12 Cara Ternak Ayam Bangkok Paling Mudah

  1. Vaksinasi Ayam Ternak

Vaksinasi merupakan metode pemberian sejenis obat untuk kesehatan pada hewan ternak, dan ini sangat di butuhkan saat memelihara ternak ayam bangkok atau pun ternak yang lain nya, misalnya ternak ayam petelur.

Ini di gunakan untuk memberikan kekebalan tubuh pada ayam bangkok mengingat tujuannya untuk beternak ayam pedaging, dan untuk mencegah terserang nya hewan ternak karena penyakit yang bisa timbul.

Cara pemberian vaksin pada ternak ayam bisa melalui beberapa cara, diantaranya adalah dengan cara melalui tetes mata, bisa juga dengan cara di semprot kan, atau dengan cara suntik daging, suntik dada, sayap dan beberapa lainnya.

  1. Tempat Bertelur Ayam

Sediakan juga tempat bertelur sang ayam, cara mudah nya bisa dengan memberi kotak dari kardus dalam kandang yang di beri jerami.

Secara otomatis ayam betina akan menempati nya sendiri saat merasa akan bertelur dan mau menetaskan telur. Tentu ini berbeda jika anda ternak ayam petelur yang juga menjadi peluang usaha sangat menjanjikan.

  1. Pemeriksaan Ayam

Ayam ternak harus di lakukan pemeriksaan, meskipun ayam sudah mampu bertelur. Cek secara berkala namun rutin, pastikan kondisi ayam bangkok terlihat sehat. Jika di temukan ada ayam yang sakit, pisahkan ayam tersebut dan lakukan perawatan intensif supaya ayam bisa sehat kembali.

  1. Panen Ayam Ternak Bangkok Pedaging

Tahap pemanenan adalah yang di tunggu – tunggu para peternak hewan, dengan cara memilih mana saja ayam bangkok yang berusia matang dan mempunyai bobot besar dan berdaging.

Baca Juga  7 Cara Ternak Ayam Petelur Paling Mudah

Jika ayam panen sudah terkumpul dan di siapkan anda bisa langsung menjual ke pasaran, usahakan pemeliharaan ternak ayam bangkok pedaging jangan terlalu lama karena biaya perawatan bisa membengkak.

Itulah beberapa hal yang perlu di perhatikan saat ternak ayam bangkok sebagai ayam pedaging agar hasil panen bisa maksimal dan meminimalisir resiko kerugian.

Demikian informasi dari Kebun Maker tentang ternak ayam bangkok, semoga bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.