no comments

Mengenal Tanaman Lidah Mertua dan 6 Manfaatnya

Mungkin sebagian besar dari anda yang suka bercocok tanam sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Memiliki nama asli Sansevieria yang memiliki banyak sekali manfaat, dan menjadikan tanaman lidah mertua menjadi salah satu tanaman yang banyak sekali ditanam oleh masyarakat di Indonesia.

Apalagi tanaman lidah mertua memang bisa hidup dengan baik di wilayah yang memiliki iklim tropis. Bagi sebagian besar banyak orang khususnya para ibu-ibu mereka lebih senang menanam tanaman lidah mertua ini didalam pot kecil dengan media tanam tanah.

Karena dianggap bisa mempercantik ruangan terutama ruangan tamu dan ruang keluarga. Selain itu beragam hal yang positif juga bisa kita dapatkan dengan adanya tanaman lidah mertua ini di dalam rumah kita.

Tanaman ini memiliki ciri fisik yang hampir serupa dengan tanaman lidah buaya hanya saja tanaman lidah mertua bentuknya lebih pipih dan memiliki warna garis kuning di pinggirnya. Tanaman lidah mertua juga tidak memiliki duri seperti tanaman lidah buaya dan bentuk ujungnya yang lebih runcing.

Di Indonesia tanaman ini sangat gampang untuk kita temukan karena banyak sekali masyarakat yang menanamnya. Bahkan tanaman lidah mertua di berbagai tempat dapat hidup dengan panjang 50cm sampai 80cm.

Nah dengan hal tersebut tentu kita akan mengetahui mengenai beragam manfaat yang dapat kita temukan pada tanaman ini. Jika anda memang sangat penasaran dan ingin mengetahui apa saja manfaat yang ada di tanaman ini.

Manfaat Tanaman Lidah Mertua:

  • Penawar racun

Tanaman Lidah Mertua

Di Afrika banyak orang yang menjadikan tanaman lidah mertua menjadi obat penawar racun dari binatang yang berbisa seperti ular. Akan tetapi jika anda masih ragu ada baiknya anda jangan terlalu berlebihan dalam memberikan tanaman lidah mertua yang sudah halus ke pasien.

Cara pengobatannya pun sangat mudah cukup ambil beberapa batang dari tanaman lidah mertua kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian lalu cuci sampai bersih Setelah itu tumbuk sampai halus jika sudah tempelkan tanaman lidah mertua yang sudah di tumbuk halus tadi ke bagian luka yang ingin di obati.

  • Menetralisir Udara di Dalam Ruangan

Menetralisir Udara di Dalam Ruangan

Jika salah satu anggota keluarga anda menjadi pecandu rokok ada baiknya anda menanam tanaman ini dan meletakkannya di dalam ruangan rumah kita. Mengapa bisa begitu? karena tanaman lidah mertua menjadi salah satu tanaman yang sangat cocok untuk menetralisir udara yang ada di dalam ruangan.

Seperti yang sudah kita ketahui kalau udara yang ada di Indonesia ini apa lagi yang ada di perkotaan memang sudah tercampur berbagai polusi akibat aktivitas sehari-hari manusia. Menurut penelitian para ahli 4-5 helai daun lidah mertua dapat menetralisir 20m sampai 25m udara yang ada di dalam ruangan menjadi lebih segar.

Jika anda masih ragu mengenai tanaman lidah mertua dapat menetralisir udara yang ada di dalam ruangan, Anda bisa berkunjung ke salah satu pabrik yang mungkin memiliki polusi udara cukup banyak.

Karena terbukti, di sana banyak sekali terdapat tanaman lidah mertua yang memang sengaja ditanam dengan sekala jumlah yang cukup besar agar dapat menetralisir udara yang ada di sekitar pabrik itu.

  • Menyerap Radiasi

Menyerap Radiasi

Apakah Anda sedang mencari tanaman yang dapat menyerap radiasi seperti radiasi telepon atau radiasi Wifi yang ada di rumah Anda? Jika Iya, Anda bisa menanam dan meletakkan tanaman lidah mertua ini di dalam rumah Anda.

