12 Cara Ternak Ayam Bangkok Paling Mudah

Untuk ternak ayam saat ini terbilang tidak lah sulit, karena cara nya sudah banyak di pelajari oleh beberapa penggemar nya.

Kali ini Kebun Maker akan membahas tentang ternak ayam bangkok jenis pedaging, yang saat ini sudah mulai di lakukan karena sangat menguntungkan.

Banyak di ketahui jika ayam bangkok terkenal dengan ayam aduan, ayam yang berasal dari negara Thailand ini telah di akui sebagai ayam aduan yang sangat berkualitas di berbagai jenis ayam petarung lainnya.

Ternak Ayam Bangkok Pedaging.

Terkadang suatu hobi bisa menguntungkan apabila pilihan tersebut sangat jelas dan tepat untuk di jadikan peluang usaha, dalam hal ini mungkin lebih tepat nya akan memberikan provit untuk beternak ayam pedaging dari jenis ayam bangkok.

Saat ini telah di lakukan budidaya atau ternak ayam pedaging jenis ayam bangkok untuk konsumsi pangan, memang tidak semudah ternak ayam pedaging biasa karena membutuhkan sedikit tambahan lebih untuk memelihara nya.

Dan ada beberapa hal yang perlu di persiapkan supaya hasil ternak ayam bangkok bisa maksimal dan terhindar dari resiko kerugian.

Cara Ternak Ayam Bangkok Pedaging :

  1. Penyiapan Kandang

Langkah pertama dalam melakukan ternak ayam bangkok  adalah menyediakan kandang nya, dibuat sesuai kebutuhan ayam ternak secara tepat dengan fungsional untuk sehari – hari.

Tentukan terlebih dahulu dimana letak kandang ternak ayam akan di buat, biasanya kandang berada di pekarangan yang cukup luas di sekitar rumah yang strategis.

Buat lah kandang ternak dengan ukuran yang tepat,menyesuaikan jumlah ayam yang ingin di ternak.

  1. Penyediaan Ventilasi pada Kandang

Sediakan juga ventilasi  untuk gerak nafas ayam, dengan ukuran ventilasi yang tidak terlalu luas dan tidak terlalu kecil.

  1. Melengkapi Pengaman pada Kandang

Selain itu siagakan juga pengamanan pada kandang ayam bangkok tersebut, dengan cara membuat lapisan pada bawah kandang,  dengan menggunakan semen atau kawat agar predator tidak bisa menggali tanah dari bawah kandang untuk memangsa ayam ternak.

Predator ternak ayam biasanya adalah kucing, ular, anjing atau yang lain nya.

  1. Pemilihan Induk Ayam Bangkok Pedaging

Untuk ternak ayam bangkok perlu memperhatikan indukanya, usahakan jangan sembarangan dalam memilih indukan untuk di ternak, karena berpengaruh pada kualitas dan hasil ternak ayam bangkok.

Pilih lah indukan ayam bangkok yang berkualitas untuk di ternak khususnya indukan untuk di jadikan ternak pedaging, yang paling penting dalam memilih indukan ayam bangkok yaitu harus sehat.

Ciri indukan ayam bangkok yang sehat :

  • Gerak indukan ayam lincah dan cekatan
  • Pada jengger indukan tidak terlihat pucat
  • Mata bisa lebar dan berseri-seri, karena ada sebagian ayam yang menunjukkan mata lelahnya
  • Nafsu makan ayam tinggi
  • Badan indukan terlihat gemuk dan segar

Carilah indukan ayam bangkok dengan tanda – tanda di atas, agar bisa melakukan ternak dengan baik dan efektif serta mengurangi resiko karena indukan yang tidak sesuai untuk di ternak.

Halaman Selanjutnya ->