalam pot kecil.  Tentu hal tersebut akan sangat membantu bagi anda yang memang sangat gemar berkebun.

Kami sangat menyarankan anda yang punya banyak waktu untuk berkebun karena berkebun kita juga turut serta mengurangi polusi yang ada di Indonesia. Sekian artikel kali ini semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, Terima kasih.