no comments

10 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

Seperti yang sudah kita ketahui kalau di Indonesia terbagi menjadi dua musim. Yaitu musim kemarau dan musim hujan, dengan adanya hal tersebut kita sebagai warga negara Indonesia perlu mengucapkan syukur kepada Tuhan karena telah memberikan dua musim yang berbeda dengan negara-negara lainnya, sehingga berbagai tumbuhan dapat hidup dengan baik di Negeri ini.

Nah jika kita sudah memasuki musim hujan biasanya suasana yang ada di rumah kita tentu akan menjadi dingin dan apabila kita tidak membuang genangan air yang ada di rumah kita tentu hal tersebut akan menjadi suatu hal yang cukup berbahaya karena bisa digunakan untuk berkembang biak nyamuk.

Hal itulah yang membuat kita harus siap siaga dalam mencegah perkembang biakan nyamuk yang ada di rumah kita. Walaupun kita sudah memberantas semua hal-hal yang bisa membuat nyamuk berkembang biak di rumah kita tentu kita juga harus menyiapkan obat secara alami agar nyamuk tidak merasa betah hidup dirumah kita karena bisa membahayakan kita ataupun anggota keluarga yang lain.

Nah oleh karena hal itu banyak sekali orang yang ingin menanam berbagai macam tanaman yang bisa dipercaya sebagai pengusir nyamuk.

Akan tetapi hal tersebut tentu harus diuji kebenarannya terlebih dahulu karena tidak semua tanaman dapat mengusir nyamuk bahkan menurut banyak orang adalah tanaman yang bisa digunakan untuk berkembang biak nyamuk sehingga hal itu harus kita ketahui sebelum anda memutuskan untuk menanam tanaman yang mana.

Nah agar tidak terlalu lama berikut dibawah ini Kebun Maker akan memberikan 10 jenis tanaman yang dipercaya dapat mengusir nyamuk yang ada di rumah kita.

10 Tanaman Pengusir Nyamuk

  1. SUREN

SUREN

Mungkin bagi sebagian besar banyak orang tidak mengetahui jenis tanaman yang satu ini. Akan tetapi menurut kami tanaman suren sangat cocok untuk Anda tanam di pekarangan atau di samping rumah anda.

Hal tersebut karena tanaman ini memiliki aroma yang cukup menyengat sehingga membuat hewan-hewan seperti nyamuk ataupun lalat tidak suka untuk berkembang ataupun hinggap di sekitar bangunan yang ada tanaman suren.

Ada satu hal lagi yang menurut banyak orang membuat tanaman suren tidak suka dihinggapi oleh nyamuk yaitu batangnya yang bisa digunakan sebagai bahan Insektisida Nabati.

Walaupun bahan ini tidak bagus untuk pertumbuhan tanaman yang ada disekitar tanaman Suren. Akan tetapi jika tujuan kita adalah menanam tanaman yang bisa mengusir nyamuk kami menyarankan untuk anda menanam tanaman ini.

  1. KECOMBRANG

KECOMBRANG

Bunga yang memiliki nama lain Torch Ginger ini memang memiliki bentuk yang sangat indah. Warna merah menjadi warna yang sangat dominan menghiasi bunga kecombrang ini. Selain itu bunga kecombrang juga banyak digunakan oleh para ibu-ibu sebagai bahan pelengkap untuk masakan seperti sup atau sayur yang ada di Indonesia.

  1. BUNGA KAMBOJA

BUNGA KAMBOJA

Mungkin sebagian besar dari Anda yang gemar menanam tanaman hias sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Menurut banyak orang Bunga Kamboja menjadi salah satu bunga yang memiliki unsur mistis yang cukup kental.

Akan tetapi terlepas dari itu semua bunga kamboja juga memiliki bentuk yang lumayan cantik sehingga sangat cocok untuk Anda tanam di dalam pot kemudian taruh di rumah anda.

Keharuman dari bunga kamboja juga menjadikan banyak nyamuk tidak suka untuk berkembang biak di sekitar rumah yang terdapat aroma bunga kamboja. Sehingga kedua hal tersebut sangat cocok untuk Anda jadikan alasan untuk menanam bunga kamboja ini di depan atau di pekarangan rumah anda.

  1. BUNGA KRISAN

BUNGA KRISAN

Jika anda sedang mencari tanaman yang memiliki bentuk sangat cantik dan bisa mengusir nyamuk Anda sangat kami sarankan untuk menanam bunga krisan ini di teras rumah anda.

