Mengenal Tanaman Lidah Mertua dan 6 Manfaatnya

Mungkin sebagian besar dari anda yang suka bercocok tanam sudah tidak asing lagi dengan salah satu tanaman hias daun yang satu ini.

Memiliki nama asli Sansevieria yang memiliki banyak sekali manfaat, dan menjadikan tanaman lidah mertua menjadi salah satu tanaman yang banyak sekali ditanam oleh masyarakat di Indonesia.

Apalagi tanaman lidah mertua memang bisa hidup dengan baik di wilayah yang memiliki iklim tropis. Bagi sebagian besar banyak orang khususnya para ibu-ibu mereka lebih senang menanam tanaman lidah mertua ini didalam pot kecil dengan media tanam tanah.

Tanaman Lidah Mertua Sebagai Obat Herbal

Karena dianggap bisa mempercantik ruangan terutama ruangan tamu dan ruang keluarga. Selain itu beragam hal yang positif juga bisa kita dapatkan dengan adanya tanaman lidah mertua ini di dalam rumah kita.

Tanaman ini memiliki ciri fisik yang hampir serupa dengan tanaman lidah buaya hanya saja tanaman lidah mertua bentuknya lebih pipih dan memiliki warna garis kuning di pinggirnya.

Tanaman lidah mertua juga tidak memiliki duri seperti tanaman lidah buaya dan bentuk ujungnya yang lebih runcing.

Baca Juga  10 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Kita

Di Indonesia tanaman ini sangat gampang untuk kita temukan karena banyak sekali masyarakat yang menanamnya. Bahkan tanaman lidah mertua di berbagai tempat dapat hidup dengan panjang 50 cm sampai 80 cm.

Nah dengan hal tersebut tentu kita akan mengetahui mengenai beragam manfaat yang dapat kita temukan pada tanaman ini.

Jika anda memang sangat penasaran dan ingin mengetahui apa saja manfaat yang ada di tanaman ini.

Tanaman Lidah Mertua

Manfaat Tanaman Lidah Mertua:

  • Penawar racun

Di Afrika banyak orang yang menjadikan tanaman lidah mertua menjadi obat penawar racun dari binatang yang berbisa seperti ular.

Akan tetapi jika anda masih ragu ada baiknya anda jangan terlalu berlebihan dalam memberikan tanaman lidah mertua yang sudah halus ke pasien.

Cara pengobatannya pun sangat mudah cukup ambil beberapa batang dari tanaman lidah mertua kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian lalu cuci sampai bersih Setelah itu tumbuk sampai halus jika sudah tempel kan tanaman lidah mertua yang sudah di tumbuk halus tadi ke bagian luka yang ingin di obati.

  • Menetralisir Udara di Dalam Ruangan

Jika salah satu anggota keluarga anda menjadi pecandu rokok ada baiknya anda menanam tanaman ini dan meletakkannya di dalam ruangan rumah kita.

Baca Juga  2 Cara Menanam Bawang Merah Agar tumbuh Subur

Mengapa bisa begitu? karena tanaman lidah mertua menjadi salah satu tanaman yang sangat cocok untuk menetralisir udara yang ada di dalam ruangan.

Seperti yang sudah kita ketahui kalau udara yang ada di Indonesia ini apa lagi yang ada di perkotaan memang sudah tercampur berbagai polusi akibat aktivitas sehari-hari manusia.

Tanaman Lidah Mertua

Menurut penelitian para ahli 4-5 helai daun lidah mertua dapat menetralisir 20m sampai 25m udara yang ada di dalam ruangan menjadi lebih segar.

Jika anda masih ragu mengenai tanaman lidah mertua dapat menetralisir udara yang ada di dalam ruangan, Anda bisa berkunjung ke salah satu pabrik yang mungkin memiliki polusi udara cukup banyak.

Karena terbukti, di sana banyak sekali terdapat tanaman lidah mertua yang memang sengaja ditanam dengan sekala jumlah yang cukup besar agar dapat menetralisir udara yang ada di sekitar pabrik itu.

Halaman Selanjutnya ->