5 Ciri-Ciri Tanaman Sri Rejeki dan Manfaatnya

Tanaman yang satu ini merupakan tanaman hias yang populer dari jenis tanaman talas, tanaman ini juga di sebut dengan tanaman aglaonema, ada yang menyebutnya juga dengan chinese evergreen. Ada banyak spesies Aglaonema, yaitu sekitar 30 spesies.

Tanaman ini mempunyai jenis dan sifat yang berbeda-beda, sebagian tanaman ada yang harus terkena sinar matahari, ada juga yang tumbuh di tempat yang minim sinar matahari, semua itu tergantung dari habitat asal tanaman Aglaonema.

Sri Rejeki

 

 

Aglaonema habitat aslinya adalah hutan hujan tropis, yang akan tumbuh baik pada area intensitas penyinaran yang rendah dan kelembapan tinggi.

Namun saat ini tanaman tersebut dijadikan penghias taman di sekitar rumah, karena mempunyai keindahan pada daun nya yang mempunyai warna beragam.

Seperti hal nya tanaman pucuk merah untuk merawat tanaman ini terbilang mudah, karena tanaman sri rejeki bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, oleh karena itu meskipun di tempatkan  dalam ruangan dengan sinar matahari yang minim tanaman ini bisa bertahan hidup.

Baca Juga  2 Cara Mudah Menanam Tomat Plus Manfaat nya

 

Secara fisik tanaman sri rejeki dapat dikenali dari bentuk daun nya, yaitu menyirip memiliki corak yang menarik dalam berbagai warna. Tanaman ini ber akar serabut dan batangnya tidak berkambium (berkayu).

Tanaman Sri Rejeki

Ciri – Ciri Tanaman Sri Rejeki :

Kelebihan yang menonjol pada tanaman ini berada pada daun nya, yaitu mempunyai bentuk dan warna yang elegan.

Tanaman ini mendapat julukan “Ratu Daun”, karena tidak berwarna hijau saja, namun tanaman ini juga ada yang berwarna lain seperti kombinasi warna merah, putih, merah muda, dan kuning. Berikut ini ciri dari tanaman sri rejeki.

  1. Tumbuhan sri rejeki atau Aglaonema berakar serabut.
  2. Ukuran batang Aglaonema biasanya kecil yaitu berdiameter  sekitar 1 – 3 cm bisa juga bergantung dari lingkungan dan kemampuan tumbuh tanaman tersebut.
  3. Sri rejeki yang hidup di alam bebas biasanya mempunyai warna daun dominan hijau dengan corak putih, sedangkan jenis tanaman yang sengaja di budidaya kan mempunyai warna daun dominan kemerah – merahan, kuning, sampai warna jingga. Bentuknya daun nya juga bervariasi dari bentuk lanset, bulat telur sampai bentuk elips. Inilah daya tarik utama dari tanaman sri rejeki, yaitu pada daun nya yang indah dan elegan.
  4. Aglaonema memiliki bunga, yang bentuknya seperti bunga talas dan keladi yang tumbuh dari ketiak daun.
  5. Tanaman sri rejeki biasanya muncul buah pada pangkal bunga, berbentuk tonjolan kecil berdiameter sekitar 1 cm seperti biji kopi.
Baca Juga  2 Cara Menanam Bawang Merah Agar tumbuh Subur

Buah tanaman ini akan matang dalam waktu 8 bulan setelah terjadi pembuahan.

Itulah ciri – ciri tanaman Aglaonema atau tanaman sri rejeki, yang sekilas bisa anda ketahui.

Membahas tanaman sri rejeki saat ini tanaman tersebut banyak di budidaya, karena bisa di manfaatkan untuk sebagian orang, apakah anda ingin mengetahui manfaat tanaman sri rejeki ini? Berikut penjelasan nya.

Halaman Selanjutnya =>