Sama seperti tanaman lainnya tanaman bunga krisan memiliki aroma yang sangat dibenci oleh hewan-hewan seperti lalat ataupun nyamuk sehingga bisa dipastikan jika anda menanam tanaman bunga krisan ini di sekitar rumah Anda maka rumah Anda akan terbebas dari adanya nyamuk dan lalat.

  1. CATNIP

CATNIP

Jika anda mencari tanaman yang bisa mengusir nyamuk dan tikus maka ini menjadi salah satu tanaman yang wajib untuk Anda tanam di teras rumah anda. Menurut banyak orang jika Kucing memakan daun catnip maka dia akan bertingkah laku layaknya orang yang mabuk minuman keras, sehingga aroma dan zat yang ada di daun catnip ini sangat tidak disukai oleh hewan hewan seperti tikus dan nyamuk.

  1. BUNGA GERANIUM

BUNGA GERANIUM

Dengan aroma harum yang disukai oleh manusia sedangkan nyamuk dan tikus sangat membenci aroma yang dimiliki bunga geranium ini tentu hal tersebut menjadi alasan utama kenapa Anda harus menanam tanaman ini di sekitar rumah anda.Selain karena memiliki bentuk dan warna yang sangat cantik bunga geranium juga dapat mempercantik dari tampilan rumah anda.

  1. BUNGA LAVENDER

Mungkin sebagian besar dari Anda yang sering melihat iklan salah satu obat nyamuk sudah tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini. Memang sudah menjadi menjadi rahasia umum kalau bunga lavender memiliki sifat dan aroma yang sangat dibenci oleh nyamuk.

Akan tetapi ada satu hal yang menjadi kekurangan bunga lavender, menurut para peneliti bunga lavender hanya bisa hidup dengan baik di dataran tinggi. Sehingga bagi Anda yang hidup di dataran rendah terlebih lagi di area pesisir pantai rasanya akan merasa jengkel karena kita tidak bisa menanam bunga lavender ini dengan sempurna.

  1. PENNYROYAL

PENNYROYAL

Tanaman yang satu ini menjadi tanaman yang memang sangat ditakuti oleh serangga seperti nyamuk ataupun kecoa. Aroma menyengat dari tumbuhan pennyroyal ini memang menjadi salah satu aroma yang sangat tidak disukai oleh serangga. Tanaman pennyroyal sendiri masih satu keluarga dengan tanaman Minta.

Mungkin sebagian besar dari anda tidak mengetahui kalau Pennyroyal menjadi salah satu tanaman yang menjadi bahan utama yang digunakan untuk membuat produk penolak serangga. Walaupun tidak sepopuler bunga lavender akan tetapi khasiat dari pennyroyal ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi untuk mengusir nyamuk atau kecoa yang ada di rumah kita.

  1. BAWANG PUTIH

BAWANG PUTIH

Tanaman yang memiliki sejuta khasiat ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi akan berbagai macam manfaatnya. Selain digunakan untuk memasak bawang putih juga dianggap bisa mengusir berbagai serangga yang tidak kita kehendaki hidup di sekitar rumah kita.

Memiliki aroma yang cukup harum menjadikan tanaman bawang putih menjadi salah satu tanaman yang sangat dibenci oleh nyamuk dan kecoa. Sehingga bagi Anda yang ingin menanam bawang putih di sekitar rumah anda tentu hal tersebut tidak ada artinya karena memang tanaman yang satu ini bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam kebutuhan.

Akan tetapi seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang kalau bawang putih hanya dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi saja. Sehingga bagi Anda yang hidup di dataran rendah terlebih lagi di pinggir pantai kami tidak menyarankan anda untuk menanam bawang putih di rumah anda.

  1. DAUN SELASIH

DAUN SELASIH

Tanaman yang memiliki nama Latin Ocimum basillicum ini memang sudah sangat familiar oleh banyak orang. Kelebihan utama tanaman ini jika dibandingkan tanaman pengusir nyamuk lainnya adalah tanaman daun selasih dapat hidup dengan baik jika kita tanam di dalam rumah anda.

Tentunya dengan menggunakan media tanam yang tidak memiliki bau dan dapat menyerap air dengan sempurna. Sama seperti tanaman pengusir komplotan nyamuk lainnya tanaman daun selasih ini memang memiliki aroma yang bisa dikatakan menyengat bagi para serangga terlebih lagi untuk lalat kecoa dan nyamuk.

Nah itulah pembahasan kami mengenai 10 jenis tanaman pengusir nyamuk yang bisa anda tanam di sekitar rumah anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda semuanya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan Terima kasih telah membaca.