2 Cara Mudah Menanam Tanaman Pucuk Merah

Cara Menanam Pucuk Merah dari stek

Menanam pucuk merah dari steak batang lebih mudah, biasanya di lakukan untuk memperbanyak tanaman pucuk merah dari tanaman pucuk merah yang sudah tumbuh besar, berikut ini caranya:

  1. Memilih Calon Batang Stek

Siapkan tanaman pucuk harum yang akan di steak, pilihlah dari tanaman yang sudah tumbuh dewasa dan baik, agar mendapatkan tanaman yang baik juga.

  1. Mengambil Batang Stek

Setelah tanaman pucuk harum dipilih, maka lakukan pemotongan pada batang dan daun nya, sisakan beberapa helai daun pada batang tanaman.

Daun yang di sisakan pada batang bertujuan untuk memastikan tanaman yang di steak masih sehat atau tidak, jika daun layu kemungkinan tanaman kondisi kurang baik.

  1. Memberi Perangsang Akar

Biarkan potongan batang tanaman beberapa saat terlebih dahulu agar batang tanaman pucuk merah tidak stres.

Setelah itu batang tanaman bagian bawah di beri cairan atau bubuk yang berfungsi untuk merangsang dan mempercepat pertumbuhan akar.

  1. Menanam Ke Media Tanam

Apabila batang steak tanaman sudah di beri cairan perangsang akar, kemudian tanam batang steak pada lahan yang sudah di sediakan, bisa di tanam menggunakan pot tanaman atau pun langsung pada lahan tanah yang di persiapkan.

Usahakan media tanam sudah di campur dengan pupuk, agar tanaman bisa langsung bertumbuh.

  1. Merawat Tanaman

Setelah batang steak di tanam maka rawat tanaman secara baik, dengan cara menyiram dengan air secukupnya setiap hari pada pagi dan sore, kurangi penyiraman saat musim hujan.

Itulah langkah – langkah penanaman pucuk merah menggunakan bibit dari stek batang yang terbilang sangat gampang, anda bisa mencobanya di rumah untuk memperbanyak tanaman pucuk merah.

Menanam pucuk merah selain menjadi tanaman hias di pekarangan, tanaman ini juga bagus di fungsikan untuk pembatas lahan, dan juga bisa mengurangi polusi di sekitar anda.

Demikian sedikit informasi dari kita, Anda juga bisa membaca mengenai tanaman obat keluarga yang semoga bisa bermanfaat untuk anda. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan. Terima kasih.