Hal itu terbukti karena menurut banyak penelitian tanaman lidah mertua sangat bisa menyerap radiasi dari barang-barang elektronik yang kita gunakan sehari-hari seperti komputer, laptop, smartphone dan televisi.

Tanaman ini memang sangat cocok untuk kita sandingkan dengan barang-barang yang ada di rumah kita karena selain memiliki manfaat yang cukup banyak, tanaman lidah buaya juga dapat mempercantik penampilan interior dari rumah kita.

  • Memiliki Aroma yang khas

Memiliki Aroma yang khas

Salah satu manfaat utama yang dapat dirasakan oleh orang-orang jika menanam tanaman lidah mertua ini adalah memiliki aroma yang khas. Hampir sama seperti bunga Lavender, tanaman lidah mertua juga dapat mengeluarkan bau yang cukup sedap dengan cara di ekstrak untuk mengeluarkan minyak nya.

Nah jika sudah mendapatkan ekstraknya, anda tinggal menaruh di botol kemudian taruh di dalam ruangan toilet atau di ruangan yang ingin anda beri minyak dari tanaman lidah mertua ini agar beraroma wangi dan segar.

  • Menyuburkan Rambut

Menyuburkan Rambut

Bukan hanya lidah buaya saja yang dapat menyuburkan rambut. Tanaman lidah mertua juga dipercaya dapat menumbuhkan rambut dengan cepat. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang bermasalah dengan penumbuhan rambut yang ada di kepala kita.

Terlebih lagi bagi Anda yang sudah berusia lanjut dan ingin agar rambutnya tetap sehat dan segar alami,  kami menyarankan Anda menanam tanaman lidah mertua ini di pekarangan rumah anda, Caranya pun sangat mudah, jika anda ingin menggunakan tanaman lidah mertua sebagai obat agar rambut Anda menjadi lebat.

Yaitu kupas kulit dari tanaman lidah mertua kemudian cuci sampai bersih lalu taruh daging  yang ada di dalam tanaman lidah mertua ke kulit kepala kita agar zat yang ada di dalam tanaman lidah mertua dapat menumbuhkan rambut di kepala kita.

  • Dapat digunakan menjadi obat herbal

Tanaman Lidah Mertua Sebagai Obat Herbal

Menurut kepercayaan orang tua dan para ahli tanaman, tanaman lidah mertua juga bisa di gunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti sakit gigi, flu dan berbagai macam penyakit lainnya. Bahkan menurut para ahli getah dari tanaman ini juga bisa digunakan menjadi antiseptik yang bermanfaat untuk tubuh kita.

Tanaman lidah mertua juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit seperti diare, wasir dan menurunkan tekanan darah. Bahkan banyak orang yang menggunakan tanaman lidah mertua menjadi obat untuk radang tenggorokan dan menurunkan panas atau demam.

Satu hal lagi yang mungkin anda perlu tahu mengenai tanaman daun lidah mertua ini yaitu proses penanaman dan perawatan nya yang sangat mudah.

Cara tanam Daun Lidah Mertua

Siapkan rumpun lidah mertua ke media tanam tanah yang akan kita gunakan menanam tanaman ini, kemudian tanam rumpun dan jangan lupa kasih pupuk secukup nya.

Tips perawatan Tanam Lidah Mertua

Untuk awal-awalan jangan terlalu banyak kasih air pada tanaman lidah mertua karena akan membuat akar dari tanaman ini ebih cepat membusuk karena genangan airnya. Taruh di tempat yang mempunyai sirkulasi udara dan cahaya matahari yang bagus.

Tanaman Lidah Mertua

Nah itulah pembahasan Kebun Maker mengenai tanaman lidah mertua yang dapat bermanfaat untuk anda semua.Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan solusi atau memberikan informasi mengenai tanaman lidah mertua yang memang banyak difavoritkan oleh banyak orang.

Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan, Terima kasih.