10 Tanaman Obat Keluarga yang Kaya Akan Manfaat

  1. Daun Sirih

Siapa yang tidak kenal jenis daun yang satu ini menjadi salah satu tanaman pengusir nyamuk dan memiliki berbagai macam khasiat yang dapat bermanfaat untuk tubuh manusia menjadikan tanaman daun sirih menjadi salah satu tanaman yang wajib ditanam oleh masyarakat Indonesia.

Terlebih lagi daun sirih dipercaya memiliki berbagai macam khasiat salah satunya adalah menjaga area kewanitaan agar tetap sehat dan bersih.

Selain itu cara menggunakan daun sirih sebagai obat-obatan juga terbilang sangat mudah cukup petik beberapa helai daun sirih kemudian cuci sampai bersih Lalu rebus dengan air.

  1. Daun Kelor

Sebagian besar dari anda tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Tanaman yang kadang tumbuh di sekitar rumah kita ini memang menjadi salah satu tanaman yang bisa digunakan sebagai obat keluarga. Salah satu manfaat yang diyakini ada pada Daun Kelor yaitu bisa menurunkan demam untuk anak.

Banyak orang yang meyakini kalau dan kelor bisa menurunkan demam yang terjadi pada anak kita. Caranya pun sangat mudah yaitu cukup ambil beberapa helai Daun Kelor kemudian cuci sampai bersih Lalu siapkan air yang sudah direbus kemudian campur Daun Kelor, Jika sudah kompres tubuh anak kita dengan rendaman air Daun Kelor tadi.

  1. Daun Tempuyung

Banyak orang yang meyakini, kalau tanaman atau buah yang memiliki rasa pait maka tanaman atau buah itu bisa untuk dijadikan obat-obatan herbal. Salah satu tanaman yang memiliki rasa sangat pahit adalah Daun Tempuyung.

Baca Juga  10 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

Percaya atau tidak rasa pahit pada Daun Tempuyung memang bisa membuat siapa saja yang tidak menyukai rasa pahit akan sangat tidak suka pada  tanaman yang satu ini.

Akan tetapi walaupun memiliki rasa yang sangat pahit Daun Tempuyung memiliki manfaat yang tidak bisa dikatakan sedikit.

Menurut banyak orang Daun Tempuyung ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya adalah wasir, asam urat dan bisul.

Bahkan banyak orang juga meyakini kalau Daun Tempuyung dipercaya bisa menyembuhkan penyakit darah tinggi. Akan tetapi benar atau tidaknya Daun Tempuyung bisa menyembuhkan penyakit darah tinggi harus anda cek terlebih dahulu kepada para ahli medis di Rumah Sakit.

  1. Jahe

Salah satu rempah-rempah yang sangat gampang di jumpai di Indonesia ini memang memiliki sejuta manfaat. Banyak sekali manfaat Jika kita menanam jahe di area pekarangan rumah kita.

Rempah-rempah yang memiliki rasa pedas dan segar ini memang sangat cocok untuk Anda jadikan wedang atau minuman untuk menemani malam yang dingin di rumah anda.

Baca Juga  15 Media Tanam Hidroponik yang Paling Bagus

Jahe

Banyak orang yang mempercayai kalau jahe juga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya masuk angin dan radang tenggorokan. Selain itu ada pabrik-pabrik obat herbal yang menggunakan jahe sebagai obat alami.

Hal itu tentu membuktikan kalau tanaman Jahe menjadi salah satu tanaman yang terbukti memiliki berbagai macam khasiat yang baik untuk tubuh.

  1. Kencur

Bagi para ibu-ibu tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu rempah-rempah yang banyak dijual di pasaran ini.

Yah apalagi kalau bukan Kencur menjadi salah satu bahan utama pembuatan Jamu Beras Kencur menjadikan Kencur dipercaya memiliki berbagai macam khasiat yang bermanfaat untuk tubuh manusia.

Menurut banyak orang Kencur bisa digunakan untuk obat alami diantaranya untuk obat batuk dan obat diare. Selain itu rasa yang dimiliki oleh Kencur juga terbilang cukup sedap dibanding jamu yang berbahan alami lainnya.

Kencur juga dipercaya bisa menambah nafsu makan, hal itu tentu sangat baik bagi para orang tua yang memiliki buah hati yang jarang sekali makan karena nafsu makan mereka yang kurang.

Baca Juga  5 Ciri-Ciri Tanaman Sri Rejeki dan Manfaatnya

Nah itulah pembahasan kami mengenai tanaman obat keluarga yang bisa anda tanam di area rumah. Kami akan sangat senang apabila anda merasa terbantu dengan adanya artikel yang membahas mengenai tanaman obat keluarga ini.

Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kali ini, Terima kasih.